Kamis, Mei 16, 2024

Angka Pengangguran Ciamis Turun 0,6 Persen Meski Pandemi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Angka pengangguran Ciamis, Jawa Barat, turun 0,6 persen dari sebelumnya 38.425 orang. Saat ini tahun 2021 jumlah pengangguran sebanyak 33.961 orang atau turun 4.464 orang.

“Meski pandemi, tingkat pengangguran terbuka Ciamis turun sebesar 0,6 persen,” ujar Nonok Nurlina, Kabid Penempatan Kerja dan Transmigrasi Disnaker Ciamis, Selasa (19/7/2022).

Pemkab Ciamis terus berupaya menyalurkan para pencari kerja guna mengurangi angka pengangguran. Salah satunya melakukan kerja sama dengan berbagai perusahaan luar daerah.

“Kami terus berupaya menyalurkan pencari kerja. Sudah kerja sama dengan beberapa perusahaan, seperti Nabati, perusahaan Garmen, IPG dan lainya,” ungkap Nonok.

Teknis dalam penyaluran para pencari kerja mulai dari menginformasikan adanya lowongan kerja. Baik melalui media sosial maupun papan pengumuman kantor. Selanjutnya pelamar menghubungi pihak Disnaker Ciamis agar mendapat pendampingan dan penyaluran. Namun ada beberapa persyaratan seperti memiliki kompetensi yang sesuai dengan lowongan kerja.

“Tapi untuk rekrutmen dan tes itu merupakan kewenangan perusahaan. Kami hanya melakukan pendampingan sampai perusahaan menerima dan penandatanganan kontrak,” jelasnya.

Pemkab Ciamis tentunya terus berupaya agar angka tenaga kerja terus berkurang. Selain menyalurkan, juga menggelar pelatihan kerja dengan arah dapat membuka usaha sendiri atau wirausaha. Seperti montir, tata boga, menjahit hingga kursus kecantikan.

Nonok menyebut para pencari kerja Ciamis didominasi oleh lulusan SMK. Sampai dengan tahun 2022 ini, ada 6.067 pencari kerja yang mengajukan permohonan Kartu kuning (kartu pencari kerja).

“Pencaker kebanyakan lulusan SMK. Hanya ada sebagian yang lulusan SD, SMP, SMA dan sarjana,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Herdiat Sunarya Kembali Jadi Ketua PBVSI Ciamis, Prioritaskan Pembinaan Atlet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Herdiat Sunarya terpilih kembali sebagai Ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Ciamis masa bakti 2024-2028. Herdiat terpilih secara aklamasi melalui...

11 Desa di Kecamatan Panawangan Ciamis Berstatus Mandiri

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2024 Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, meningkat. Dari 18 desa, sebanyak 11 desa sudah berstatus mandiri. Sedangkan...

Raih Hasil Imbang Atas Persip Pekalongan 3-3, PSGC Ciamis Lolos ke 16 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com), - PSGC Ciamis lolos ke babak 16 besar Liga 3 Nasional. Dalam laga terakhir di grup 3, PSGC Ciamis berhasil mengimbangi...

Siswa SMA Informatika Ciamis Dapat Motivasi Kehidupan dari Dirut Pesona Kahuripan Angga Budi Kusuma

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan siswa SMA Informatika Ciamis mendapat motivasi kehidupan dari Dirut Pesona Kahuripan Angga Budi Kusuma. Motivasi dari pengembang rumah bersubsidi terbesar...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya