Kamis, Mei 23, 2024

Curug Pinang Baturraden, Nyaman untuk Piknik dan Barbekuan!

Curug Pinang Baturraden merupakan salah satu objek wisata yang meramaikan khazanah pariwisata Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan air terjun dengan penataan tempat yang rapi sehingga cocok menjadi spot untuk piknik. Tempatnya yang adem dan asri meskipun berada tepat di tepi jalan juga membuat suasananya cocok untuk kumpul bersama sambil barbekuan. 

Kabupaten Banyumas memang memiliki banyak objek wisata alam berkat topografinya yang berupa pegunungan dan dataran tinggi. Salah satu kawasan yang menjadi pusat wisata alam di kabupaten ini adalah Baturraden. Kawasan memiliki banyak pilihan objek wisata alam dengan pemandangan yang memanjakan mata.

Bagi Sobat Djava yang ingin menikmati suasana alam yang tenang tanpa hiruk-pikuk perkotaan, kawasan Baturraden bisa menjadi destinasi yang pas. Salah satu tempatnya adalah Curug Pinang Baturraden yang akses jalannya sangat mudah karena berada di tepi jalan raya. Sangat cocok untuk Anda yang tak ingin lelah berjalan jauh.

Agar pengalaman berliburmu lebih seru, simaklah artikel ini selengkapnya sebagai acuan referensi. Kami akan memberikan ragam informasi yang penting dan menarik seputar air terjun ini. Mari simak penjelasan selengkapnya dalam uraian berikut ini.

Harga Tiket Masuk Curug Pinang Baturraden 

Untuk bisa menikmati keindahan alam air terjun ini, Anda tak perlu mengeluarkan banyak uang karena tiket masuknya pun terjangkau. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang dengan tambahan biaya parkir kendaraan. Kisaran besarannya adalah Rp3.000 per unit motor dan Rp10.000 per unit mobil. 

Tersedia juga penyewaan tikar dengan tarif sekitar Rp10.000. Objek wisata ini juga menyediakan fasilitas warung makan dengan harga yang affordable. Perlu Anda ingat bahwa harga-harga tersebut tidak bersifat permanen sehingga bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Fasilitas dan Jam Operasional

Curug Pinang Baturraden memiliki beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan saat berwisata. Seperti area parkir yang luas untuk kendaraan roda dua maupun roda empat, toilet, musala, dan warung makan. Terdapat juga para pedagang kaki lima yang biasa menjajakan jajanannya. Objek wisata air terjun ini juga memiliki fasilitas meja dan kursi dekat air terjun untuk bersantai serta area untuk piknik. 

Adapun jam operasional objek wisata ini adalah mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB setiap harinya. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat pagi hari dengan kondisi cuaca yang cerah. Sebaiknya Anda berkunjung saat awal musim hujan agar airnya lebih deras dan kolamnya masih bening.

Daya Tarik Curug Pinang Baturraden 

Setiap objek wisata tentu saja memiliki daya tarik masing-masing yang mampu memikat wisatawan untuk berkunjung. Begitu pula dengan objek wisata Banyumas bernama Curug Pinang Baturraden. Meskipun ketinggiannya tak lebih dari 10 meter, tetapi panoramanya tetap memanjakan mata. Saat alirannya deras, Anda bisa menemukan lebih dari satu aliran air terjun dengan warna air yang jernih. Jatuhan airnya akan membentuk kolam alami yang dari kejauhan akan berwarna hijau kebiruan, begitu cantik.

Kolam ini selanjutnya akan terus mengalir ke tempat yang lebih rendah dan membentuk sungai yang telah tertata rapi. Wisatawan biasanya memanfaatkan kolam dan aliran sungainya sebagai tempat untuk bermain air atau berenang. Kolam ini memiliki kedalaman yang berbeda hingga 5 meter sehingga wisatawan harus tetap berhati-hati. Apalagi jika mengajak anak-anak untuk bermain air. 

Pesona Curug Pinang Baturraden makin terlihat indah dengan kehadiran pohon-pohon dan tanamam hijau yang menyejukkan mata. Di area samping air terjun terdapat area luas untuk sekadar duduk-duduk di atas tikar sembari piknik cantik. Anda juga bisa memandangi air terjun dari area tersebut sembari duduk di kursi tersedia.

Agar lebih seru, cobalah untuk masak-masak atau barbekuan bersama teman. Jika tak ingin ribet, Anda bisa langsung memesan makanan dan camilan lezat di warung makannya. Ada menu mendoan, tahu isi, mie instan, nasi goreng, hingga berbagai minuman segar. 

Alamat Lengkap

Curug Pinang Baturraden berada 33 kilometer dari pusat kota Banyumas. Lebih tepatnya adalah Dusun II, Karangsalam, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151. Lokasinya tepat berada di tepi jalan sehingga memudahkan akses kendaraan. (Rismawati/Djavatoday)

Tarsum Pelaku Mutilasi Istri Dikembalikan ke Polres Ciamis Usia Jalani Observasi di RS Jiwa Cisarua

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sudah 14 hari sudah Tarsum pelaku kasus pembunuhan dan memutilasi istrinya di Ciamis menjalani rehabilitasi di RS Jiwa Cisarua Bandung. Tarsum...

HUT Kodam III Siliwangi, Kodim Ciamis Gelar Turnamen Sepakbola U-17 Dandim Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kodim 0613 Ciamis menggelar turnamen sepakbola U-17 Dandim Cup antar kecamatan. Turnamen ini digelar dalam rangka peringatan HUT ke 78 Kodam...

Pria Asal Tasikmalaya Diamankan Polres Ciamis gegara Curi Mobil Pajero Sport Milik Temannya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seorang pria berinisial YS (42) warga Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya kini harus mendekam di ruang tahanan Polres Ciamis. YS tega mencuri...

Dishub Ciamis Imbau Bus Studi Tur Dicek Kelaikan Pada H-1 Keberangkatan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perhubungan Ciamis mengimbau kepada sekolah dan PO Bus yang akan melaksanakan studi tur agar melakukan cek kelaikan bus pada H-1...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya