Selasa, Juni 25, 2024

Jelang Pilkada 2024, Aktivis Ciamis Dorong Bawaslu Pilih Anggota Panwascam yang Berkualitas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Aktivis Peduli Ciamis Eka Muntaha mendorong Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ciamis memilih anggota Panwascam yang berkualitas. Tidak boleh ada peserta yang dilandasi dengan kepentingan lain.

“Tim Seleksi harus netral dalam memilih peserta Panwascam yang lolos dalam tahap seleksi,” ujar Eka Muntaha, Sabtu (18/5/2024).

Menurut Eka, anggora Panwascam harus diisi oleh orang-orang berkualitas. Tim seleksi harus jeli dalam melihat rekam jejak dan pengalaman dari semua peserta seleksi.

“Tim seleksi jangan memiliki agenda tertentu seperti memasukan peserta yang tidak berkualitas atau melakukan transaksi peserta.Tim seleksi harus kompak dan jangan punya agenda sendiri. Timsel telah diberi mandat untuk melakukan seleksi sesuai dengan aturan yang berlaku,” ungkap Eka.

Eka menyebut, ketika salah memilih nama peserta yang lolos, pihaknya khawatir akan ada masalah dalam proses fit and propertes oleh Bawaslu Ciamis. Mengingat proses itu adalah gerbang terakhir dari serangkaian proses seleksi.

“Hati-hati jika yang lolos tidak punya integritas akan membuat nama Bawaslu jelak dimata masyarakat. Soal integritas tidak bisa ditawar lagi,” tegasnya.

Eka menilai, celah dari seleksi panwascam tersebut kemungkinan pada tahap wawancara. Meski calon peserta sudah dinilai baik lewat sejumlah tahapan dengan hasil baik, tapi subjektifitas dari tim seleksi sering jadi pertimbangan dalam pemilihan.

“Sama halnya dengan adanya orang titipan, dan lain sebagainya. Ini juga bisa memengaruhi proses seleksi yang berintegritas,” tuturnya.

Eka berharap tim seleksi dari Bawaslu Ciamis dalam pemilihan Anggota Panwascam bersikap netral jangan memihak kepada salah satu kepentingan. (Ayu/CN/Djavatoday)

Meski Baru Dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis Jadi Runner Up di Rajawali Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Meskipun baru dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis masuk babak Grand Final pada turnamen bola voli Rajawali Cup 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di...

Macan Turun Gunung ke Permukiman Teror Warga Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Macan tutul penghuni Gunung Sawal, Kabupaten Ciamis, turun ke permukiman. Warga Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung dan Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, pun...

Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis Raih Predikat Paripurna

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Klinik Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis berhasil meraih akreditasi predikat Paripurna. Sebelumnya, Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis dinilai oleh...

Kecelakaan Truk Tronton dan Motor di Ciamis, Satu Orang Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mobil truk tronton terlibat kecelakaan dengan sepeda motor di Tanjakan Alinayin, di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut menyebabkan, pengendara sepeda motor...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya