Minggu, Mei 19, 2024

Mahasiswa Queensland University Australia Belajar Budaya Warga Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Puluhan mahasiswa dari Queensland University Australia dan Institut Teknologi Bandung berkunjung ke Kabupaten Ciamis, Jawa Barat dalam rangka program International Virtual Course. Mereka berada di Ciamis selama hari dari tanggal 3-5 Desember 2022.

Program ini untuk memperluas pengetahuan mahasiswa serta mempersiapkan mahasiswa untuk terjun ke masyarakat. Ini juga bagian dari mata kuliah manajemen konflik dan multibudaya.

Sebanyak 35 orang mahasiswa yang berasal dari Institut Teknologi Bandung dan The University of Queendsland, Australia akan melakukan penelitian.

Pada hari pertama (3/11/2022) rombongan mahasiswa datang ke Ciamis. Lalu disambut di Plaza Kuliner, Tourism Information Centre. Para mahasiswa mendapat brosur dan buku mengenai pariwisata Ciamis. Lalu mahasiswa Queensland University Australia berwisata ke Cadas Ngampar menggunakan bus wisata Gatrik.

“Terlihat mereka sangat menikmati kegiatan tersebut. Setelah selesai, seluruh mahasiswa menuju Sakola Motekar,” ujar Ketua BP2D Ciamis Endang Haris Juanda.

Pada hari kedua, para mahasiswa senam pagi di Sakola Motekar bersama masyarakat Desa Sukajadi Minggu (4/12/2022).

Setelah itu, pada mahasiswa mengikuti berbagai kegatan seperti memilah sampah, bermain permainan tradisional seperti egrang, perepet jengkol, paciwit ciwit lutung dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, terdapat juga Pasar Kinanti yang menyajikan ragam kreasi panganan tradisional dengan kemasan sajian yang ramah lingkungan. Pasar Kinanti ini ada setiap 5 minggu sekali pada Hari Minggu Wage.

Pada siang hari, peserta diajak untuk Ngobeng atau Ngubyag yang merupakan tradisi menangkap ikan secara massal. Sejumlah mahasiswa dari Queensland University Australia, ikut masuk kolam menangkap ikan bersama warga.

“Pada hari terakhir, Senin, para mahasiswa diajak untuk berkebun dan kemudian menuju ke pusat kota, Alun-alun Ciamis,” kata Endang.

Dengan adanya program ini, Endang berharap dapat memperkenalkan pariwisata dan ekonomi kreatif Ciamis ke masyarakat luas baik lokal ataupun mancanegara serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Ciamis. (Ayu/CN/Djavatoday)

Jelang Pilkada 2024, Aktivis Ciamis Dorong Bawaslu Pilih Anggota Panwascam yang Berkualitas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Aktivis Peduli Ciamis Eka Muntaha mendorong Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ciamis memilih anggota Panwascam yang berkualitas. Tidak boleh ada peserta yang...

Bangunan Laboratorium IPA SMP di Pamarican Ciamis Ambruk

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Atap bangunan laboratorium IPA SMP Negeri 1 Pamarican, Kabupaten Ciamis, ambruk. Peristiwa itu terjadi ketika siswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar, Jumat...

Ini Lawan PSGC Ciamis di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSSI telah melakukan drawing atau pembagian grup babak 16 besar Liga 3 Nasional. PSGC Ciamis masuk dalam grup 2 bersama Persiku...

KPU Ciamis Lantik 135 PPK untuk Pilkada 2024, Sebanyak 70 Persen Wajah Lama

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- KPU Ciamis melantik 235 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertugas untuk Pilkada 2024. Pelantikan dilaksanakan di Aula STIKes Muhammadiyah Ciamis,...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya