Sabtu, Juli 20, 2024

Mampu Mengatasi Bau Mulut, Ini Dia Manfaat Daun Kemangi yang Harus Kamu Ketahui

Manfaat daun kemangi tak hanya dapat dirasakan dari aromanya yang kerap kali untuk campuran makanan ataupun lalapan. Meskipun rasanya agak pahit, daun kemangi memiliki harum yang khas. Tapi siapa sangka kalau daun yang sering digunakan untuk memasak ini ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh yang tak perlu diragukan. Mulai dari menghalau bau mulut, meredakan sakit tenggorokan, dan masih banyak lagi.

Daun kemangi memiliki kandungan mineral seperti kalium, mangan, tembaga, dan magnesium yang bermanfaat untuk menjaga serta menyehatkan jantung. Daun kemangi juga mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh. 

Manfaat Daun Kemangi yang Harus Kamu Ketahui

Daun kemangi acapkali dijadikan alternatif untuk membuat obat-obatan tradisional yang mampu mengatasi banyak sekali jenis penyakit. Wah, menarik banget ya? Penasaran apa saja manfaat daun kemangi yang berguna untuk kesehatan? Ini dia penjelasannya!

Menghalau bau mulut

Manfaat daun kemangi sebagai pemberi rasa harum tentunya bisa banget buat menghalau bau mulut! Selain daun sirih, daun kemangi juga memiliki khasiat yang ampuh membasmi bakteri-bakteri dalam mulut. Kamu bisa memakan daunnya langsung atau menyantap makanan yang sudah dicampurkan dengan daun kemangi.

Meredakan sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan membuat siapa pun tidak nyaman, sebab untuk makan pun sulit rasanya. Butuh cara simpel untuk meredakan sakit tenggorokan? Nggak usah ribet! Kamu hanya perlu minum air rebusan daun kemangi dalam keadaan hangat karena kandungan mineralnya dipercaya ampuh meredakan sakit tenggorokan atau peradangan.

Mengatasi keputihan pada wanita

Mengonsumsi daun kemangi segar atau mencampurkannya ke dalam makanan sebagai pelengkap ternyata bisa mengatasi keputihan, lho. Setiap bulan atau pada masa suburnya, wanita mengalami keputihan yang merupakan kondisi alami dan wajar. Namun, masalah timbul menjadi topik yang diwaspadai saat seseorang mengalami keputihan yang berlebih. Nah, daun kemangi memiliki sifat antibiotik yang dapat membunuh kuman penyebab keputihan.

Melawan diabetes

Mengonsumsi makanan dan minuman yang manis sudah menjadi kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan. Meskipun rasanya nikmat dan bersahabat, terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman manis dapat mengakibatkan diabetes. Selain menyetop pengonsumsian tinggi gula, kamu juga disarankan meminum air rebusan daun kemangi secara teratur sebab ekstrak daun kemangi dipercaya ampuh menurunkan kadar gula darah.

Meringankan stres

Manfaat daun kemangi juga bisa untuk meringankan stres, lho. Aroma wanginya memiliki sifat relaksasi yang dapat membantu kamu mengurangi rasa cemas. Sehingga suasana hatimu akan lebih rileks dan pikiran terasa semakin tenang.

Itu dia manfaat daun kemangi yang harus kamu ketahui. Pastikan kamu menggunakan daun kemangi segar yang memiliki aroma kuat dan khas. Hindari pula memilih daun kemangi yang layu atau berlubang. Semoga bermanfaat! (Karin/Djavatoday)

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya