Rabu, Oktober 27, 2021

Tiga Tanaman Hias Rambat Indoor, Bikin Suasana Rumah Jadi Sejuk

Ada berbagai cara untuk menghias rumah, salah satunya dengan merawat tanaman hias rambat indoor. Tanaman jenis ini tidak hanya mempercantik ruangan tapi juga menambah kadar oksigen di dalam rumah. Merawat tanaman ini tidaklah sulit, karena mereka bisa tetap tumbuh di area yang minim cahaya matahari. 

Menurut penelitian, beberapa tanaman indoor dapat mengurangi stres dan meminimalisir efek radiasi dari peralatan elektronik. Oleh karena itu, ada baiknya kita mulai membudidayakan tanaman hias di dalam rumah. 

Sirih Gading

Baca juga:

Tanaman hias rambat indoor yang pertama adalah sirih gading. Daunnya berwarna hijau cerah kekuningan, batangnya dapat tumbuh menjuntai hingga mencapai 12 meter. Sirih gading menyukai area yang tidak terkena sinar matahari langsung, sehingga ia cocok ditanam di dalam ruangan. 

Perawatannya pun mudah, kita hanya perlu menyiram tanahnya secara rutin. Selain membuat ruangan menjadi lebih hidup, daun sirih juga bisa membantu meredakan gejala batuk dan asma. 

Heartleaf Philodendron

Sesuai namanya, heartleaf philodendron memiliki daun yang berbentuk hati. Tanaman hias rambat indoor satu ini dapat tumbuh di dalam ruangan dengan sedikit cahaya matahari. Tanaman ini cepat sekali tumbuh, apabila tidak sering dipangkas, ia bisa mencapai 3-6 meter. 

Suhu ruangan yang lembab adalah kondisi terbaik untuk mendukung Heartleaf Philodendron tumbuh subur. Pastikan tanaman ini mendapat penyiraman cukup agar tidak kering. Baik di pot gantung atau pot tempel di dinding, tanaman ini tetap cantik. 

English Ivy

Tanaman hias rambat indoor yang cocok bagi pemula adalah English Ivy atau ivi. Ciri tanaman ini terletak pada daunnya yang unik berbentuk kaki bebek. Tanaman ini juga sering ditemui di pekarangan liar, karena ia dapat tumbuh dengan kuat dan beradaptasi dengan segala kondisi tanpa bantuan manusia. 

English Ivy menyukai tempat-tempat dengan pencahayaan redup, sehingga ia dijadikan 

hiasan indoor. Perawatannya juga terbilang sederhana karena kita hanya perlu menyiram tanahnya dengan air. Tanaman ini bisa tumbuh sepanjang 30 meter, cocok dijadikan pengganti tirai sehingga membuat rumah terasa lebih teduh. (Dewi/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU