Selasa, Oktober 26, 2021

5 Kebiasaan Tidak Sehat yang Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Seiring dengan dinamisnya gaya hidup seseorang, tak jarang mereka sering melakukan hal-hal sepele yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Berbagai keluhan yang dirasakan seperti kelelahan, lemas dan tidak bersemangat merupakan efek samping dari berbagai kebiasaan tidak sehat yang dilakukan.

Orang-orang yang sibuk beraktivitas cenderung melupakan kesehatan mereka. Kesalahan gaya hidup yang sering mereka lakukan pada umumnya adalah kurang tidur, jarang olahraga, merokok, dan lain-lain. Perlahan, kebiasaan ini akan mengganggu sistem kekebalan tubuh yang pada akhirnya akan berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut ulasannya.

Baca juga:

Baca juga : 5 Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat Saat Pandemi

Konsumsi proten berlebihan

Kebiasaan tidak sehat yang pertama adalah terlalu banyak mengonsumsi protein. Protein memang salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, namun mengonsumsi protein secara berlebih juga tidak baik untuk kesehatan.

Menurut sebuah penelitian, asupan protein yang tinggi dapat menghambat perkembangan metabolisme tubuh. Jika terlalu berlebihan mengonsumsi protein, maka beban asam amino pada ginjal akan bertambah sehingga membuat organ ginjal bekerja lebih keras

Kurang tidur

Kebiasaan tidak sehat yang kedua adalah terlalu banyak begadang dan kurang tidur. Kurang tidur bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah sehingga membuat kamu rentan terkena penyakit.

Menurut para ahli kesehatan, setidaknya tubuh memerlukan waktu 6 jam untuk tidur. Jika jam tidur tersebut dikurangi, maka akan berdampak pada sistem imunitas tubuh, sistem pencernaan dan juga sistem pernapasan.

Duduk terlalu lama

Sejak adanya pandemi Covid-19, banyak orang yang terpaksa melakukan aktivitas di dalam rumah termasuk bekerja dengan sistem work from home atau WFH. Duduk terlalu lama di depan komputer saat bekerja ternyata berdampak buruk bagi kesehatan. Bahkan risikonya disamakan dengan bahaya merokok.

Menurut penelitian, duduk berjam-jam bisa meningkatkan peluang seseorang terkena kanker. Untuk itu sebaiknya usahakan untuk selalu bergerak atau melakukan peregangan di sela-sela waktu selama kamu duduk.

Kurang minum air putih

Air putih merupakan air yang paling baik untuk dikonsumsi. Mengonsumsi air putih yang cukup dapat membuat tubuh menjadi sehat, membantu kinerja otot serta membuat kulit tampak awet muda.

Jika kamu kurang minum air putih, maka hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan sehingga bisa menyebabkan, kelelahan, sakit kepala dan membuat kulit menjadi kering.

Memendam emosi

Kebiasaan tidak sehat yang lainnya adalah terlalu sering memendam emosi. Memendam emosi ketika sedang merasa sedih, marah atau merasa kesepian dapat mengganggu fungsi normal dari hormon stres atau yang biasa disebut dengan kortisol. Gangguan ini akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah. Selain itu, memendam emosi juga tidak baik untuk kesehatan mental dan pikiranmu. (Willy/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU