Rabu, Mei 29, 2024

Pantai Pangumbahan Sukabumi, Spot Mantai Sambil Lihat Penyu!

Pantai Pangumbahan Sukabumi merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan garis pantai dan laut. Uniknya, Anda bisa mantai dan bersantai menikmati pesona alam sembari melihat penyu-penyu yang berlalu-lalang. Tak lupa, pantai ini pun termasuk spot yang tepat untuk berburu sunset saat sore hari. Tempatnya yang masih hidden gem dan belum banyak orang ketahui juga membuat pantai ini lebih sepi dan tenang.

Sangat cocok bagi Anda yang ingin self healing atau ingin menenangkan diri dari keramaian dan hiruk-pikuk perkotaan. Jika biasanya hawa udara di pantai terasa panas, maka berbeda dengan yang satu ini. Pantai ini masih sangat alami dengan pepohonan dan ragam vegetasi alam yang mengelilingi. Area pasir maupun bibir pantainya pun masih bersih sehingga udara yang terasa lebih sejuk.

 Bagi Anda yang ingin berlibur ke pantai, tak ada salahnya untuk mencoba berkunjung ke pantai ini. Namun, sebelum berkunjung sebaiknya Anda menyimak terlebih dahulu artikel ini hingga akhir. Kami akan memberikan ragam informasi penting dan menarik tentang Pantai Pangumbahan Sukabumi yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Yuk, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Harga Tiket Masuk Pantai Pangumbahan Sukabumi 

Informasi penting yang harus Anda ketahui tentang objek wisata pantai ini adalah harga tiket masuknya. Pihak pengelola pantai ini hanya mematok harga tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang dengan tambahan biaya parkir kendaraan. Jika Anda ingin melihat-lihat ke area konservasi penyu, Anda harus membayar lagi biaya masuknya sebesar Rp5.000 per orang. 

Cukup terjangkau, bukan? Perlu Anda ingat bahwa harga tiket Pantai Pangumbahan Sukabumi ini bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pihak pengelola wisata.

Fasilitas dan Jam Operasional

Objek wisata ini berbeda dengan Pantai Pangandaran yang telah begitu populer dan dikunjungi oleh ribuan wisatawan. Pengelolaannya pun belum maksimal sehingga belum ada fasilitas yang bisa Anda gunakan. Hanya tersedia area parkir kendaraan, loket, pos jaga, dan bangunan konservasi.

Oleh karena itu, kami mengimbau kepada Sobat Djava untuk membawa perbekalan sendiri. Baik itu barang pribadi maupun makanan untuk Anda santap di pantai ini. Begitupun bagi Anda yang ingin surfing atau camping di Pantai Pangumbahan Sukabumi, harap membawa peralatannya sendiri, ya!

Anda bisa mengunjungi pantai ini kapan saja karena tidak ada jam operasional resminya. Namun, biasanya wisatawan datang sejak pagi hingga sore untuk menyaksikan sunrise dan sunset serta pelepasan penyu. 

Keindahan Pantai yang Eksotis

Pantai Pangumbahan Sukabumi memiliki pemandangan yang menakjubkan dengan garis pantai yang indah. Laut dengan warna air yang kebiruan menciptakan keindahan yang memanjakan mata. Berpadu dengan warna pasir yang putih kecokelatan.

Pantai ini memiliki gulungan ombak yang cukup besar sehingga sering kali menjadi spot bagi wisatawan untuk melakukan surfing. Namun, pastikan Anda profesional dalam melakukannya agar tingginya ombak tidak membahayakan. Mengingat ombaknya bisa mencapai ketinggian 5 hingga 7 meter.

Di area pasirnya, Anda bisa menemukan pepohonan hijau dan tanaman-tanaman lain yang membuat nuansanya begitu asri. Anda juga bisa berteduh di area pepohonan dengan dasar pasir ini atau sekalian menggelar tikar untuk piknik cantik. Jangan lupa untuk mengabadikan keindahan Pantai Pangumbahan Sukabumi dengan berswafoto, ya!

Pasir Silika

Keunikan lain dari pantai ini adalah pasirnya yang termasuk jenis pasir silika. Jenis pasir ini adalah yang dijadikan bahan untuk pembuatan keramil dan bahan dalam filter air. Warnanya yang keputihan dengan tekstur lembut juga akan membuat Anda lebih nyaman saat berjalan-jalan di atasnya. 

Pasir ini juga menjadi daya tarik tersendiri karena saat tersiram cahaya matahari akan mengeluarkan kemilau yang indah. Bersantai di atas pasir atau sembari bermain voli pasir akan menjadikan liburanmu lebih seru.

Penyu Hijau

Pantai Pangumbahan Sukabumi adalah tempat yang tepat bagi Anda yang ingin menyaksikan langsung penyu hijau. Anda bahkan bisa melihat proses penyu saat bertelur, tetapi harus menunggu malam sekitar pukul 19.00 hingga 02.00 WIB. Jika hanya ingin melihat pelepasan tukik atau bayi penyu ke laut, Anda bisa menyaksikannya saat sore hari.

Alamat Pantai Pangumbahan Sukabumi 

Pantai Pangumbahan Sukabumi terletak dekat dengan Pantai Ujung Genteng. Alamat lebih tepatnya adalah Jalan Cipinang-Gunung Batu, Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43176. Berjarak sekitar 109 kilometer dari pusat Sukabumi. (Rismawati/Djavatoday)

The Landen Lembang, Wisata Alam Gratis yang Eksotis!

The Landen Lembang merupakan sebuah objek wisata alam baru yang tidak memungut biaya tiket masuk, alias gratis. Objek wisata yang dulunya merupakan D'Ranch ini...

Embun Lawu Tawangmangu: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Embun Lawu Tawangmangu merupakan sebuah objek wisata populer di Karanganyar yang menyuguhkan keindahan lereng Gunung Lawu. Objek wisata ini menghadirkan beragam keseruan dengan banyaknya...

Umbul Brintik Klaten, Bisa untuk Terapi Kesehatan

Umbul Brintik Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian air yang sering menjadi tempat terapi kesehatan. Hal tersebut karena air yang terdapat di...

Curug Cipurut Purwakarta: Info HTM hingga Daya Tariknya

Curug Cipurut Purwakarta merupakan sebuah objek wisata berupa air terjun yang menyuguhkan keindahan alam memesona. Objek wisata ini juga menawarkan sensasi keasrian alam yang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya