Selasa, Mei 28, 2024

Curug Moprok Banyumas, Pemandangan Elit tapi Jalan Sulit

Curug Moprok Banyumas merupakan salah satu objek wisata alam yang menyuguhkan pemandangan indahnya air terjun. Objek wisata ini berada di kedalaman hutan yang masih asri dengan hawa sejuk yang nyaman. Panoramanya pun begitu memanjakan mata sehingga membuat wisatawan berdatangan meskipun mengetahui akses jalannya yang menantang.

Wisata air terjun ini berlokasi di Kabupaten Banyumas, lebih tepatnya berada pada kawasan wisata populer Baturraden. Letaknya juga berdekatan dengan Curug Telu, bahkan wisatawan sering kali masuk melalui gerbang curug ini. Tak hanya dua curug ini, Baturraden juga menyimpan banyak air terjun lain yang tak kalah indah untuk Anda nikmati.

Lokasi Curug Moprok Banyumas yang tersembunyi membuatnya tidak begitu familiar di telinga wisatawan. Namun, curug ini santer menjadi perbincangan di tengah para pecinta alam atau wisatawan yang hobi berpetualang. Bagi Anda yang ingin healing dan menepi dari hiruk-pikuk keramaian, curug ini bisa menjadi salah satu destinasi yang tepat.

Sebelum berkunjung, sebaiknya Anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai curug ini sebagai referensi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Baik itu seputar harga tiket masuknya, fasilitasnya, jam operasional, alamat, hingga akses jalannya yang sulit. Tak perlu sulit, Anda bisa mendapatkan semua informasi tersebut dalam artikel ini dengan penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

Harga Tiket Masuk Curug Moprok Banyumas 

Objek wisata alam Curug Moprok Banyumas berada pada pengawasan dan pengelolaan pemerintahan desa setempat. Namun, belum terdapat informasi resmi mengenai harga tiket yang harus wisatawan bayar ketika mengunjungi curug ini. Beberapa wisatawan yang telah datang membeberkan informasi bahwa harga tiket masuknya berkisar antara Rp5.000 per orang. 

Kemudian terdapat biaya parkir kendaraan sebesar Rp2.000 per unit kendaraan motor. Sementara itu, kendaraan mobil harus membayar sekitar Rp5.000 per unit. Tarif harga-harga tersebut tidak bersifat permanen dan bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Fasilitas dan Jam Operasional

Curug Moprok Banyumas berada di dalam hutan dan cukup jauh dari area pemukiman penduduk. Fasilitas yang tersedia pun belum bisa banyak Anda temui. Hanya ada area parkir dan kamar bilas yang bisa Anda gunakan, itu pun sebagian hanya terdapat di area Curug Telu. Oleh karena itu, kami sarankan untuk membawa perlengkapan dan perbekalan pribadi mengingat tidak ada warung yang stand by di lokasi.

Informasi lain yang harus Anda ketahui tentang objek wisata ini adalah jam operasionalnya agar tidak sia-sia datang ke sana. Jam operasional tersebut mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB setiap hari. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada pagi hari saat kondisi cuaca cerah. Hindari datang saat puncak musim hujan karena sering terjadi banjir besar.

Alamat Lengkap

Untuk bisa menikmati keindahan Curug Moprok Banyumas, Sobat Djava tentu harus memiliki alamat lengkapnya. Alamat lengkapnya adalah di Karangsalam, Baturraden, Sawah & Hutan, Limpakuwus, Kec. Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151. Jalannya searah dengan Curug Telu karena lokasinya berdekatan.

Untuk mengunjungi air terjun ini, Anda harus menyiapkan fisik yang kuat karena harus berjalan cukup jauh. Medan jalannya pun tidak mudah dengan persawahan, bebatuan, dan jalanan terjal memasuki hutan. Jika belum tahu rutenya, sebaiknya Anda menyewa tour guide lokal agar tidak tersesat. Lama perjalanan berjalan kaki dari Curug Telu biasanya memakan waktu sekitar 10 hingga 15 menit.

Daya Tarik Curug Moprok Banyumas

Curug Moprok Banyumas atau biasa warga sebut sebagai Curug Pelangi ini merupakan salah satu hidden gem yang memesona. Bagaimana tidak, air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 80 meter dengan aliran deras yang berbentuk vertikal lurus. Jatuhan airnya begitu menawan dengan warna putih bersih air yang kontras dengan warna hijaunya pepohonan. Tebing lebar yang menjadi hulu air terjun pun tak luput membuat panoramanya makin eksotis.

Anda akan menemukan banyak bebatuan yang memenuhi area air terjun ini. Termasuk kolam alami yang menampung jatuhan air terjun dan menjadi tempat wisatawan untuk berenang. Kolam ini pun menjadi daya tarik tersendiri karena airnya terlihat berwarna hijau sesekali kebiruan yang cantik. Bebatuan di sisi kolam biasanya menjadi spot bagi wisatawan untuk berfoto dengan latar air terjun dan eksotisme alam di sekelilingnya.

Nikmatilah keindahan air terjun ini sambil duduk bersantai di bebatuannya. Jangan lupa untuk berhati-hati saat berenang, pastikan tidak mencapai ke dekat titik jatuh airnya. Selamat berlibur di Curug Moprok Banyumas! (Rismawati/Djavatoday)

Embun Lawu Tawangmangu: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Embun Lawu Tawangmangu merupakan sebuah objek wisata populer di Karanganyar yang menyuguhkan keindahan lereng Gunung Lawu. Objek wisata ini menghadirkan beragam keseruan dengan banyaknya...

Umbul Brintik Klaten, Bisa untuk Terapi Kesehatan

Umbul Brintik Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian air yang sering menjadi tempat terapi kesehatan. Hal tersebut karena air yang terdapat di...

Curug Cipurut Purwakarta: Info HTM hingga Daya Tariknya

Curug Cipurut Purwakarta merupakan sebuah objek wisata berupa air terjun yang menyuguhkan keindahan alam memesona. Objek wisata ini juga menawarkan sensasi keasrian alam yang...

Wisata Rawa Pening Semarang: HTM, Fasilitas, Daya Tarik 2024

Wisata Rawa Pening Semarang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau alami yang luas. Danau ini berada pada cekungan atau lembah yang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya