Senin, April 29, 2024

Curug Gomblang Banyumas, Berikut Informasi Lengkapnya!

Curug Gomblang Banyumas merupakan sebuah destinasi wisata alam yang menyajikan keeksotisan air terjun dan keasrian alam. Berlokasi di kaki Gunung Slamet, objek wisata ini pastinya memiliki udara yang bersih dengan hawa sejuk yang menciptakan suasana menenangkan. Cocok menjadi tempat untuk healing atau refreshing bersama keluarga ataupun teman saat hari libur tiba. Tak hanya cocok menjadi tempat untuk bersantai, tempat ini juga pas menjadi pilihan untuk camping dan outbound, lho. 

Objek wisata alam ini pertama beroperasi pada tahun 2016 lalu dengan fasilitas yang belum selengkap sekarang. Meskipun begitu, wisatawan sudah banyak yang berkunjung ke sana karena tertarik dengan pesona alam curug ini. Melihat potensi wisata yang besar, pengelola (KPH Banyumas Timur dan LMDH Desa Kalisalak) akhirnya mulai memperbaiki tata kelolanya setahun kemudian. Kini, curug ini seolah memiliki ‘wajah baru’ untuk memanjakan para wisatawan yang datang.

Seperti apa Curug Gomblang Banyumas sekarang? Berapa harga tiket masuknya? Simak uraian berikut ini untuk mengetahui informasi selengkapnya!

Daya Tarik Wisata Curug Gomblang Banyumas 

Jawa Tengah ternyata memiliki banyak potensi alam yang indah, salah satunya berada di Kabupaten Banyumas. Objek wisata ini menyuguhkan panorama air terjun yang mengalir deras menyusuri tebing berbatu dari ketinggian sekitar 50 meter. Airnya yang jernih menciptakan buih putih saat mendarat dan membentuk kolam sebelum nantinya mengalir menjadi sungai kecil. Kolam tersebut cukup luas dengan kedalaman yang dangkal sehingga memancing wisatawan untuk bermain-main di sana.

Air terjun tersebut bernama Curug Gomblang Banyumas yang berada tepat di kaki Gunung Slamet. Keasrian alamnya pun begitu terasa dengan pemandangan vegetasi hijau yang menghiasi megahnya tebing. Juga pada pepohonan yang rindang melingkari area air terjun. Bebatuan yang sebagian basah karena terhampar di bawah air terjun dan kolamnya juga membuat panoramanya makin eksotis.

Fakta bahwa air terjun ini berada dalam hutan yang terawat membuatnya bak surga tersembunyi. Meskipun butuh perjuangan yang cukup panjang untuk sampai pada lokasi utamanya, lelahnya wisatawan akan terbayarkan. Panorama dan suasana curug yang fantastis begitu indah dan menyegarkan.

Aktivitas Seru di Curug Gomblang Banyumas 

Menghirup udara segar sembari menikmati keindahan Curug Gomblang Banyumas memang menjadi aktivitas utama para wisatawan. Namun, tak hanya itu lho yang bisa Sobat Djava lakukan saat berlibur di objek wisata ini. Anda bisa melakukan photo hunting untuk mendapatkan gambar terbaik dari potret alam ini. Spot bebatuan di depan air terjun tak jarang menjadi spot favorit wisatawan untuk berfoto.

Beberapa spot foto lain yang instagramable pun tersedia. Salah satunya adalah dek foto yang berada sedikit jauh dari titik air terjun, bahkan berada di atas air terjun. Dari spot ini Anda dapat melihat lanskap pegunungan yang memesona dan pemandangan air terjun dari angle atas. Selaim berfoto, wisatawan juga biasanya membawa kursi lipat dan duduk bersantai di dek tersebut, lho.

Spot foto Curug Gomblang Banyumas lainnya adalah ayunan yang berada di atas kolam tepat dekat dengan air terjun. Setelah berburu spot foto, Anda bisa mendirikan sebuah tenda dan berkemah di area pohon pinus dan jati yang teduh. Area ini juga tak kalah eksotis sehingga sering kali menjadi spot foto wisatawan. 

Objek wisata alam ini juga menyediakan ragam fasilitas outbound, lho. Mulai dari yang menantang seperti flying fox dan arung jeram hingga fun outbound lainnya. Wisatawan juga bisa mengadakan gathering dan menciptakan permainan tradisional sendiri bersama rombongannya. Seru, bukan?

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Wisata Curug Gomblang Banyumas berlokasi di Dusun III, Kalisalak, Kec. Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53152. Berjarak sekitar 19 kilometer dari pusat Kota Purwokerto dengan akses jalan yang baik. Jalan menuju lokasinya sudah beraspal meskipun cukup sempit. Sepanjang jalan juga penuh dengan pemandangan eksotis dari pepohonan yang rindang.

Setelah sampai di area parkie, Sobat Djava harus melanjutkan perjalanan ke air terjun dengan berjalan kaki. Jangan khawatir karena akses jalannya sudah tertata baik. Anda akan menuruni sekitar 100 anak tangga dan jalan setapak. Tetap berhati-hati saat menempuh perjalanannya, ya!

Sebelum Sobat Djava berkunjung, ketahui terlebih dahulu harga tiket masuk ke Curug Gomblang Banyumas. Melansir laman Instagram resminya (@curuggomblang), objek wisata ini mematok biaya masuk sebesar Rp10.000 per orang. Dengan tambahan biaya parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Jika ingin berkemah, siapkan uang tambahan sebesar Rp20.000 per orang. 

Fasilitas dan Jam Operasional

Beberapa fasilitas yang bisa Anda temui adalah area parkir kendaraan, toilet, gazebo, warung-warung makanan, spot foto, hingga berbagai wahana outbound. Area camping juga tersedia dengan banyaknya lampu penerangan aesthetic. Adapun jam operasional Wisata Curug Gomblang Banyumas adalah pukul 07.30-17.00 WIB setiap hari. Sementara itu, area berkemahnya tetap beroperasi selama 24 jam setiap hari. (Risma/Djavatoday)

Umbul Pelem Waterpark, Bebas Renang Tanpa Kaporit

Umbul Pelem Waterpark merupakan sebuah objek wisata berupa taman air dengan banyak kolam renang tanpa kaporit. Airnya bersumber dari mata air alami yang menyebarkan...

Raffana Riverside Camp, Syahdunya Bermalam di Tepi Sungai

Raffana Riverside Camp merupakan sebuah pusat glamping dan camping dengan konsep bermalam di tepi sungai. Tempat ini cukup luas dan mampu menampung hingga 200...

Umbul Kemanten Klaten, Pemandian Alami Paling Aesthetic

Umbul Kemanten Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian alami yang paling aesthetic. Tempat ini adalah spot berenang paling favorit karena memiliki air...

Wisata Banyu Bening Tinapan: Daya Tarik hingga Alamat

Wisata Banyu Bening Tinapan merupakan sebuah objek wisata alam dengan konsep desa wisata yang asri dan indah. Tempat ini menyuguhkan ragam kegiatan seru untuk...

Terpopuler

Lainnya