Jumat, Oktober 18, 2024

5 Mata Uang Tertinggi di Dunia, Segini Nilai Rupiahnya

Mata uang tertinggi di dunia ternyata bukan dolar Amerika loh. Kalo kamu mengira dolar Amerika menjadi mata uang yang nilainya tinggi maka kamu salah besar. Faktanya masih banyak mata uang yang lebih dari dolar Amerika. Nilai ini berlaku di tahun 2024 ya, mungkin bisa berubah beberapa tahun ke depan.

Penilaian mata uang dilihat berdasarkan dinamika penawaran dan permintaan pasar valuta asing, pertumbuhan ekonomi dalam negeri, kebijakan bank sentral, dan stabilitas ekonomi secara global. Dalam kata lain, kekuatan dan nilai mata uang tidak bisa dilihat dari besar kecilnya sebuah negara.

Dari banyaknya mata uang di dunia, kami mengurutkan lima besar mata uang dengan nilai tertinggi. Tak hanya itu, kita juga mengkonversikan jumlahnya ke dalam bentuk rupiah. Berikut informasi selengkapnya.

5 Mata Uang Tertinggi di Dunia

Berikut lima mata uang tertinggi di dunia berdasarkan data dari Open Exchange.

Kuwaiti Dinar (KWD)

Mata uang tertinggi nomor satu ditempati oleh KWD atau Kuwaiti Dinar. KWD memiliki nilai tertinggi karena saat ini memiliki stabilitas ekonomi yang kuat. Negara-negara di timur tengah bergantung pada ekspor minyak yang diklaim menjadi salah satu yang terbesar di dunia. Maka gak heran jika mata uang mereka sangat tinggi.

Satu KWD setara dengan 3,26 dolar Amerika atau sekitar 52.600 rupiah Indonesia. Nilai yang cukup jauh jika dibandingkan dengan mata uang negara kita bukan? Bahkan dengan kekuatannya ini, Kuwait tidak memungut pajak bagi pekerja.

Bahraini Dinar (BHD)

Masih termasuk golongan timur tengah, Bahraini Dinar atau BHD juga tak kalah tingginya dari KWD. Satu BHD setara dengan 2,66 dolar Amerika atau sekitar 42.985 rupiah. Kekuatan mata uang negara ini disebabkan karena hasil ekspor minyak dan gasnya.

Omani Rial (OMR)

Mata uang tertinggi yang berikutnya yaitu Omani Rial atau OMR. OMR merupakan mata uang resmi di negara Oman. Sudah bukan hal yang aneh lagi bahwa negara yang satu ini sangat kaya akan gas dan minyak. Kekayaan sumber daya alam inilah yang menjadi salah satu alasan nilai mata uang Oman menjadi salah satu yang tertinggi di dunia.

OMR diresmikan pada tahun 1970 setelah sebelumnya negara ini menggunakan mata uang INR. Oman menjadi salah satu negara yang memiliki perekonomian yang stabil karena masuk ke dalam lingkup semenanjung Arab. Satu OMR setara dengan 2,61 dolar Amerika atau sekitar 42.177 rupiah.

Jordanian Dinar (JOD)

Yordania juga menjadi deretan negara yang memiliki mata uang tertinggi di dunia. Satu jordanian dinar atau JOD setara dengan 1,41 dolar Amerika atau sekitar 22.785 rupiah. Kekuatan nilai JOD dipengaruhi oleh nilai tukar dan stabilitas ekonomi negara ini.

Gibraltar Pound (GIP)

Mata uang tertinggi yang terakhir yaitu Gibralter Pound atau GIP. Mungkin di antara mata uang yang sudah disebutkan di atas, mata uang yang satu ini menjadi mata uang yang cukup asing di telingamu.

GIP setara dengan Poundsterling Inggris (GBP). Satu GIP ini setara dengan 1,27 dolar Amerika atau sekitar 20.523 rupiah. Kekuatan nilai GIP dipengaruhi oleh kestabilan pariwisata dan e-gaming pada negara tersebut.

Demikian mata uang tertinggi di dunia beserta nilai rupiahnya. Kalo kita bandingkan dengan nilai rupiah ternyata sangat jauh ya. Semoga mata uang negara kita juga bisa sekuat dan sestabil mata uang di atas, ya. (Ume/Djavatoday)

Rekomendasi Film Masa SMA yang Bikin Kamu Kangen Masa Putih Abu

Rekomendasi film masa SMA merupakan deretan film yang mengisahkan para muda-mudi saat menjalani masa putih abu. Kamu pasti tahu kan, bahwa masa putih abu...

Sinopsis Drakor Vincenzo, Aksi Hebat Soong Jong-ki Sang Mafia

Hello good people. Siapa yang tidak tau Song Jong-ki? Baru-baru ini dia memainkan drama Korea berjudul Vincenzo. Nah, gimana sinopsis drakor Vincenzo? Drama Korea Vincenzo...

Tips Belajar Ala Maudy Ayunda Supaya Bisa Kuliah di Stanford

Hello good people. Siapa yang tidak mengenal Maudy Ayunda? Gadis cantik asal Indonesia yang berhasil lulus S2 di Stanford. Nah ada tips belajar ala...

Rekomendasi Film Keluarga Cocok ditonton Selama PPKM

Hello good people. Pulau Jawa dan Bali kembali menerapkan PPKM darurat untuk menekan angka Covid-19. Agar tidak bosan ketika di rumah aja, ada nih...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya