Selasa, April 30, 2024

Forum Silaturahmi Pondok Pesantren Ciamis Canangkan Penanaman Bibit Alpukat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Ciamis mencanangkan penanaman bibit alpukat saat pengukuhan pengurus FSPP, Selasa (17/1/2023). Gerakan penanaman pohon alpukat ini dilakukan di seluruh pesantren di Ciamis.

Ketua FSPP Ciamis KH Nonop Hanafi menuturkan tagline penanaman bibit alpukat ini adalah Kiai Peduli Alam Berseri.

“Kami mencanangkan penanaman bibit pohon alpukat di pesantren Ciamis dengan tagline Kiai Peduli Alam Berseri,” ujar KH Nonop Hanafi.

Nonop mengatakan gerakan penanaman alpukat ini tujuannya untuk menumbuhkan pemberdayaan ekonomi pesantren. Untuk menciptakan kemandirian ekonomi pesantren, alpukat punya potensi besar. Pesantren Ciamis banyak yang melakukan budi daya peternakan, perikanan dan pertanian.

“Selain menumbuhkan pemberdayaan ekonomi pesantren juga dalam upaya mengatasi perubahan iklim yang drastis. Kami memulai gerakan kecil dengan penanaman alpukat,” ujar Ketua Forum Silaturahmi Pondok Pesantren yang juga Pimpinan Ponpes Miftahul Huda 2 Bayasari.

Dalam kegiatan ini, FSPP Ciamis mendapat dukungan langsung dari Bupati Ciamis Herdiat Sunarya untuk ketersediaan bibit alpukat.

“Terima kasih atas dukungan Bupati Ciamis dalam hal penyediaan bibit alpukat,” ucapnya.

Nonop berharap, Forum Silaturahmi Pondok Pesantren Ciamis bisa menjembatani program agribisnis Pesantren. Sehingga dapat meningkatkan ketahanan pangan. Sekaligus upaya mewujudkan kemandirian ekonomi pesantren.

“Gerakan penanaman pohon alpukat ini rencananya seluruh pesantren Ciamis, tapi sekarang secara baru 60 pesantren, bertahap,” kata Nonop. (CN/Djavatoday)

Rowo Jombor Klaten, Nikmati Kuliner di Warung Apung

Rowo Jombor Klaten merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau dengan konsep wisata kuliner. Setiap wisatawan bisa menikmati keindahan danau atau rawa...

Curug Pinang Baturraden, Nyaman untuk Piknik dan Barbekuan!

Curug Pinang Baturraden merupakan salah satu objek wisata yang meramaikan khazanah pariwisata Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan air terjun dengan...

PSGC Ciamis Raih Tiga Poin Pertama Usai Kandaskan Persitara 3-1

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis menang atas Persitara Jakarta Utara dengan skor meyakinkan 3-1 dalam pertandingan pertama grup G Liga 3 Nasional. Pertandingan digelar...

Upaya Pemkab Ciamis Dorong Sektor Pariwisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna meninjau dua lokasi wisata unggulan di Kabupaten Ciamis yakni Situ Wangi dan Situ Lengkong Panjalu. Hal...

Terpopuler

Lainnya