Selasa, Juni 11, 2024

Bangunan Laboratorium IPA SMP di Pamarican Ciamis Ambruk

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Atap bangunan laboratorium IPA SMP Negeri 1 Pamarican, Kabupaten Ciamis, ambruk. Peristiwa itu terjadi ketika siswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar, Jumat (17/5/2024) siang.

Beruntung tidak ada korban jiwa ketika atap bangunan ambruk. Ruangan laboratorium tersebut sebelumnya telah dikosongkan karena kondisinya yang sudah lapuk.

Atap bangunan laboratorium berukuran 12 x 12 meter ambruk. Kejadian tersebut membuat kaget para siswa, karena saat ambruk masih dilaksanakan kegiatan belajar mengajar.

Tidak ada korban jiwa karena kondisi ruangan sudah dalam keadaan kosong. Pihak sekolah sudah mengantisipasi dengan mengeluarkan peralatan lab untuk mengurangi dampak kerugian lebih besar.

Menurut informasi, atap bangunan Laboratorium IPA SMP Negeri 1 Pamarican itu pernah direhab ringan pada tahun 2011.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Ciamis Erwan Darmawan telah mendatangi lokasi kejadian atap bangunan sekolah ambruk. Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan pihak sekolah.

“Untuk penanganan jangka pendek, kami sudah menginstruksikan kepada sekolah untuk melakukan pengamanan dan keselamatan siswa, supaya tidak mengganggu proses belajar mengajar,” ujar Erwan, Sabtu (18/5/2024).

Menurut Erwan, atap ruang Laboratorium IPA itu karena kondisinya sudah lapuk dan sudah tua. Pihak sekolah pun sebelumnya telah mengantisipasi dengan mengosongkan ruangan tersebut.

“Bangunan itu sudah tidak terpakai, kondisinya sudah lapuk. Pihak sekolah sudah mengamankan isi lab IPA itu dan sudah menggunakan bangunan lain,” kata Erwan.

Langkah selanjutnya, Disdik Ciamis pun akan melakukan penghapusan aset untuk bangunan tersebut. Bangunan itu akan diratakan mengingat menimbulkan kekhawatiran. Menurutnya melihat kondisi bangunan itu sudah tidak mungkin lagi dilakukan rehab.

“Akan diajukan penghapusan aset dulu. Setelah itu kita akan melakukan kajian dan analisa, apakah sekolah membutuhkan ruang kelas baru. Kami juga akan diskusi dengan komite dan sekolah,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Hari Jadi ke-382, Pj Bupati Ciamis Sampaikan Beberapa Prestasi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam momentum hari jadi ke-382 tahun 2024, Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna beberkan beberapa penghargaan yang telah diraih. Menurutnya, meskipun di tengah...

Layanan Panggilan 112, Warga Ciamis Bisa Telepon saat Butuh Bantuan Darurat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis melalui Diskominfo bersama Kementrian Kemenkominfo RI meluncurkan layanan panggilan darurat 112. Peluncuran dilaksanakan di Pendopo Bupati Ciamis saat upacara...

Polisi Kemungkinan Hentikan Kasus Tarsum Pemutilasi Istri di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polisi kemungkinan akan menghentikan kasus Tarsum tersangka pembunuhan dan memutilasi istrinya di Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Beberapa waktu lalu, Satreskrim...

22 Seni Helaran Meriahkan Galuh Ethnic Carnival Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Galuh Ethnic Carnival (GEC) yang merupakan salah satu rangkaian acara pada hari jadi Kabupaten Ciamis setiap tahunnya kembali digelar. Pada hari jadi...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Kominfo Ciamis
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Kominfo Ciamis

Terpopuler

Lainnya