Minggu, Mei 19, 2024

Bank Sampah Induk Ciamis Jadi yang Terbaik di Tingkat Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bank Sampah Induk Ciamis meraih penghargaan sebagai bank sampah terbaik Nasional 2023. Penghargaan tersebut dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan diberikan dalam acara Festival Hari Peduli Sampah Nasional, Selasa (13/6/2023) di Jakarta. Diterima langsung oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis Taufik Gumelar.

Penghargaan itu berdasarkan Peraturan Dirjen PSLB3 No. P.1/PSLB3/PUS/PLB.2/4/2023 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Bank Sampah.

Usai menerima penghargaan, Kepala DPRKPLH Ciamis Taufik Gumelar mengucapkan terima kasihnya kepada Menteri KLHK dan Kadis DLH Provinsi Jawa Barat.

“Terimakasih juga kepada Bapak Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya atas bimbingan, petunjuk, arahan dan dorongan kebijakan, Tim Bank Sampah Ciamis, Tim Duitin, Bank Sampah Unit, Relawan Maggot, Relawan Penggiat Lingkungan dan Pasukan Ungu serta seluruh masyarakat Ciamis” ungkapnya.

Ia pun mengaku bangga dan bersyukur atas penghargaan yang diraih Bank Sampah Induk Ciamis. Tentunya secara tidak langsung penghargaan tersebut menjadi kado istimewa Hari Jadi Ciamis ke-381 Tahun.

“Tentu ini tidak lepas dari kerja sama dan dukungan semua pihak, dengan semangat inovatif, serta komitmen menjalin sinergitas dalam pengelolaan sampah,” ujarnya.

Menurut Taufik, prestasi ini menjadi momen untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam hal pengelolaan sampah.

Ia pun mengajak masyarakat untuk tetap merawat lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Pilah sampah dari rumah dan nabung sampah ke bank sampah terdekat untuk mewujudkan Ciamis yang bersih, sehat dan bernilai,” ungkapnya.

Dinas PRKPLH Kabupaten Ciamis juga turut berpartisipasi dalam Kegiatan Festival Peduli Sampah Nasional (FSPN) 2023. Kegiatan FSPN tersebut mengusung tema ‘From Linear Traditional to Circular Economy’.

Kegiatan berlangsung selama empat hari mulai Selasa 13 Juni hingga Jumat 16 Juni 2023 bertempat di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti Jakarta Pusat. (Ayu/CN/Djavatoday)

Bangunan Laboratorium IPA SMP di Pamarican Ciamis Ambruk

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Atap bangunan laboratorium IPA SMP Negeri 1 Pamarican, Kabupaten Ciamis, ambruk. Peristiwa itu terjadi ketika siswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar, Jumat...

Ini Lawan PSGC Ciamis di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSSI telah melakukan drawing atau pembagian grup babak 16 besar Liga 3 Nasional. PSGC Ciamis masuk dalam grup 2 bersama Persiku...

KPU Ciamis Lantik 135 PPK untuk Pilkada 2024, Sebanyak 70 Persen Wajah Lama

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- KPU Ciamis melantik 235 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertugas untuk Pilkada 2024. Pelantikan dilaksanakan di Aula STIKes Muhammadiyah Ciamis,...

Petani Gerba Ciamis Masih Pakai Kerbau untuk Bajak Sawah, Ini Alasannya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Di era modern ini, para petani di Desa Gerba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, masih memanfaatkan kerbau untuk membajak sawah. Bukannya tak...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya