Rabu, Juni 19, 2024

11 Desa di Kecamatan Panawangan Ciamis Berstatus Mandiri

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2024 Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, meningkat. Dari 18 desa, sebanyak 11 desa sudah berstatus mandiri. Sedangkan 7 desa sisanya masih berstatus desa maju.

“Keberhasilan membangun desa ini berkat kolaborasi, sinergi dan kerja sama seluruh aparatur pemerintahan dari desa, kecamatan, kabupaten hingga provinsi. Terutama partisipasi masyarakat,” ujar Kusdinar, Camat Panawangan, Kamis (16/5/2024).

Kusdinar menargetkan pada tahun 2025, IDM Kecamatan Panawangan terus meningkat hingga seluruhnya berstatus desa mandiri.

Untuk itu, Kusdinar mengajak semua pihak untuk terus kompak antara kepala desa dan masyarakat serta stakeholder selalu mengadakan dialog. Paling tidak setiap tiga bulan sekali karena untuk naik status itu perlu proses.

Kusdinar berharap melalui kegiatan dialog tersebut dapat memperkuat kinerja pembangunan. Juga mengevaluasi apa yang menjadi kekurangan di desa.

“Untuk mencapai target di tahun 2025 semua desa menjadi status desa mandiri, kita terus melakukan kordinasi serta pembinaan pada setiap desa,” ungkapnya.

Kusdinar pun mengajak semua pihak untuk memperkuat pembangunan partisipatif yang mengarah pada perbaikan sistem pendampingan dan peningkatan kapasitas masyarakat.

“Termasuk memperkuat koordinasi, supervisi, monitoring, dan evaluasi. Untuk peningkatan desa mandiri, yakni dari segi sosial, ekonomi dan lingkungan ( ekologi),” jelas Kusdinar.

Pembinaan dilakukan pada semua desa, bukan saja yang masih bersetatus desa maju, tetapi desa yang sudah mandiri juga terus dilakukan pembinaan.

“Kita terus melakukan upaya pembinaan pada semua desa. Tidak hanya pada desa yang sudah berstatus mandiri,” pungkasnya. (Andra/CN/Djavatoday)

Masuk 3 Besar Penilaian Adminduk Prima Jabar, Ini Inovasi Disdukcapil Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah masuk 3 besar pada penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar, Disdukcapil Ciamis mempunyai beberapa inovasi pelayanan online. Adapun salah satu inovasi tersebut...

Keren, Disdukcapil Ciamis Masuk 3 Besar Lolos Penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Disdukcapil Ciamis, masuk 3 besar lolos penilaian dalam hasil seleksi administrasi Adminduk Prima Provinsi Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Ciamis,...

Bus dan Truk Kecelakaan di Ciamis, Arus Lalu Lintas Sempat Macet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah bus dan mobil truk terlibat kecelakaan di Tanjakan Cibeka, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut terjadi Selasa (18/6/2024) sekitar...

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya