Sabtu, Mei 25, 2024

Jangan dibuang! Ini Dia 5 Manfaat Ampas Kopi yang Harus Kamu Ketahui

Manfaat ampas kopi membawa pengaruh baik dalam kehidupan sehari-hari. Biji kopi yang melewati proses sangrai dan dihaluskan menjadi bubuk ini acap kali dikonsumsi oleh masyarakat karena berhasil memberikan rasa nikmat yang candu. Tetapi tanpa disangka-sangka, ampas dari minuman tersebut juga memiliki berbagai macam manfaat yang menjanjikan. Ampas kopi yang sering kali diabaikan dan dibuang begitu saja ternyata dapat menjadi alternatif untuk mengatasi berbagai masalah yang tak jarang diperbincangkan.

Manfaat ampas kopi dalam kehidupan sehari-hari tidak hanya berguna untuk kecantikan saja, tapi juga bermanfaat terhadap kepentingan lingkungan sekitar. Sisa akhir dari penyeduhan kopi berupa ampas yang biasanya langsung kamu buang ke tong sampah kini harus kamu pikirkan kembali setelah mengetahui kegunaannya.

Manfaat Ampas Kopi yang Harus Kamu Ketahui!

Daripada asal membuangnya tanpa tahu betapa bergunanya ampas kopi, lebih baik baca artikel ini sampai selesai untuk mencari tahu manfaat ampas kopi yang bisa kamu buktikan sendiri di rumah.

Mengatasi kantung mata

Kandungan antioksidan dan kafein memiliki manfaat untuk menyamarkan lingkar hitam yang ada di bawah mata. Biasanya, kantung mata disebabkan oleh kebiasaan begadang tiap malam hingga waktu tidur tidak tercukupi. Untuk mengatasinya, kamu bisa membuat masker dari ampas kopi dan mencampurkannya dengan beberapa bahan alami lainnya seperti lidah buaya dan lemon.

Antioksidan tinggi

Manfaat ampas kopi sebagai antioksidan tak lain karena mengandung senyawa bioaktif berupa polifenol yang sering pula dimanfaatkan dalam industri makanan. Antioksidan yang terkandung di dalam ampas kopi mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat oksidatif.

Pupuk tanaman

Pemakaian ampas kopi sebagai pupuk tanaman sudah cukup banyak dilakukan oleh beberapa orang. Ampas kopi dipercaya dapat meningkatkan material organik ke dalam tanah untuk memastikan bertambahnya drainase, tingkat air, serta tingkat celah udara di dalam tanah.

Menghilangkan kerak gosong pada alat masak

Ampas kopi bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda membandel pada alat masak, contohnya adalah panci. Membersihkan kerak gosong di bagian belakang panci memang perlu tenaga ekstra supaya bisa bebas dari noda. Tapi kamu tak usah terlalu keras menggosoknya apabila menggunakan ampas kopi dengan campuran air sabun yang hangat.

Menghilangkan bau tak sedap di kulkas

Kulkas yang multifungsi kadang-kadang digunakan seenaknya. Macam-macam makanan dan bumbu mentah tak jarang kita temui di kulkas. Itu lah sebabnya mengapa bau tak sedap sering kali tercium setelah membuka kulkas. Ampas kopi akan menyerap bau tak sedap yang tersisa, kamu hanya perlu meletakkannya di wadah dalam keadaan kering, lalu menaruhnya di dalam kulkas.

Itulah 5 manfaat ampas kopi untuk mengatasi beberapa permasalahan kecil yang sering kali kita hadapi. Kamu bisa mencoba dan membuktikannya sendiri di rumah. Semoga membantu! (Karin/Djavatoday)

5 Obat Anti Nyamuk yang Ampuh Bunuh Nyamuk

Obat anti nyamuk tentunya diharapkan dapat membasmi nyamuk dengan baik. Sayangnya tidak semua produk anti nyamuk dapat berfungsi sesuai harapan. Ada yang hanya bisa...

5 Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan, Bagus untuk Diet!

Manfaat beras merah gak hanya cocok untuk diet saja loh. Nyatanya bahan makanan yang satu ini memiliki berbagai macam manfaat lain yang dapat berguna...

5 Rekomendasi Obat Kumur untuk Jaga Kesehatan Mulut

Rekomendasi obat kumur kali ini bisa kamu dapatkan secara mudah, baik di online store maupun offline store. Bahkan beberapa di antaranya juga sudah tersedia...

5 Minuman Pereda Sakit Tenggorokan dari Bahan Alami

Minuman pereda sakit tenggorokan bisa kamu buat sendiri dengan bahan-bahan alami loh. Bahan alami dinilai lebih aman dibanding dengan produk kemasan yang sudah tercampur...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya