Rabu, Mei 29, 2024

Macam-macam Olahraga Ringan yang Bisa dilakukan di Rumah

Macam-macam olahraga ringan ini bisa dilakukan meski tanpa alat dan di rumah saja. Olahraga merupakan kegiatan jasmani yang tidak boleh diabaikan guna menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Olahraga juga berperan sebagai bentuk latihan fisik yang dapat meningkatkan kualitas energi seseorang. Berbagai macam manfaat bisa kita peroleh setelah berolahraga. Di antaranya yaitu menyehatkan jantung, membakar kalori, menguatkan tulang, mencegah terjadinya obesitas, hingga mengatasi stres.

Macam-macam olahraga ringan atau aktivitas fisik yang dilakukan dengan santai bisa kamu praktikkan di rumah, lho. Olahraga ringan ini menjadi solusi untuk kamu yang memiliki jadwal kegiatan super padat sampai kesulitan melakukan olahraga dengan rutin. Meskipun hari-harimu dipenuhi agenda, bukan hal tak mungkin untuk melakukan olahraga. Setidaknya kamu mengawali pagimu dengan mempraktikkan aktivitas fisik sederhana seperti di bawah ini.

Macam-macam Olahraga Ringan, Tanpa Alat dan di Rumah Aja!

Untuk memastikan metabolisme tubuh tetap terjaga, kamu harus aktif bergerak. Ikuti macam-macam olahraga ringan berikut ini supaya tubuh tetap sehat dan jauh dari penyakit.

Jumping jack

Macam-macam olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah salah satunya ialah olahraga kardio yang memosisikan tubuh berdiri tegak, melompat sambil membuka kaki selebar bahu dan membentangkan kedua tangan ke atas. Lalu rapatkan kaki dan di saat bersamaan turunkan tanganmu. Jumping jack ternyata tak hanya dapat meningkatkan kekuatan otot, tapi juga membantu menurunkan berat badan.

Push up

Push up merupakan gerakan paling dasar yang efektif untuk melatih kekuatan otot dada, bahu, serta trisep. Dilakukan dengan tubuh menghadap ke bawah dan bertumpu pada kedua tangan dan kaki, push up bisa kamu lakukan dengan membaginya menjadi beberapa set. Kamu juga boleh istirahat sejenak, lalu melanjutkan hitungannya.

Plank

Manfaat melakukan plank di antaranya ialah meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh. Plank dilakukan dengan cara menurunkan tubuh ke lantai dengan posisi telungkup. Posisikan kedua tangan sebagai tumpuan, bukalah selebar bahu dan pastikan bagian sikunya sejajar dengan bahu. Angkat badan, sehingga yang menempel dengan lantai hanya kedua lengan dan ujung kaki. Kamu bisa menyesuaikan durasinya sesuai dengan kondisi fisikmu. Mulailah dengan sepuluh detik, kemudian buat waktunya semakin lama hingga mencapai dua menit jika tubuh sudah terbiasa.

Squat

Gerakan olahraga ini dapat membantu mengencangkan otot tubuh sekaligus membakar kalori. Squat dilakukan dengan gerakan mendorong tubuh bagian atas ke bawah dan menurunkan bagian panggul ke bagian belakang kaki. Kamu juga bisa melakukan squat sebagai salah satu cara untuk membentuk tubuh yang ideal.

Zumba

Zumba adalah jenis senam aerobik yang memadukan kombinasi tari salsa dengan berbagai tarian modern yang menyenangkan. Gerakkan seluruh anggota badanmu dengan mengikuti irama musik sebagai acuan. Selain baik untuk tubuh, zumba kerap kali disebut-sebut sebagai terapi awet muda untuk mencegah penuaan dini.

Demikianlah macam-macam olahraga ringan yang bisa kamu coba di rumah. Lakukanlah olahraga dengan baik supaya tubuh senantiasa sehat dan kuat. (Karin/Djavatoday) 

Membantu Siklus Menstruasi, Berikut Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Manfaat kulit manggis kerap diabaikan karena rasa pahitnya yang membuat masyarakat enggan untuk mengonsumsinya. Namun, kini telah hadir olahan kulit manggis dalam bentuk produk...

5 Resep Kombinasi Buah dan Sayur yang Bisa dijadikan Jus untuk Diet

Kombinasi buah dan sayur merupakan perpaduan yang menyehatkan dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Menariknya lagi, campuran buah dan sayur yang diolah menjadi jus bisa...

5 Obat Anti Nyamuk yang Ampuh Bunuh Nyamuk

Obat anti nyamuk tentunya diharapkan dapat membasmi nyamuk dengan baik. Sayangnya tidak semua produk anti nyamuk dapat berfungsi sesuai harapan. Ada yang hanya bisa...

5 Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan, Bagus untuk Diet!

Manfaat beras merah gak hanya cocok untuk diet saja loh. Nyatanya bahan makanan yang satu ini memiliki berbagai macam manfaat lain yang dapat berguna...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya