Selasa, Mei 21, 2024

Risiko Penggunaan Keyboard Protector, Pengguna Laptop Wajib Tahu

Keyboard protector atau pelindung untuk keyboard memang didesain untuk menjaga kebersihan laptop terutama keyboard dari debu. Seperti yang kita tahu, bahwa kebersihan laptop sangatlah penting. Terutama untuk memelihara laptop tetap awet dan terhindar dari overheat. Namun ternyata, terdapat risiko penggunaan keyboard protector pada laptop dibalik keunggulannya tersebut.

Kelemahan Keyboard Protector

Selain memiliki banyak manfaat, keyboard protector juga memiliki kelemahannya. Bahkan bisa sampai menyebabkan ledakan pada laptop. Wah, mengapa bisa begitu? Lalu, apa saja ya risiko dari penggunaan keyboard protector ini? Mari simak penjelasan berikut ini.

Menyebabkan Kelembaban 

Risiko penggunaan keyboard protector yang pertama adalah dapat menahan suhu atau udara panas yang seharusnya dikeluarkan. Ketika laptop sedang digunakan, akan muncul suhu panas dari bawah laptop. Suhu ini akan keluar melalui saluran pembuangan kipas dan sela-sela keyboard. Jika keyboard ditutup menggunakan keyboard protector dengan bahan jenis apapun itu, maka suhu panas akan tertahan.

Hal tersebut menyebabkan adanya kelembaban di area keyboard. Kelembaban adalah salah satu faktor yang menyebabkan kerusakan keyboard. Bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat hardware laptop lainnya. Kerusakan pada laptop pun tak bisa dihindari.

Memicu Overheat Laptop

Apa itu overheat laptop? Overheat pada laptop adalah keadaan dimana suhu udara laptop mengalami kenaikan di atas normal. 

Terjadinya overheat laptop juga merupakan risiko penggunaan keyboard protector. Hal ini karena udara yang tertahan akan berkumpul dibalik keyboard. Sehingga terjadilah overheat laptop yang bisa membahayakan. Kinerja laptop akan terganggu atau bahkan melambat.

Selain itu, mesin laptop bisa saja mati. Kemungkinan terburuknya adalah terjadi ledakan. Meskipun ledakan pada laptop ini jarang terjadi, hal ini  harus tetap diwaspadai. 

Solusi Aman Menggunakan Keyboard Protector

Mengingat pentingnya penggunaan keyboard protector, tentu sulit untuk melepas keyboard protector begitu saja. Karena keyboard protector berperan penting dalam menjaga kebersihan laptop dari debu. Juga melindungi tulisan pada keyboard agar tetap utuh dan menjaga kerusakan keyboard. Lalu, apakah solusi untuk tetap bisa menggunakan keyboard protector dengan risiko yang minim? 

Sebenarnya, risiko penggunaan keyboard protector ini bergantung pada posisi pembuangan udara panasnya. Apabila pembuangan udara terdapat tepat di belakang keyboard, maka lebih baik jangan menggunakan keyboard protector. Anda harus berpikir kembali demi terhindarnya laptop dari risiio tadi.

Namun, jika Anda tetap ingin menggunakan keyboard protector sebenarnya boleh saja. Hanya saja, keyboard protector perlu dilepas pada waktu tertentu secara rutin Agar suhu atau udara panas dapat keluar melalui sela keyboard. Sehingga keyboard menjadi kering dan menghilangkan kelembaban untuk menghindari overheat.

Nah, itulah risiko penggunaan keyboard protector dan beberapa solusi yang bisa Anda coba. Ingat ya, untuk selalu melepas keyboard protector sewaktu-waktu agar laptop tidak panas atau overheat. Tetaplah menjaga kebersihan laptop secara rutin  agar awet dan tidak terjadi kerusakan, ya.

(Rismawati/Djavatoday)

5 Rekomendasi Printer Murah di Bawah Satu Jutaan, Cocok untuk Pelajar

Rekomendasi printer murah memang banyak dicari oleh para pelajar dan mahasiswa. Pasalnya mereka memang membutuhkan printer dalam kegiatan belajarnya, terutama untuk mahasiswa semester akhir....

Deretan HP di Bawah 2 Jutaan, Harga April 2024

Halo good people. Saat ini pembelian alat elektronik terutama gadget sedang meningkat nih. Hal ini karena sudah banyak yang mendapatkan THR atau Tunjangan Hari...

Vivo V30 Pro, Review Desain, Kamera, hingga Baterai

Vivo V30 Pro merupakan ponsel pintar terbaru dari V series yang baru rilis sejak satu bulan lalu dengan harga 9 jutaan. Ponsel pintar ini...

Redmi Note 13 Pro+, Memori Luas untuk Harga 6 Juta!

Redmi Note 13 Pro+ telah rilis beberapa waktu lalu dengan berbagai spesifikasi menarik yang menjadi andalannya. Beberapa spesifikasi yang smartphone ini tonjolkan adalah terletak...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya