Minggu, Oktober 17, 2021

7 Tanda Kelelahan Emosional yang Perlu Kamu Waspadai

Kelelahan emosional adalah suatu kondisi yang menggambarkan kejiwaan seseorang yang sedang mengalami kelelahan dan terkuras secara emosional akibat stres dari masalah kehidupan pribadinya. Kelelahan emosional merupakan salah satu tanda dari gejala burnout.

Seseorang yang mengalami kelelahan emosional sering tidak memiliki kendali atas apa yang terjadi dalam hidupnya. Jika terus dibiarkan maka kondisi ini akan menyebabkan kerusakan permanen pada kesehatan mental seseorang. Berikut 9 tanda seseorang mengalami kelelahan emosional, diantaranya :

Baca juga:

Baca juga : 5 Manfaat Mengabaikan Komentar Negatif Orang Lain

Kehilangan motivasi

Satu hal yang paling mencolok dari tanda seseorang mengalami kelelahan emosional adalah kehilangan motivasi. Seseorang akan kesulitan untuk menemukan motivasi yang ia butuhkan atau merasa motivasi yang dibutuhkan sekarang tidak cukup mendorongnya untuk bekerja lebih keras.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa kurangnya motivasi pada seseorang akan menyebabkan kelelahan, kelesuan bahkan mengurangi nafsu makan sehingga akan berpengaruh pada kesehatan fisik.

Lebih sensitif dan mudah tersinggung

Seseorang yang mengalami kelelahan secara emosional cenderung lebih sensitif dan mudah tersinggung. Bahkan untuk sesuatu yang bersifat sepele atau hal-hal kecil, dia menganggap itu sebagai sesuatu yang serius dan mengusik pikirannya.

Pola tidur yang berantakan

Salah satu tanda seseorang mengalami kelelahan emosional adalah memiliki kebiasaan tidur yang tidak sehat. Dari mulai terlalu banyak tidur hingga tidak tidur sama sekali.

Sebuah penelitan mengungkapkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan tubuh mengalami kesulitan untuk pulih dari semua ketefangan fisik dan juga emosional. Hal ini dapat membuat seseorang kehabisan energi dan menyebabkan kelelahan yang konstan sepanjang minggu.

Kehilangan kendali atas emosi

Jika seseorang mengalami emosi yang tidak terkendali, maka ia akan sulit mengelola kemarahan. Kondisi ini juga bisa mengarah pada ledakan emosi yang dapat memicu sebuah konflik yang tidak diinginkan.

Emosi yang tidak terkendali juga dapat membuat seseorang bertindak dengan cara yang merugikan, serta mengambil keputusan yang cepat tanpa dipikirkan secara matang.  

Keluhan pusing dan mual

Stres yang berlebih akan membuat kondisi tubuh menjadi terganggu, terutama berpengaruh pada organ lambung. Stres berat dapat meningkatkan produksi asam lambung sehingga terkadang membuat keluhan seperti pusing bahkan merasa mual.

Kurang fokus dan mudah lupa

Brain fog  atau kabut dalam otak merupakan hal yang lumrah terjadi pada semua orang, namun jika seseorang kehilangan fokusnya secara terus-menerus, kemungkinan ia mengalami kelelahan emosional.

Hal ini disebabkan karena seseorang yang mengalami kelelahan emosional cenderung memikirkan terlalu banyak hal sehingga ia lebih mudah kehilangan fokus dan juga mudah lupa.

Mengalami gangguan kecemasan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tanda seseorang mengalami kelelahan secara emosional adalah mudah khawatir pada sesuatu yang tidak perlu, khawatir pada keadaan sekecil apapun dan mengalami stres secara terus menerus.

Hal ini terjadi karena ia mengalami kesulitan untuk mengelola emosi dan mengendalikannya. Akibatnya ia akan mengalami gangguan kecemasan atau mengalami serangan panik. (Willy/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU