Senin, September 27, 2021

Tips Belajar Ala Maudy Ayunda Supaya Bisa Kuliah di Stanford

Hello good people. Siapa yang tidak mengenal Maudy Ayunda? Gadis cantik asal Indonesia yang berhasil lulus S2 di Stanford. Nah ada tips belajar ala Maudy yang sangat cocok untuk ditiru.

Maudy Ayunda merupakan penyanyi sekaligus aktris kebanggaan Indonesia. Maudy menyelesaikan kuliah S1 nya di Oxford University. Kemudian mengambil S2 nya di Stanford University.

Baca juga:

Sempat pada dua tahun lalu, Maudy bingung memilih antara Stanford dan Harvard. Maudy berhasil lolos ujian di dua universitas terbaik di dunia. Bahkan ketika Maudy memutuskan untuk memilih Stanford sempat menyinggung bahwa ternyata Harvard merupakan pilihan keduanya.

Tips Belajar Ala Maudy

Untuk dapat masuk ke dua kampus terbaik di dunia pastinya membutuhkan persiapan yang matang. Bahkan setelah lolos seleksi masuk, itu bukan akhir dari perjuangan melainkan awal dari perjuangan panjang. Setelah lulus seleksi tentunya dalam menyelesaikan kuliah dibutuhkan tekad dan kemauan untuk belajar. Nah apa saja sih tips belajar ala Maudy?

Bersahabat dengan Buku

Buku tentu menjadi media pembelajaran yang dapat di akses semua orang. Untuk menambah pengetahuan maka bersahabat lah dengan buku. Seluruh ilmu tentang dunia akan mudah didapatkan dengan membaca buku. Wawasan yang luas dan tinggi adalah sesuatu yang disebabkan dari membaca buku.

Dengan membaca buku maka pengetahuan dan ilmu kita akan luas. Sehingga tidak akan pernah ada yang menyebut kita “Tong kosong nyaring bunyinya”. Itu merupakan pribahasa yang sangat melekat di Indonesia. Pribahasa tersebut dapat diartikan dengan orang yang kosong otaknya hanya akan berbicara nyaring atau omong kosong.

Nah, tips belajar ala Maudy ini adalah langkah awal untuk belajar menjadi efektif. Rugi sekali rasanya ketika para penemu, ilmuan, penulis, motivator, Inspirator, telah menuangkan buah pemikirannya tapi kita tidak memberdayakannya. Untuk good people yang tidak memiliki banyak koleksi buku atau tidak ada stok untuk dibaca. Maka, perpustakaan bisa menjadi pilihan selanjutnya.

Mengikuti Kuliah Umum

Tips yang selanjutnya adalah dengan mengikuti kuliah umum. Informasi kuliah umum ini akan begitu banyak dan menyebar. Tinggal pintar-pintar dan aktif mencari informasinya. Bukan hanya menambah ilmu tapi dapat menambah relasi juga.

Banyak ilmu dari kuliah umum yang tidak dapat didapatkan di bangku kelas. Sehingga sayang sekali jika waktu berhagamu hanya dipakai untuk bersenang-senang saja.

Pelajari yang Belum Paham

Nah, Maudy Ayunda sering melakukan teknik ini. Ketika masih ada materi atau topik yang belum dimengerti maka dia akan membaca ulang dengan cepat dan menandai yang belum dipahami. Kemudian, dia akan membaca ulang hal tersebut sampai paham.

Tips belajar ala Maudy yang satu ini cukup ampuh. Menghafal dan memahami tentu beda ya. Jika hanya sekedar menghafal maka akan menghadapi penyakit lupa. Sedangkan jika mengerti akan selama apapun paham akan materi tersebut.

Kebanyakan orang Indonesia salah dalam konsep belajar. Mereka hanya menghafal bukannya paham. Bahkan tidak jarang orang yang hanya belajar ketika ada PR atau karena besoknya ujian.

Baca juga: Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula yang Mudah

Koreksi Ulang Soal Ujian

Tips belajar Maudy selanjutnya adalah koreksi ulang soal ujian. Setelah selesai ujian bukan berarti langsung bebas. Tapi periksa lagi soal ujian, apakah ada yang salah. Jika ada yang salah maka koreksi dan pelajari ulang materi tersebut.

Apabila ada jawaban yang salah jangan anggap bahwa kita tidak bisa. Tapi, jadikan itu pelajaran agar kedepannya semakin baik lagi.

Jangan Takut Daftar

Ini bukan tips belajar ala Maudy, tapi Maudy pernah berkata bahwa jangan takut daftar. Bahkan orang yang daftar di Stanford University dari Indonesia sangat sedikit. Kebanyakan orang ciut atau menyerah sebelum daftar.

Padahal jangan takut untuk bercita-cita. Jangan takut karena melihat banyak pesaing dari berbagai negara yang hebat-hebat. Tapi, jadikan itu acuan dan pemantik agar terus semangat dan berjuang.

Kembangkan Hobi

Terkadang orang hanya mengangap hobi sebagai suatu hal yang biasa saja. Namun, tidak salahnya jika mengembangkan hobi. Hobi Maudy adalah menyanyi, sehingga dia kembangkan dengan membuat lagu dan menjadi penyanyi.

Hobi akan membuat pikiran dan tubuh terus tumbuh. Mengembangkan hobi juga dilakukan sebagian upaya menghindari stress.

Selain berbakat di bidang entertainment, Maudy juga pintar. Memiliki cita-cita ingin membuat sekolah dan menjadi guru. Banyak orang yang mengidolakannya bahkan menjadikannya role model anak muda di Indonesia.

Nah, itulah beberapa tips belajar ala Maudy Ayunda. Tidak perlu untuk ingin seperti Maudy Ayunda. Tapi, “Be your selfie”, selalu berbuat baik dan pantang menyerah. Stay safe.

Pas/Djavatoday

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU