Senin, September 27, 2021

Rekomendasi Film Masa SMA yang Bikin Kamu Kangen Masa Putih Abu

Rekomendasi film masa SMA merupakan deretan film yang mengisahkan para muda-mudi saat menjalani masa putih abu. Kamu pasti tahu kan, bahwa masa putih abu merupakan masa paling indah? Nah, tak jarang banyak orang yang merasa throwback ketika mereka menonton deretan film tersebut.

Di masa pandemi Covid-19 ini, sekolah dilaksanakan dengan cara online alias tidak tatap muka secara langsung. Hal ini menyebabkan para pelajar terutama anak SMA/SMK/Sederajat tak bisa membuat kenangan panjang semasa putih abunya. Namun, jangan khawatir Sobat Djava karena kami punya deretan film seru masa SMA yang akan mengobati rindu masa putih abu!

Rekomendasi Film Masa SMA

Baca juga:

Apa yang paling kamu rindukan saat masa SMA? Upacara bendera? Bertemu teman seperjuangan yang serunya tiada duanya? Atau momen saat dihukum karena ketahuan bolos sekolah berjamaah, nih? Hehe, just kidding ya, Sobat Djava.

Apapun momennya, yang pasti itu selalu tersimpan dalam memori dan menjadi kenangan indah, bukan? Momen putih abu memang selalu membuat rindu. Oleh sebab itu, yuk obati rindumu dengan menonton rekomendasi film masa SMA berikut ini.

Ada Apa dengan Cinta (AADC)

Masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing dengan film masa SMA yang begitu ikonik ini. Tokoh Cinta dan Rangga yang menjalin kisah kasih di sekolah ini bahkan booming pada masanya. Film ini digarap oleh Rudi Soedjarwo dan menampilkan bingkai kehidupan SMA yang begitu relate.

Rekomendasi film masa SMA yang satu ini mengisahkan tentang kisah romantic Cinta dan Rangga serta persahabatan. Tentang sebuah geng yang tergila-gila dengan majalah dinding alias mading sekolah. Juga, tentang momen berharga saat SMA. Seperti menikmati kemeriahan pensi band, marahan, dan momen lainnya.

Dilan 1990

“Rindu itu berat, biar aku saja. Kamu ngga akan kuat.” Hafal dengan penggalan dialog tersebut? Fix kamu adalah salah satu orang yang pernah menonton film ini. Betapa tidak, film yang menceritakan kisah percintaan Dilan dan Milea ini sukses menghipnotis para remaja Indonesia. Walaupun berakhir dengan tidak bersatunya sang tokoh utama, film ini berhasil membuat netizen flashback dengan masa putih abunya.

Film Dilan 1990 ini diangkat dari novel karya Pidi Baiq yang juga diangkat dari kisah nyata. Iqbal Ramadhan dan Vanesha Prescilla sukses memerankan sang tokoh utama hingga menyedot perhatian publik. Film ini akan membuat kamu rindu masa SMA saat tahun 90an. Seperti geng motor, gombalan maut, kantin sekolah, bertukar sapa lewat telepon umum, dan naik angkot saat berangkat sekolah.

Catatan Akhir Sekolah (CAS)

Rekomendasi film masa SMA yang selanjutnya adalah CAS yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Kisahnya berfokus pada tiga siswa yang dianggap aneh oleh teman-temannya. Untuk menghilangkan anggapan tersebut, akhirnya mereka membuat sebuah film dokumenter tentang sekolah. Sesuai judulnya, film ini bak catatan kenangan kamu saat sekolah apalagi menjelang akhir masa SMA.

Film ini dibintangi oleh sederet aktris dan aktor papan atas. Ada Vino G Bastian, Ramon Y Tungka, Joanna Alexandra, Marchel Chandrawinata, Christian Sugiono, dan lainnya. Dirilis tahun 2015, film ini sukses mengobati kerinduan akan masa sekolah.

Bebas

Anak 90an akan sangat cocok memonton rekomendasi film masa SMA yang satu ini. Tawuran antar sekolah, nongkrong di blok M, dan berlomba menjadi gadis sampul. Intinya, film ini mengisahkan kehidupan remaja SMA di ibukota dengan segala huru -haranya.

Film ini merupakan film Sunny versi lokal. Jefri Nichol, Syifa Hadju, Maizura, dan aktor lainnya ikut menjadi pemeran dan meramaikan film ini.

Refrain

Refrain merupakan rekomendasi film masa SMA selanjutnya yang diadaptasi dari novel berjudul Refrain karya Winna Efendi. Ada Afgan Syah Reza hingga Maudy Ayunda yang menjadi pemeran utama dalam film ini. Kisah dalam film ini begitu relate dengan kenyataan kehidupan remaja SMA pada umumnya. 

Persahabatan antara perempuan dan laki-laki memang rawan menumbuhkan perasaan. Begitulah kisah film ini. Benih cinta itu makin terasa indah karena sedang duduk di bangku SMA. 

Bad Genius

Hobi menyontek saat sekolah? Rekomendasi film masa SMA asal Thailand ini adalah contohnya. Namun, nyonteknya bukan lewat gulungan kertas yang dibulat-bulat saja, lho. Lynn, seorang siswi SMA yang jenius dan memanfaatkan kejeniusannya untuk menghasilkan uang. Caranya, ia akan “menjual” contekannya kepada teman-temannya.

Cara nyonteknya memang no kaleng-kaleng, lho! Sampai membuat penonton gemas sekaligus deg-degan saat adegan menyontek itu dilakukan. Film ini cukup menjadi ajang mengenang saja ya, jangan ditiru adegan menyonteknya.

High School Musical

Film produksi Disney ini memang luar biasa, Sobat Djava. Berkisah tentang Troy, seorang kapten basket sekolah yang tak sengaja bertemu Gabriella di pesta akhir tahun. Mereka harus menyanyi secara duet padahal mereka tidak mengenal sama sekali dan bukan seorang profesional. Meskipun awalnya malu-malu, ternyata penampilan mereka begitu awesome!

Mereka bernyanyi dengan saling melengkapi. Akhirnya, mereka mempersembahkan penampilannya dengan percaya diri.

Nah, itulah beberapa rekomendasi film masa SMA yang harus kamu tonton untuk mengenang keindahan masa putih abu. Kamu bisa menontonnya via aplikasi YouTube, atau aplikasi streaming film lainnya seperti Netflix atau WeTv. Selamat bernostalgia!

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU