Minggu, Juli 21, 2024

5 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat teh hitam cukup beragam, mulai dari meredakan stres, meningkatkan daya fokus, memelihara kesehatan kulit, dan masih banyak lagi. Teh hitam mungkin lebih jarang digunakan dibanding dengan jenis teh yang lain. Orang mungkin akan lebih memilih teh hijau atau teh biasa. Hal ini bisa saja terjadi karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang manfaat teh hitam.

Teh hitam mengandung antioksidan dan senyawa lain yang dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Seorang penulis dan profesor Amerika Serikat bernama Susanne Henning mengungkapkan bahwa teh hijau dan teh hitam mengandung prebiotik yang merupakan sat pendorong pertumbuhan mikroorganisme baik yang berkontribusi pada kesehatan pencernaan.

Manfaat Teh Hitam

Berikut beberapa manfaat teh hitam bagi kesehatan yang harus kamu ketahui.

Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat teh hitam yang pertama yaitu dapat meningkatkan kesehatan jantung. Teh hitam mengandung kelompok antioksidan bernama flavonoid yang dapat menjaga kesehatan jantung. Mengkonsumsi teh hitam secara rutin dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

Menurunkan kolesterol jahat

Lebih lanjut, mengkonsumsi teh hijau secara teratur dapat membantu mencegah penyakit kolesterol. Teh hitam dapat mengurangi jumlah low density lipoprotein (LDL) atau jenis lemak jahat. Dengan begitu maka kamu dapat mencegah terjadinya penumpukan LDL di arteri yang berisiko menimbulkan endapan yang disebut dengan plak.

Mengurangi risiko stroke

Manfaat teh hitam yang berikutnya yaitu mengurangi risiko terkena stroke. Penyakit stroke dapat terjadi karena pembuluh darah di otak tersumbat atau pecah.

Untuk dapat mencegahnya, kamu bisa mengkonsumsi teh hitam setiap hari. Penelitian di Journal of the American Heart Association mengungkapkan mengkonsumsi teh dapat memperkecil risiko terserang stroke sebesar 21% dibanding dengan mereka yang tidak mengkonsumsi sama sekali.

Meningkatkan daya fokus

Kalau kamu sering merasa kurang fokus maka konsumsi teh hitam bisa menjadi solusinya. Studi di Nutrition Reviews menemukan bahwa asupan kafein dan L-theanine pada teh hitam secara berkala memiliki efek dalam mempertahankan kewaspadaan dan fokus pada otak.

Hal ini sangat baik untuk usia-usia produktif agar daya fokusnya terus meningkat. Bukti ini juga dapat ditunjukan dari adanya rasa tenang dan stabil pasca meminum teh.

Meningkatkan kesehatan usus

Manfaat teh hitam yang terakhir yaitu dapat meningkatkan kesehatan usus. Kandungan polifenol pada teh hitam dapat membantu menjaga kesehatan usus dengan cara mendorong pertumbuhan bakteri baik dan menghambat pertumbuhan bakteri jahat seperti Salmonella.

Tak hanya itu, teh hitam juga bersifat antimikroba yang dapat membunuh zat berbahaya dan meningkatkan kekebalan tubuh dengan membantu memperbaiki saluran pencernaan. Teh hitam juga dapat berperan dalam meningkatkan bakteri pada usus.

Demikianlah manfaat teh hitam yang bisa kamu dapatkan jika mengkonsumsinya secara teratur. Konsumilah teh hitam dengan jumlah yang wajar, ya, Sobat Djava. (Ume/Djavatoday)

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya