Jumat, Mei 24, 2024

6 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Minum air putih menjadi salah satu peranan penting yang berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Dibanding minuman berperisa berkarbonat, air putih lebih sehat dikonsumsi karena bebas gula dan tidak berkalori. Maka biasakanlah mengonsumsi air putih dengan menghindari jenis-jenis minuman yang mengandung pemanis buatan dikarenakan berbahaya apabila sampai mendominasi tubuh.

Adapun manfaat yang didapatkan usai mencukupi kebutuhan asupan cairan dengan minum air 1-2 liter setiap hari. Perlu kamu ketahui, kebutuhan cairan setiap orang tentu berbeda. Nah! Biasanya, orang dewasa dianjurkan minum air 2 liter atau setara dengan 8 gelas perharinya.

Minum air sesuai kebutuhan dapat membantu kinerja otak bekerja secara optimal. Tubuh yang kekurangan cairan akan menyebabkan dehidrasi sehingga fungsi metabolisme sel tubuh tidak berjalan dengan lancar. Tak hanya membuat fisik mudah lelah, dehidrasi juga dapat mempengaruhi kesehatan mental yang berimbas pada kondisi hati seseorang.

Minum Air Putih untuk Menjaga Kesehatan Tubuh, Ini Dia Manfaatnya

Berikut merupakan 6 manfaat yang mengharuskan kamu minum air untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Menjaga kesehatan sendi dan otot

Menjalani hari-hari penuh aktivitas memang menyenangkan, namun terkadang tubuh mudah lelah kalau sudah kebanyakan gerak. Untuk memastikan otot tidak kaku, kamu disarankan mengonsumsi air putih dengan cukup supaya kelenturannya terjaga dan tubuh tidak cepat penat.

Melancarkan pencernaan

Sembelit dan susah buang air besar merupakan masalah pencernaan yang acapkali terjadi. Salah satu penyebabnya ialah tubuh kekurangan air sehingga fungsi cairan mengalami gangguan. Feses akan mengeras dan menyebabkan sembelit. Dengan minum air putih, kamu dapat memastikan tubuh memiliki asupan untuk menggantikan cairan yang keluar.

Baik untuk kulit

Cara mudah nan praktis untuk menjaga kulit adalah dengan melengkapi asupan cairan dalam tubuh. Kulit akan terhidrasi dengan baik apabila kamu minum air putih secara rutin dan teratur. Kulit akan lebih sehat dan tampak lembap. 

Meningkatkan daya ingat otak

Beberapa masalah yang timbul jika kita kekurangan minum adalah lambat berpikir dan sakit kepala karena otak tidak bisa fokus, baik saat belajar maupun beraktivitas. Mineral dengan kandungan kalium dapat membantu menambah konsentrasimu sehingga daya ingat otak akan ikut meningkat.

Menghindari penumpukan lemak

Minum air putih adalah salah satu tips buat menurunkan berat badan lho, sob! Selain olahraga rutin, cara mengontrol kalori bisa juga dilakukan dengan minum setengah liter air sebelum makan. Air putih dapat membuat lemak yang ada di dalam tubuh kamu terbakar sehingga tidak ada lapisan lemak yang menumpuk.

Detoksifikasi tubuh

Minum air bermanfaat untuk merangsang enzim yang dapat mengatur saluran pencernaan. Racun-racun dalam tubuh nantinya akan keluar melalui urine atau keringat atas bantuan air putih.

Demikian manfaat minum air putih untuk kesehatan yang harus senantiasa kamu perhatikan. Selalu konsumsi air putih dengan cukup agar tubuh tetap bugar dan semangat! (Karin/Djavatoday)

5 Obat Anti Nyamuk yang Ampuh Bunuh Nyamuk

Obat anti nyamuk tentunya diharapkan dapat membasmi nyamuk dengan baik. Sayangnya tidak semua produk anti nyamuk dapat berfungsi sesuai harapan. Ada yang hanya bisa...

5 Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan, Bagus untuk Diet!

Manfaat beras merah gak hanya cocok untuk diet saja loh. Nyatanya bahan makanan yang satu ini memiliki berbagai macam manfaat lain yang dapat berguna...

5 Rekomendasi Obat Kumur untuk Jaga Kesehatan Mulut

Rekomendasi obat kumur kali ini bisa kamu dapatkan secara mudah, baik di online store maupun offline store. Bahkan beberapa di antaranya juga sudah tersedia...

5 Minuman Pereda Sakit Tenggorokan dari Bahan Alami

Minuman pereda sakit tenggorokan bisa kamu buat sendiri dengan bahan-bahan alami loh. Bahan alami dinilai lebih aman dibanding dengan produk kemasan yang sudah tercampur...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya