Minggu, Mei 19, 2024

Leuwi Pamipiran Sadananya Ciamis Konon Bisa Untuk Terapi Sakit Stroke

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wisata Leuwi Pamipiran Desa Tanjungsari, Sadananya, Ciamis, Jawa Barat selain indah tapi juga berkhasiat. Konon, sebagian warga mempercayai apabila terapi dengan cara berendam di tempat ini bisa menyembuhkan penyakit stroke dan sejenisnya. 

Benar atau tidaknya, ternyata tempat ini sudah lama sering dikunjungi oleh warga beberapa daerah untuk terapi. Hal itu sebelum tempat ini dijadikan sebuah obyek wisata. 

Warga setempat, Tatang, membenarkan hal itu. Biasanya warga yang melakukan terapi datang dari pukul 03.00 dini hari, lalu berendam beberapa jam. Dilakukan sampai tiga kali dalam kurun waktu tertentu. 

“Yang punya keluhan kaki, keseleo sampai stroke, banyak yang datang ke Leuwi Pamipiran Desa Tanjungsari Sadananya ini. Mereka tahu dari mulut ke mulut,” ujar Tatang, Selasa (30/3/2021).

Tatang bercerita, dulu ada orang yang menderita stroke kemudian tidak tahu dari mana mencoba berendam di leuwi tersebut. 

Ia berendam selama kurang lebih 5 jam. Hal itu dilakukan rutin sebanyak 3 kali sampai akhirnya kakinya bisa lagi digerakkan dan berangsur normal. 

“Yang stroke setelah 3 kali berendam disini berangsur sembuh. Mungkin bisa juga sugesti. Di lokasi ini juga ada makam Eyang Tanjungsari, merupakan tokoh penyebar Islam disini, jadi air dari Leuwi ini memiliki khasiat,” ucapnya. 

Warga yang pernah datang ke Leuwi Pamipiran Sadananya Ciamis ini warga lokal hingga luar daerah seperti Tasikmalaya. 

Sekarang leuwi ini menjadi sebuah destinasi wisata yang menarik, dikelola oleh masyarakat Pokdarwis Tanjungsari. Penataan terus dilakukan agar Leuwi Pamipiran ini menjadi tempat yang lebih menarik untuk dikunjungi dengan keunggulan air yang jernih, sensasi berenang di alam liar. (CN/AY/Djavatoday)

Jelang Pilkada 2024, Aktivis Ciamis Dorong Bawaslu Pilih Anggota Panwascam yang Berkualitas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Aktivis Peduli Ciamis Eka Muntaha mendorong Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ciamis memilih anggota Panwascam yang berkualitas. Tidak boleh ada peserta yang...

Rekomendasi Tempat Nongkrong Gratis dan Aesthetic di Jakarta!

Rekomendasi tempat nongkrong gratis bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi kamu yang ingin kongkow bersama teman di Jakarta. Tak hanya gratis, sederet tempat-tempat ini...

Bangunan Laboratorium IPA SMP di Pamarican Ciamis Ambruk

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Atap bangunan laboratorium IPA SMP Negeri 1 Pamarican, Kabupaten Ciamis, ambruk. Peristiwa itu terjadi ketika siswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar, Jumat...

Ini Lawan PSGC Ciamis di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSSI telah melakukan drawing atau pembagian grup babak 16 besar Liga 3 Nasional. PSGC Ciamis masuk dalam grup 2 bersama Persiku...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya