Sabtu, Mei 25, 2024

5 Minuman Pereda Sakit Tenggorokan dari Bahan Alami

Minuman pereda sakit tenggorokan bisa kamu buat sendiri dengan bahan-bahan alami loh. Bahan alami dinilai lebih aman dibanding dengan produk kemasan yang sudah tercampur dengan banyak bahan kimia lain.

Sakit tenggorokan bisa dialami oleh siapa saja tanpa pandang umur. Umumnya sakit tenggorokan ditandai dengan rasa nyeri, gatal, dan kering sehingga membuatmu tak nyaman. Di musim pancaroba seperti ini, tubuh kita rentan sekali mengalami sakit, termasuk sakit tenggorokan.

Sakit tenggorokan memang bukan termasuk penyakit yang parah. Namun penyakit ini dapat menimbulkan rasa tak nyaman. Mulai dari tidak nyaman makan dan minum sampai tak nyaman ketika berbicara. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa mencoba mengkonsumsi minuman herbal di bawah ini.

Minuman Pereda Sakit Tenggorokan

Berikut pereda sakit tenggorokan yang bisa kamu buat sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Wedang jahe

Minuman pereda sakit tenggorokan yang pertama yaitu wedang jahe. Jahe memiliki kandungan antiradang yang mampu membantu mengurangi rasa sakit di tenggorokan. Selain itu, jahe juga memiliki kandungan zat antimikroba yang dapat melawan infeksi akibat bakteri atau virus lainnya.

Untuk membuat wedang jahe kamu hanya perlu merebus 1 ruas jahe dan teh hingga mendidih. Angkat dan diamkan selama 5 menit. Wedang jahe lebih nikmat dikonsumsi dalam keadaan hangat. Untuk menambah cita rasa, kamu bisa menambahkan 1 sendok makan madu.

Susu kunyit

Selain jahe kamu juga bisa menggunakan kunyit, loh. Bahan masakan yang satu ini juga bisa memiliki sifat antibakteri dan antiradang. Sementara itu, susu dapat bermanfaat sebagai penenang tenggorokan yang gatal. Perpaduan keduanya dapat mempercepat proses penyembuhan sakit tenggorokan.

Teh hijau

Minuman pereda tenggorokan yang selanjutnya yaitu teh hijau. Teh hijau juga memiliki sifat antiradang yang bagus untuk melawan virus penyebab sakit tenggorokan. Minuman ini juga memiliki cita rasa yang khas. Cara meraciknya sama saja dengan teh pada umumnya hanya saja lebih dianjurkan untuk mengganti gula pasir dengan madu agar manfaatnya dapat terasa.

Madu dan lemon

Kamu punya lemon di rumah? Jadiin minuman herbal pereda sakit tenggorokan aja. Campur lemon, segelas teh, dan 1 sendok makan madu hingga rata.

Senyawa antiradang dan antioksidan pada lemon akan membantu meredakan sakit tenggorokanmu. Selain itu, penambahan madu juga dapat memberikan kesan manis dan mampu menenangkan tenggorokan.

Pisang

Minuman pereda sakit tenggorokan yang terakhir yaitu pisang. Buah ini mengandung banyak nutrisi yang mampu membantu pemulihan radang tenggorokan. Kamu bisa membuatnya menjadi jus yang dicampur dengan susu.

Itu dia minuman pereda sakit tenggorokan dari bahan alami. Konsumsi minuman dari bahan alami akan membuatmu menjadi lebih nyaman karena tidak menimbulkan efek samping. (Ume/Djavatoday)

5 Obat Anti Nyamuk yang Ampuh Bunuh Nyamuk

Obat anti nyamuk tentunya diharapkan dapat membasmi nyamuk dengan baik. Sayangnya tidak semua produk anti nyamuk dapat berfungsi sesuai harapan. Ada yang hanya bisa...

5 Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan, Bagus untuk Diet!

Manfaat beras merah gak hanya cocok untuk diet saja loh. Nyatanya bahan makanan yang satu ini memiliki berbagai macam manfaat lain yang dapat berguna...

5 Rekomendasi Obat Kumur untuk Jaga Kesehatan Mulut

Rekomendasi obat kumur kali ini bisa kamu dapatkan secara mudah, baik di online store maupun offline store. Bahkan beberapa di antaranya juga sudah tersedia...

Macam-macam Olahraga Ringan yang Bisa dilakukan di Rumah

Macam-macam olahraga ringan ini bisa dilakukan meski tanpa alat dan di rumah saja. Olahraga merupakan kegiatan jasmani yang tidak boleh diabaikan guna menjaga kesehatan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya