Kamis, Mei 2, 2024

Jelajahi Formasi Batu Paraga Salopa yang Begitu Unik

Kabupaten Tasikmalaya dianugerahi banyak wisata alam yang mempesona, salah satunya Batu Paraga Salopa atau yang biasa disebut Paraga Stone. Letaknya begitu tersembunyi di Kampung Bambayang Desa Karya Mandalahayu Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya.

Untuk menuju lokasi ini kamu membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Jaraknya kurang lebih sekitar 37 km dari pusat kota Tasikmalaya.

Batu Paraga Salopa merupakan susunan batuan artistik yang berbentuk seperti balok berukuran besar dan menyerupai sebuah bukit. Formasinya pun sangat unik. Tempat wisata ini dinamakan Batu Paraga Salopa karena letak batu tersebut berada di daerah Salopa.

Diantara Batu Paraga Salopa juga mengalir sungai yang airnya jernih berwarna kehijauan dan mempunyai kedalaman kurang lebih 7 meter. Jika sedang beruntung, kamu bisa melihat monyet ekor panjang berkeliaran di sekitar tempat ini.

Baca juga : Pantai Karang Gantungan Gantungan Sukabumi dengan Pesona Bak Tanah Lot Bali

Potensi Wisata Batu Talaga Salopa Tasikmalaya

Wisata Batu Paraga memang belum dikenal banyak orang, oleh karena itu wisata alam ini masih terlihat alami dan begitu menawan. Namun sayang, potensi wisata ini belum mendapat perhatian dari Pemerintah setempat.

Hal ini kemungkinan disebabkan karena akses menuju Sungai Cimedang masih belum memadai, karena hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki.

Tetapi kondisi tersebut tidak menyurutkan para wisatawan untuk datang ke tempat ini. Pasalnya setelah lokasi ini mulai dikenal, jumlah wisatawan yang berkunjung ke tempat ini mulai mengalami peningkatan secara signifikan terutama ketika akhir pekan atau pada saat waktu liburan.

Saat ini belum ada pungutan biaya untuk memasuki lokasi ini. Hal tersebut dikarenakan kawasan Batu Paraga Salopa belum memiliki pengelolaan wisata yang baik. Walaupun demikian, kawasan ini sangat cocok untuk kamu yang butuh relaksasi karena suasana alamnya yang begitu asri.

Selain bisa berfoto dengan keindahan sungai dan formasi bebatuan yang unik, kamu bisa melakukan kegiatan bermain air seperti berenang atau membuat hammock di atas sungai.

Yang perlu diperhatikan adalah ketika kamu berenang usahakan agar arusnya sungainya sedang tenang, sebab Sungai Cimedang memang cukup dalam. (Willy/Djavatoday)

Bubulak Tepi Sawah, Rekomendasi Wisata Keluarga yang Lengkap

Bubulak Tepi Sawah merupakan sebuah objek wisata keluarga yang memadukan konsep restoran dengan pemandangan sawah. Wisatawan pun bisa bersantap menikmati hidangan khas Sunda sembari...

Bubulak Camping Ground Tasikmalaya: HTM, Fasilitas, dan Lokasi

Bubulak Camping Ground Tasikmalaya merupakan sebuah bumi perkemahan sekaligus objek wisata alam terbaru di Kabupaten Tasikmalaya. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan alam berupa pegunungan...

Curug Moprok Banyumas, Pemandangan Elit tapi Jalan Sulit

Curug Moprok Banyumas merupakan salah satu objek wisata alam yang menyuguhkan pemandangan indahnya air terjun. Objek wisata ini berada di kedalaman hutan yang masih...

Pantai Pangumbahan Sukabumi, Spot Mantai Sambil Lihat Penyu!

Pantai Pangumbahan Sukabumi merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan garis pantai dan laut. Uniknya, Anda bisa mantai dan bersantai menikmati pesona alam...

Terpopuler

Lainnya