Selasa, Juni 18, 2024

Petani Gerba Ciamis Masih Pakai Kerbau untuk Bajak Sawah, Ini Alasannya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Di era modern ini, para petani di Desa Gerba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, masih memanfaatkan kerbau untuk membajak sawah. Bukannya tak ingin mengikuti perkembangan zaman, namun ada keyakinan petani kalau menggunakan kerbau tanah lebih subur dan juga bebas polusi.

“Ya tidak ada salahnya kami masih menggunakan kerbau untuk mengolah sawah. Kalau pakai kerbau tanah lebih subur dan juga bebas polisi, ujar Ahmad (75), petani di blok Sawah Lungguh, Jumat (17/5/2024).

Ahmad menyebut, kesuburan tanah saat dibajak menggunakan kerbau sudah terbukti selama ini. Para petani merasakan manfaat tersebut. Terlebih, kotoran kerbau pun dianggap dapat menjadi pupuk organik.

“Hanya memang kalau pakai kerbau waktunya sedikit lebih lama dari traktor. Tapi kalau pakai traktor dapat menghambat pertumbuhan tanaman padi karena pemadatan. Semua ada kelebihan dan kekurangan,” ucapnya.

Empi (78) petani lainnya mengaku biasa menggunakan jasa kerbau untuk membajak sawahnya saat musim tanam tiba.

“Ya kalau saya memang setiap musim tanam selalu pakai kerbau untuk membajak. Hasilnya selama ini sangat bagus saat panen,” jelasnya.

Menurutnya, membajak sawah dengan kerbau merupakan tradisi lama. Tidak ada salahnya ia berupaya mempertahankan tradisi tersebut.

“Kalau membajak sawah pakai kerbau bisa lebih teliti, terutama kalau ada sampah seperti plastik jadi bisa langsung dibersihkan. Kalau pakai traktor, sampah itu akan langsung tertimbun,” pungkasnya. (Andra/CN/Djavatoday)

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...

Idul Adha di Momen Hari Jadi Ciamis, Ini Pesan Pj Bupati Engkus

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan warga Ciamis melaksanakan salat Idul Adha di Alun-alun Ciamis, Senin (17/6/2024). Momen Idul Adha kali ini menjadi lebih spesial karena...

Mengenal Batu Palinggih di Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Tempat Melantik Raja Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu di Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, dipercaya peninggalan Kerajaan Galuh yang dinamakan Palinggih. Konon batu tersebut dulunya menjadi tempat...

Diduga Korsleting Listrik, Pabrik Makanan Ringan di Kawali Ciamis Hangus Terbakar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pabrik makanan ringan di Dusun Pari, Desa Linggapura, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, hangus terbakar. Penyebab kebakaran diduga dari korsleting listrik. Kebakaran...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya