Selasa, Juli 16, 2024

Manfaat Kayu Manis, Rempah Beraroma Berjuta Khasiat

Manfaat kayu manis bagi kehidupan sehari-hari manusia ternyata sangat penting, mulai dari pelengkap bumbu masakan hingga kesehatan. Kayu manis merupakan sebuah tanaman atau pohon yang menghasilkan rempah-rempah asli khas Indonesia yang kaya manfaat. Rempah dengan nama ilmiah Cinnamomum ini bisa Anda jumpai dengan mudah dan memiliki harga yang relatif terjangkau. Tak heran jika banyak masyarakat nusantara yang menggunakan rempah ini dalam berbagai hidangan masakan, minuman, bahkan sebagai obat untuk kesehatan.

Rempah berwarna cokelat khas kayu ini memiliki ciri khas aroma yang cukup kuat dengan bentuk kulit pohon yang bergulung. Biasanya banyak orang yang menggunakannya sebagai pelengkap bumbu dapur dalam membuat masakan yang lezat. Tak jarang juga yang menjadikannya sebagai bahan untuk membuat teh. Selain itu, rempah yang satu ini juga ternyata sering kali menjadi campuran dalam racikan jamu sebagai obat, lho.

Hal tersebut karena Cinnamomum memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dengan berbagai kandungan yang ada. Seperti kandungan protein, karbohidrat, vitamin, fosfor, kalsium, zinc, sodium, magnesium, mangan, zat besi, hingga kolin. Beberapa orang bahkan memanfaatkan rempah ini untuk mengobati diare dan juga penyakit lainnya yang berhubungan dengan pencernaan. Namun Sobat Djava, ternyata masih banyak, lho, manfaat kayu manis yang bisa Anda rasakan.

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa khasiat dari rempah asli Indonesia yang satu ini!

Mengobati Penyakit Saluran Pencernaan

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, bahwa salah satu manfaat kayu manis adalah mengobati penyakit yang berkaitan dengan saluran pencernaan. Salah satunya adalah diare karena rempah ini mengandung antiinflamasi yang berfungsi mengurangi peradangan akibat diare. Selain itu, sifat antijamur, antimikroba, dan antiviral pada rempah ini juga membantu mengurangi infeksi yang menjadi penyebab diare. 

Rempah yang beraroma kuat ini juga memiliki sifat karminatif yang membantu mengurangi kecepatan gas dalam pencernaan. Sobat Djava pun akan terhindar dari perut kembung, kram, hingga mual. Penyakit pada saluran pencernaan lain yang bisa teratasi oleh rempah ini adalah peradangan pada dinding lambung dan peradangan pada usus besar. 

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat kayu manis yang selanjutnya adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kita bisa terhindar dari segala penyakit. Kandungan dalam rempah ini seperti polifenol dan proantosianidin berperan sebagai antioksidan yang mencegah radikal bebas dalam tubuh. Antimikroba yang terkandung dalam rempah ini juga mampu meminimalkan risiko infeksi yang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit. 

Antikanker dan Mengontrol Gula Darah

Rempah ini mengandung antiinflamasi yang melancarkan peredaran darah sehingga mencegah radikal bebas hingga akhirnya mencegah peradangan. Antiinflamasi dan antioksidan yang terkandung tersebut tercermin dalam senyawa kaneelaldehida, eugenol, dan kumarin. Senyawa-senyawa tersebut akan melawan kerusakan oksidatif sel dan peradangan yang bisa menimbulkan kanker.

Manfaat kayu manis yang berikutnya adalah menjaga kadar gula darah dalam tubuh melalui senyawanya. Senyawa tersebut akan menghambat enzim amilase yang berperan mengubah karbohidrat menjadi gula. Dalam sebuah jurnal penelitian, rempah ini juga terbukti mampu menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes tipe 2. Hal ini karena rempah tersebut mampu meningkatkan hormon insulin yang berfungsi sebagai pengontrol kadar gula darah.

Menekan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Rempah Cinnamomum mengandung cinnamic acid dan cinnamaldehyde yang akan membantu menyetabilkan tekanan darah serta memberi efek relaksasi. Efek relaksasi tersebut akan membuat pembuluh darah lebih rileks sehingga aliran darah lebih lancar. Dengan begitu, penyakit hipertensi pun dapat tercegah. Kandungan berkhasiat dalam rempah ini juga mampu menurunkan kolesterol dan lemak jahat yang bisa menyebabkan penyakit jantung koroner. 

Mengatasi Nyeri Haid dan Atasi Gejala Menopause

Bagi para perempuan, manfaat kayu manis ternyata sangat besar, terutama bagi Anda yang sering mengalami sakit haid atau menapaki fase menopause. Biasanya rempah ini banyak digunakan untuk mengobati gejala menopause seperti gangguan tidur dan hot flashes. Rempah ini akan menyeimbangkan hormon sehingga mengurangi gejala tidak nyaman selama menopause. Kandungan senyawa yang bersifat antispasmodik juga membuat otot rahim lebih rileks sehingga mengurangi kontraksi selama menstruasi.

Tentunya, masih banyak manfaat kayu manis bagi kesehatan, salah satunya adalah dapat menurunkan berat badan. Anda bisa mengonsumsi rempah ini dengan menjadikannya bumbu pada masakan, taburan pada roti atau es krim, racikan teh, hingga minuman rebusan atau jamu. Konsumsilah sesuai porsinya dan jangan berlebihan karena bisa menyebabkan dermatitis, sesak napas, bronkitis, hingga sariawan. (Rismawati/Djavatoday)

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya