Sabtu, Juli 20, 2024

5 Buah Tinggi Vitamin C yang Kaya akan Manfaat

Buah tinggi vitamin C sangat baik dikonsumsi karena memiliki manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu sumber vitamin adalah buah-buahan segar.

Selain itu, vitamin C juga dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan aliran darah ke otak, dan meningkatkan produksi kolagen. Tubuh yang kekurangan asupan vitamin C akan mengalami gejala seperti kulit mudah kering, tubuh mudah lelah, penyembuhan luka lebih lama, dan gusi mudah berdarah.

Untuk memastikan tubuh kamu cukup mendapatkan asupan vitamin C maka kamu bisa mengonsumsi produk vitamin C. Namun kamu tidak boleh mengonsumsinya setiap hari karena hal itu tidak baik. Konsumsi buah adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk memenuhi asupan vitamin C dan mencegah kelebihan asupan vitamin ini.

Buah Tinggi Vitamin C

Berikut beberapa buah tinggi vitamin yang bisa kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari.

Jeruk

Buah tinggi vitamin C yang pertama yaitu jeruk. Buah ini terkenal mampu menjadi sumber vitamin C. Di Indonesia ada berbagai macam jenis jeruk, di antaranya yaitu jeruk nipis, jeruk purut, jeruk bali, jeruk medan, jeruk limau, dan jeruk siam.

Buah yang memiliki nama latin citrus ini memiliki kandungan vitamin C sebanyak 82,7 gram dalam satu buah jeruk ukuran sedang. Jumlah ini dapat mencukupi 91% kebutuhan vitamin C orang dewasa dalam sehari.

Ceri

Buah ceri sering diidentikan dengan kue ulang tahun sebagai topping di atasnya. Namun siapa sangka. buah mungil yang cantik ini ternyata memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, loh. Selain itu, buah ceri juga kaya akan vitamin B, vitamin K, dan kalium. Konsumsi buah ceri dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas, menjaga berat badan, mengatasi peradangan, dan mengurangi risiko diabetes.

Jambu biji

Buah yang berikutnya yaitu jambu biji. Dalam 100 gram jambu biji mengandung vitamin C sebesar 200 mg. Jambu biji juga merupakan buah yang kaya akan serat. Kandungan nutrisi pada jambu biji dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Kiwi

Buah kiwi memiliki rasa yang asam manis sehingga dapat memberikan rasa segar ketika mengkonsumsinya. Buah kiwi terdiri dari dua jenis yaitu kiwi hijau dan kiwi emas. Keduanya sama-sama memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

100 gram kiwi mengandung vitamin C sebanyak 100 mg. Jumlah ini cukup tinggi dan cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh.

Pisang

Buah tinggi vitamin C yang terakhir yaitu pisang. Di balik rasanya yang lezat, pisang juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. 100 gram pisang mengandung setidaknya 9 mg vitamin C.

Buah pisang juga sangat mudah untuk diolah. Kamu bisa mengkreasikan buah ini menjadi berbagai macam camilan sehat yang lezat.

Demikianlah beberapa buah tinggi vitamin C yang baik untuk kamu konsumsi. Tetap penuhi asupan nutrisi tubuh agar kamu terhindar dari berbagai macam penyakit. (Ume/Djavatoday)

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya