Sabtu, April 27, 2024

Gunung Cilik Kaliurip: Info HTM hingga Lokasi

Gunung Cilik Kaliurip merupakan sebuah objek wisata alam berupa bukit berbentuk kerucut dan berukuran kecil. Ukurannya yang kecil itulah membuat masyarakat sekitarnya menyebut bukit ini dengan sebutan ‘Gunung Cilik’. Tak hanya memiliki bentuk yang unik, pemandangan alam yang tersaji dari bukit ini juga begitu menarik. Sobat Djava bisa menikmati keindahan Gunung Sindoro, Gunung Kembang, Gunung Sumbing, perkebunan, teh, dan masih banyak lagi potret memesona lainnya.

Panorama alamnya sungguh memanjakan mata, pun dengan udaranya yang sejuk khas pegunungan Wonosobo. Tempat ini cocok untuk Sobat Djava yang gemar hiking, camping, healing, ataupun hunting foto. Letaknya yang berada di antara objek wisata alam populer lainnya juga menjadikan tempat ini strategis. Penasaran di mana alamat lengkapnya? Simak selengkapnya dalam uraian berikut ini, ya!

Daya Tarik Gunung Cilik Kaliurip 

Ingin healing dan berlibur di tempat yang sejuk dengan pemandangan alam yang hijau sejauh mata memandang? Gunung Cilik Kaliurip bisa menjadi pilihan terbaik. Objek wisata yang berada pada ketinggian 1.550 meter di atas permukaan laut ini membuat wisatawan bisa memandangi alam secara 360 derajat. Dari tiap sisinya, berbagai keindahan begitu nyata terlihat, membuat tubuh dan pikiran bisa rileks untuk sejenak.

Tempat wisata alam yang berada di lereng Gunung Sindoro ini menyuguhkan gagahnya pesona Gunung Kembang dan Gunung Sumbing. Hamparan persawahan dan perkebunan teh bernama Kebun Teh Bedakah juga tak luput menjadi daya tarik yang eksotis. Hijaunya alam begitu tersusun rapi seperti sebuah lukisan, menjadikan pemandangan tersebut sebagai latar belakang foto adalah pilihan yang tepat.  Panoramanya makin menciptakan suasana syahdu ketika cuaca sedang mendung sehingga mengundang kabut yang menggantung.

Saat cuaca cerah, panorama alam Gunung Cilik Kaliurip tak kalah cantik. Kilauan sinar matahari yang menghunani area persawahan dan perkebunan teh begitu menyatu dengan birunya awan. Apalagi saat pagi hari, saat momen sunrise atau matahari terbit muncul di sisi Timur bumi. Saat senja pun tempat ini terlihat romantis dengan pemandangan langit jingga dan semilir angin sejuk.

Saat malam hari, pesona alamnya juga masih terpancar, dengan hamparan citylight juga taburan bintang di cakrawala. Anda bisa menikmati tiap inci keindahan alamnya dengan duduk santai di puncak bukitnya. Bisa juga di sepanjang track menuju puncak yang biasanya menjadi area untuk berkemah.

Camping, Hunting, dan Healing

Gunung Cilik Kaliurip merupakan tempat yang cocok menjadi spot healing, baik sendiri maupun bersama teman. Pemandangannya yang indah bak lembah di negeri dongeng dengan udara yang sejuk berhasil menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Terbukti dengan banyaknya potret wisatawan yang mengabadikan momennya dengan berswafoto lalu mengunggahnya ke media sosial. Hunting foto di objek wisata ini memang sangat recommended, hasil fotonya pasti akan instagramable.

Objek wisata ini juga menyediakan area untuk berkemah, baik di puncaknya atau area track yang sudah tersedia. Anda bisa memilih ingin mendirikan tenda di sisi mana sesuai dengan pemandangan apa yang ingin Anda lihat. Menarik, bukan? Sembari menunggu malam tiba, Sobat Djava bisa bersantai menikmati panorama indahnya alam. Biasanya spot ayunan yang terbuat dari ban yang terletak tepat di bawah pohon rindang menjadi spot favorit wisatawan. 

Harga Tiket Masuk Gunung Cilik Kaliurip

Sobat Djava, tak perlu mahal-mahal untuk bisa healing di Gunung Cilik Kaliurip. Cukup dengan Rp10.000 per orangnya maka Anda bisa mengeksplorasi keindahan tempat ini. Bahkan untuk anak-anak hanya perlu membayar Rp5.000 saja. Terdapat tambahan biaya parkir Rp.3000 untuk kendaraan bermotor. 

Sementara itu, biaya berkemahnya adalah Rp15.000 per orang. Harga ini bisa saja berubah-ubah tergantung kebijakan pengelola wisata. Untuk update informasi, kunjungi laman Instagram resminya, yakni @gunungcilik_kaliurip atau hubungi nomor 088225320542. 

Fasilitas, Jam Operasional, dan Lokasi

Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, Anda sudah bisa menikmati beberapa fasilitas Gunung Cilik Kaliurip. Seperti area parkir kendaraan, akses air bersih, toilet, dan musala. Area ini masih minim warung makan, jadi kami rekomendasikan untuk membawa perbekalan terutama air minum saat berkunjung ke sana. Catat jam operasionalnya, yakni mulai buka pukul 07.00-17.00 WIB setiap hari dan 24 jam untuk camp area.

Lokasi objek wisata ini terletak di Jl. Gunung Cilik Kaliurip, Area Gn., Damarkasiyan, Kec. Kertek, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56371. Berdekatan dengan Telaga Bedakah dan Kebun Teh Bedakah. Akses jalannya cukup bagus, tetapi sedikit terjal mendekati area parkirnya. Saat tiba, Anda masih harus mendaki ke puncak bukitnya dengan berjalan kaki sekitar 10-15 menit.

Gunung Cilik Kaliurip Wonosobo akan lebih nyaman Anda kunjungi saat pagi dan sore hari. Saat siang hari, matahari akan terasa terik. Jangan lupa membawa perbekalan dan kamera terbaikmu untuk mengabadikan momen, ya! (Ris/Djavatoday)

Raffana Riverside Camp, Syahdunya Bermalam di Tepi Sungai

Raffana Riverside Camp merupakan sebuah pusat glamping dan camping dengan konsep bermalam di tepi sungai. Tempat ini cukup luas dan mampu menampung hingga 200...

Umbul Kemanten Klaten, Pemandian Alami Paling Aesthetic

Umbul Kemanten Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian alami yang paling aesthetic. Tempat ini adalah spot berenang paling favorit karena memiliki air...

Wisata Banyu Bening Tinapan: Daya Tarik hingga Alamat

Wisata Banyu Bening Tinapan merupakan sebuah objek wisata alam dengan konsep desa wisata yang asri dan indah. Tempat ini menyuguhkan ragam kegiatan seru untuk...

Pijar Park Kudus, Spot Healing di Tengah Hutan Pinus

Pijar Park Kudus merupakan sebuah objek wisata alam yang memadukan konsep bumi perkemahan, kafe outdoor, hingga wahana outbound. Tempat ini cocok menjadi spot healing...

Terpopuler

Lainnya