spot_img
Senin, Agustus 15, 2022
spot_img

Manfaat Daun Kemangi, Atasi Diabetes dan Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat daun kemangi bagi tubuh ternyata bermacam-macam, bahkan bermanfaat mengatasi penyakit diabetes. Daun kemangi atau yang memiliki nama latin Ocimum africanum merupakan tumbuhan yang termasuk terna kecil. Daunnya bisa dikonsumsi dan biasanya dijadikan lalapan yang nikmat disantap dengan sambal. Daun kemangi memiliki aroma yang khas seperti limau yang berasal dari kandungan sitral pada daun dan bunganya.

Manfaat Daun Kemangi

Selain digunakan sebagai bumbu masakan dan lalapan yang nikmat, daun kemangi juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Atasi Diabetes dan Memperlancar Aliran Darah

Manfaat daun kemangi yang pertama adalah mampu menurunkan jumlah gula darah dan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, daun kemangi mampu melancarkan aliran darah karena kandungan magnesiumnya. Magnesium dapat membantu merilekskan jantung dan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar.

Pertumbuhan Tulang

Daun kemangi mengandung kalsium dan fosfor yang baik untuk pembentukan dan pertumbuhan tulang. Kemangi juga memiliki kandungan boron dan astenol yang akan merangsang estrogen dan androgen. Selain membantu pembentukan dan pertumbuhan tulang,  khasiat lainnya adalah bisa mencegah pengeroposan tulang.

Melawan Infeksi Bakteri dan Jamur

Manfaat daun kemangi yang selanjutnya yakni dapat melawan infeksi bakteri dan jamur karena kandungan minyak esensial yang beraroma khas. Bakteri yang bisa dicegah pertumbuhannya oleh daun kemangi yakni Streptococcus faecalis, spesies Salmonella. Mengutip dari precitionnutrition.com, daun kemangi mampu meruntuhkan dinding sel, bahkan membunuh dinding sel penyebab penyakit. 

Mencegah Kanker dan Radikal Bebas

Daun kemangi memiliki kandungan antioksidan yang berperan aktif dalam mencegah kanker dan melindungi sel dari radikal bebas. Kandungan antioksidan pada daun kemangi di antaranya berupa flavonoid dan eugenol. Keduanya berperan penting dalam mencegah pertumbuhan bakteri, virus, jamur, dan radikal bebas yang menyerang tubuh.

Baik untuk Kekebalan Tubuh

Manfaat daun kemangi yang lainnya adalah baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena memiliki kandungan betakaroten. Kandungan betakaroten baik untuk meningkatkan respon antibodi, sinsesis protein, membantu pertumbuhan sel, dan memperbaiki sel yang rusak. Betakaroten pada daun kemangi juga baik untuk menjaga fungsi penglihatan.

Menghindari Kemandulan

Zat arginin pada daun kemangi mampu memperkuat daya hidup sperma sehingga mencegah terjadinya kemandulan. Daun kemangi juga mampu membantu meningkatkan kualitas ereksi dan ejakulasi dini. Ini karena daun kemangi memiliki kandungan eugenol dan apigenin fenkhona.

Manfaat Lainnya

Sederet khasiat daun kemangi yang lainnya adalah bisa digunakan untuk mengobati sariawan, meringankan flu, menghilangkan mual, dan mengobati panu. Aroma khas daun kemangi juga bisa menghilangkan bau mulut dan bau amis saat haid. Daun kemangi juga berperan aktif dalam pembuatan hand sanitizer, obat antibakteri, pembuatan skabisida tungau, dan lain-lain.

Ternyata, banyak sekali manfaat daun kemangi bagi tubuh. Bahkan bisa digunakam dalam industri obat-obatan. Jadi, konsumsilah daun kemangi dengan porsi cukup agar khasiatnya bisa kamu rasakan. Apalagi di masa pandemi Covid-19, menjaga kesehatan adalah suatu keharusan. (Rismawati/Djavatoday)

Mengenal Jenis Gangguan Tidur yang Mungkin Sering Kamu Alami

Jenis gangguan tidur merupakan pengelompokan mengenai gangguan-gangguan yang terjadi ketika kamu tidur. Sementara itu, gangguan tidur dapat kita artikan sebagai kelainan pada pola tidur...

Cara Menghilangkan Rasa Gugup Saat Berbicara Depan Umum

Menghilangkan rasa gugup ketika berada di depan banyak umum memang tidaklah mudah. Terlebih untuk kamu yang memiliki sifat pemalu dan tidak percaya diri, berbicara...

Penuhi Gizi, Ini 6 Makanan Pencegah Stunting pada Anak

Berikut ada beberapa makanan pencegah Stunting yang mudah dan murah. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis yang dapat...

Tips Memilih Hewan Kurban saat Merebaknya Wabah PMK

Tips memilih hewan kurban sebenarnya sederhana, cukup pastikan sehat dan sesuai dengan syariat. Namun, di masa wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) ini, memilih...
- Advertisment -spot_img

Terpopuler

Lainnya