Minggu, Mei 26, 2024

Wisata Banyu Bening Tinapan: Daya Tarik hingga Alamat

Wisata Banyu Bening Tinapan merupakan sebuah objek wisata alam dengan konsep desa wisata yang asri dan indah. Tempat ini menyuguhkan ragam kegiatan seru untuk mengisi waktu berlibur. Mulai dari menikmati suasana perkampungan yang tenang dan asri, kolam ikan yang luas, sungai, hingga bendungan. Sobat Djava juga bisa menemui air terjun kecil, wisata edukasi budidaya hewan, dan edukasi berbagai kerajinan setempat.

Objek wisata ini berlokasi di Kabupaten Blora, sebuah kabupaten yang terkenal dengan kesenian tari barongan. Wisatawan juga bisa mengenal kesenian dan budaya lain dari kabupaten Blora lewat desa wisata ini. Mengajak teman atau keluarga untuk berlibur bersama akan menjadikan liburanmu lebih seru.

Sebelum berkunjung, sebaiknya Anda simak terlebih dahulu artikel ini hingga akhir. Kami akan memberikan ragam informasi penting, unik, dan menarik seputar Wisata Banyu Bening Tinapan. Anda bisa menjadikannya sebagai referensi. Yuk, simak uraian selengkapnya di bawah ini, Sobat Djava!

Daya Tarik Wisata Banyu Bening Tinapan 

Objek wisata ini merupakan sebuah desa wisata yang memadukan konsep alam yang indah dengan edukasi yang menggugah. Anda bisa merasakan keasrian nuansa perkampungan yang begitu tenang dan damai. Setiap sudutnya terlihat indah karena berlatarkan pemandangan alam seperti persawahan yang hijau sejauh mata memandang.

Beberapa daya tarik dari Wisata Banyu Bening Tinapan adalah kolam ikannya yang luas di tengah hamparan sawah yang memanjakan mata. Ikan-ikan berwarna oranye, putih, dan merah pun menambah daya tarik kolam ini. Ukuran kolamnya memang tidak begitu lias, tetapi bisa untuk Anda eksplor menggunakan perahu bebek.

Di atas kolamnya bisa Anda temui jembatan yang biasanya menjadi tempat bagi wisatawan untuk berswafoto. Tak jauh dari kolam, Anda bisa melihat beberapa gazebo dengan dinding yang sekaligus atap dengan bentuk segitiga sama kaki. Anda bisa bersantai sembari bersantap sembari memandang kolam dan hamparan sawah yang menyegarkan.

Bagi yang gemar memancing, Wisata Banyu Bening Tinapan juga menyediakan fasilitasnya. Eksplorasi lebih jauh lagi, Anda akan menemukan air terjun kecil bernama Air Terjun Kedung Banggi. Meskipun kecil, air terjun ini termasuk unik karena berada tepat di tepi sawah. Desa wisata ini juga menyimpan potensi alam lain yang bisa Anda eksplorasi, yakni sumber mata air dan goa.

Wisata Edukasi

Tak hanya cocok sebagai tempat bersantai dan menikmati alam, tempat ini juga pas bagi Anda yang gemar menambah wawasan. Ragam spot wisata edukasi pun tersuguh, salah satunya adalah edukasi budidaya ikan air tawar, seperti lele, patin, dan mujair. Sobat Djava juga bisa mengintip pembuatan keripik pisang, kesenian ukir kayu jati, hingga konservasi alam. 

Price List

Informasi penting yang tak boleh Anda lewatkan tentang Wisata Banyu Bening Tinapan adalah daftar harga tiketnya. Untuk yang ingin naik perahu bebek, siapkan uang sebesar Rp20.000, kolam pemancingan Rp25.000, edukasi budidaya ikan Rp35.000. Sementara untuk tiket masuk ke Air Terjun Kedung Banggi adalah Rp5.000, Kolam Arus Anak-anak Rp10.000 dan orientasi kampung Rp10.000.

Tersedia juga paket wisata keripik pisang sebesar Rp20.000, mata air Sendang Putri Rp10.000, mata air Sendang Banger Rp5.000. Untuk konservasi alam, biayanya adalah Rp25.000, sedangkan souvernir ukiran kayu jati Rp150.000. Harga ini bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pihak pengelola wisata.

Fasilitas dan Jam Operasional

Wisata Banyu Bening Tinapan memiliki berbagai fasilitas yang bisa Anda manfaatkan. Seperti area parkir kendaraan, toilet, musala, spot foto, wahana, gazebo, hingga spot pemandangan yang indah. Jam operasional objek wisata ini adalah mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 21.00 WIB setiap hari. Pastikan datang saat cuaca cerah agar pemandangan desa ini makin epik.

Alamat Lengkap Wisata Banyu Bening Tinapan 

Bagi Anda yang tertarik berkunjung ke desa wisata ini, arahkan kendaraan menuju Kabupaten Blora. Alamat lengkapnya adalah Desa Tinapan, Kec. Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58256. Hubungi nomor 0853-8552-1678 atau kunjungi Instagram @wbb_tinapan_blora untuk informasi lebih lanjut. (Rismawati/Djavatoday)

Curug Cipurut Purwakarta: Info HTM hingga Daya Tariknya

Curug Cipurut Purwakarta merupakan sebuah objek wisata berupa air terjun yang menyuguhkan keindahan alam memesona. Objek wisata ini juga menawarkan sensasi keasrian alam yang...

Wisata Rawa Pening Semarang: HTM, Fasilitas, Daya Tarik 2024

Wisata Rawa Pening Semarang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau alami yang luas. Danau ini berada pada cekungan atau lembah yang...

Umbul Siblarak Klaten, Kolam Luas Berenang Puas!

Umbul Siblarak Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian kolam renang yang airnya alami. Uniknya, bentuk kolam-kolamnya begitu luas sehingga mmebuat para wisatawan...

Rekomendasi Tempat Nongkrong Gratis dan Aesthetic di Jakarta!

Rekomendasi tempat nongkrong gratis bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi kamu yang ingin kongkow bersama teman di Jakarta. Tak hanya gratis, sederet tempat-tempat ini...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya