Kamis, Mei 23, 2024

5 Tanda Baterai Laptop Rusak dan Harus Segera Diganti

Baterai laptop memang bisa dibilang sebagai jantungnya laptop. Sebagai komponen yang penting, baterai laptop bisa berpengaruh terhadap kinerja device. Performa baterai yang melemah bisa menyebabkan laptop menjadi lambat bahkan tidak bisa dinyalakan. Untuk itu, penting untuk mengetahui apa saja tanda baterai laptop rusak dan harus diganti.

Tanda Baterai Laptop Rusak

Baterai laptop berfungsi untuk menyimpan daya listrik yang membekali power pada laptop agar dapat hidup dan digunakan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga peforma batarai agar tetap stabil dan tidak cepat menurun. Anda juga harus memperhatikan baterai laptop rusak dan harus diganti. Penasaran apa saja? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Baterai Cepat Terisi dan Cepat Habis

Tanda baterai laptop rusak dan harus diganti adalah ketika laptop diisikan daya akan terisi penuh 100 persen dalam sekejap. Berbeda dari biasanya yang mengisi daya dalam waktu lama sekitar 3 atau 4 jam. Namun, saat kabel charger dicabut dari sumber listriknya, daya baterai akan tiba-tiba habis. Aneh, bukan? 

Contohnya saat laptop terisi 100 persen lalu dalam hitungan menit bisa menurun drastis menjadi 80 persen. Lalu semakin menipis hingga baterai benar-benar low. Tentu ini sangat menghambat produktivitas pengguna laptop. Jika sudah begini, baterai laptop sebaiknya cepat diganti.

Baterai Tidak Bisa Menampung Daya

Ini adalah tanpa yang bisa dibilang parah. Karena pada kondisi ini, saat laptop di charge, baterai tidak akan terisi sama sekali. Hal ini berarti baterai laptop telah mengalami kerusakan total dan kebocoran baterai. Jika kabel charger dicabut, laptop Anda akam mati total. 

Jika sudah urgent seperti ini, sebaiknya segera mengganti baterai laptopnya, ya.

Pengisian Tidak Sempurna

Tanda baterai laptop rusak selanjutnya adalah ketika Anda mengisi daya laptop hanya stuck mencapai power tertentu saja. Misalkan, Anda mengisi daya dan power laptop menunjukkan angka 80 persen. Kemudian Anda tetap mengisi daya bahkan sampai berjam-jam tetapi daya baterai tidak bertambah sama sekali alias tetap 80 persen.

Saat baterai dicabut dan dipasang kembali, barulah biasanya baterai bisa terisi full sampai 100 persen. Namun, setelah digunakan dalam waktu singkat, biasanya laptop akan kembali mengalami low battery. Anda pun harus segera mengisi daya lagi. Masalah ini menandakan baterai laptop sudah tidak sehat.

Adanya Perubahan Fisik pada Baterai

Apakah baterai laptop Anda membengkak? Jika iya, Anda harus waspada karena itu adalah tanda baterai laptop rusak dan harus cepat diganti. Baterai bengkak tidak hanya terjadi pada smartphone saja. Baterai laptop yang sudah tak layak pakai pun bisa membengkak.

Muncul Peringatan di Indikator Baterai

Tanda berikutnya yakni munculnya tanda silang berwarna merah di indikator baterai. Ini menandakan kerusakan total pada baterai laptop. Tanda lainnya yakni disertai tulisan “0% available (plugged in, not charging) consider replacing your battery”. Yang artinya baterai tidak bisa diisi daya dan Anda harus segera menggantinya.

Nah itulah 5 tanda baterai laptop rusak dan harus cepat diganti. Jika Anda menemukan gejala atau tanda-tanda seperti yang diulas tadi, harap segera mengganti baterai laptop, ya. Jika tidak, bisa saja laptop akan mengalami kerusakan total.

(Rismawati/Djavatoday)

5 Rekomendasi Printer Murah di Bawah Satu Jutaan, Cocok untuk Pelajar

Rekomendasi printer murah memang banyak dicari oleh para pelajar dan mahasiswa. Pasalnya mereka memang membutuhkan printer dalam kegiatan belajarnya, terutama untuk mahasiswa semester akhir....

Deretan HP di Bawah 2 Jutaan, Harga April 2024

Halo good people. Saat ini pembelian alat elektronik terutama gadget sedang meningkat nih. Hal ini karena sudah banyak yang mendapatkan THR atau Tunjangan Hari...

Vivo V30 Pro, Review Desain, Kamera, hingga Baterai

Vivo V30 Pro merupakan ponsel pintar terbaru dari V series yang baru rilis sejak satu bulan lalu dengan harga 9 jutaan. Ponsel pintar ini...

Redmi Note 13 Pro+, Memori Luas untuk Harga 6 Juta!

Redmi Note 13 Pro+ telah rilis beberapa waktu lalu dengan berbagai spesifikasi menarik yang menjadi andalannya. Beberapa spesifikasi yang smartphone ini tonjolkan adalah terletak...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya