Kamis, Mei 30, 2024

Umbul Kemanten Klaten, Pemandian Alami Paling Aesthetic

Umbul Kemanten Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian alami yang paling aesthetic. Tempat ini adalah spot berenang paling favorit karena memiliki air sebening kaca dengan tampilan yang begitu indah. Lanskap persawahan dan pengairan dangkal menjadi salah satu daya tarik alamnya yang memesona. 

Berenang memang sering kali menjadi pilihan banyak wisatawan saat hari libur tiba. Menyegarkan kembali badan dengan berenang di dalam kolam yang airnya bersumber langsung dari mata air alami menjadi salah satu solusinya. Kabupaten Klaten pun tak jarang menjadi tujuan wisata pemandian karena memiliki banyak spot mata air yang akhirnya membentuk kolam. Tak heran jika kabupaten ini mendapatkan julukan sebagai Kota Seribu Mata Air.

Nah, bagi Sobat Djava yang ingin merasakan kesegaran air dengan pemandangan yang indah, umbul ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Agar momen liburanmu lancar, tak ada salahnya untuk mencari informasi penting tentang Umbul Kemanten Klaten sebagai referensi. Cara mencarinya mudah sekali, Sobat Djava. Anda cukup menyimak artikel ini hingga akhir.

Kami akan memberikan ragam informasi penting, unik, dan menarik tentang objek wisata ini untuk Anda. Mari simak selengkapnya dalam uraian berikut ini, Sobat Djava!

Cerita Unik Tentang Umbul Kemanten Klaten

Sebelum ke informasi pentingnya, kami akan memberikan informasi unik tentang objek wisata umbul ini. Menurut warga sekitar, penamaan umbul ini tak jauh dari legenda yang terjadi pada zaman dahulu. Konon, dulu terdapat sepasang pengantin baru yang melanggar aturan keluar rumah setelah Maghrib. Mereka menuju ke Umbul Kemanten Klaten  dan hilang di sana hingga kini, dari situ warga setempat menamai umbul ini dengan “kemanten” atau “manten yang berarti pengantin.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Objek wisata ini tidak mematok harga tiket masuk yang mahal, lho. Anda hanya perlu membayar Rp10.000 saja per orang untuk bisa berenang dan menikmati terapi ikan sepuasnya. Terdapat biaya parkir kendaraan sebesar Rp2.000 per unit motor dan Rp5.000 per unit mobil. Juga siapkan dana untuk toilet sebesar Rp2.000, penyewaan kacamata renang Rp50.000, dan penyewaan lainnya.

Informasi lain yang tak kalah penting tentang Umbul Kemanten Klaten adalah jam operasionalnya. Objek wisata alam ini beroperasi setiap hari, mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 18.00 WIB. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat pagi hari dengan kondisi cuaca yang cerah. Hindari datang saat menjelang sore agar waktu berenang bisa lebih lama.

Perlu Anda ingat bahwa harga tiket dan jam operasional ini bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pihak pengelola wisata. Untuk informasi lebih lanjut setiap saatnya, Anda bisa mengunjungi Instagram resminya @umbulmanten. 

Fasilitas dan Alamat Lengkap

Umbul Kemanten Klaten memiliki berbagai fasilitas umum yang lengkap dan memadai. Seperti area parkir kendaraan, loket pembayaran tiket, toilet, musala, hingga spot foto. Tersedia juga fasilitas saung atau gazebo tepat di tepian kolam yang nyaman dan rumah makan yang unik. Anda bisa menyantap hidangan lezat sembari duduk di kursi yang terletak di atas aliran air.

Selagi bersantap, Anda juga bisa menikmati pemandangan indah dari persawahan yang terhampar hijau sejauh mata memandang. Fasilitas kolam renang dan kolam terapi ikan pun bisa Anda dapatkan. Jangan lupa untuk mengeksplorasi tempat ini dan berburu spot foto kece, ya!

Jika Anda tertarik berlibur di Umbul Kemanten Klaten, arahkan kendaraan Anda menuju Kabupaten Klaten. Alamat lengkapnya adalah Jalan Janti Boto, Boto, Wunut, Kec. Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57482. Berjarak sekitar 19 kilometer dari pusat kota atau bisa Anda tempuh dalam waktu 40 menit hingga 1 jam perjalanan. 

Daya Tarik Umbul Kemanten Klaten

Umbul Kemanten Klaten adalah spot favorit wisatawan untuk berenang dalam jernihnya air yang sebening kaca. Anda bahkan bisa melihat dasar kolam yang berupa batuan kerikil kecil saking jernihnya. Uniknya, kolam alaminya berhiaskan akar-akar pepohonan besar yang berada di tepian kolam. Wisatawan pun terbiasa duduk bersantai di dahan akar pohon sembari mencelupkan kakinya ke dalam kolam.

Berenang dalam kolamnya akan menciptakan kesegaran pada tubuh karena airnya berasal dari mata air murni. Udara sejukpun bisa Anda rasakan karena berada di tengah asrinya alam berupa persawahan dan pepohonan rindang. Saung-saung dari kayu dan bambu yang bercirikan tradisional pun menambah keindahan tempat ini. Tak heran jika umbul ini disebut sebagai umbul yang paling aesthetic.

Selain berenang, Anda bisa melakukan aktivitas menarik lainnya di Umbul Kemanten Klaten. Seperti mencoba terapi ikan, melakukan sesi foto underwater, makan di restorannya yang unik, hingga berswafoto. (Rismawati/Djavatoday)

The Landen Lembang, Wisata Alam Gratis yang Eksotis!

The Landen Lembang merupakan sebuah objek wisata alam baru yang tidak memungut biaya tiket masuk, alias gratis. Objek wisata yang dulunya merupakan D'Ranch ini...

Embun Lawu Tawangmangu: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Embun Lawu Tawangmangu merupakan sebuah objek wisata populer di Karanganyar yang menyuguhkan keindahan lereng Gunung Lawu. Objek wisata ini menghadirkan beragam keseruan dengan banyaknya...

Umbul Brintik Klaten, Bisa untuk Terapi Kesehatan

Umbul Brintik Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian air yang sering menjadi tempat terapi kesehatan. Hal tersebut karena air yang terdapat di...

Curug Cipurut Purwakarta: Info HTM hingga Daya Tariknya

Curug Cipurut Purwakarta merupakan sebuah objek wisata berupa air terjun yang menyuguhkan keindahan alam memesona. Objek wisata ini juga menawarkan sensasi keasrian alam yang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya