Kamis, Mei 9, 2024

DKM Masjid Agung Pastikan Salat Idul Adha Digelar di Kawasan Alun-alun

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- DKM Masjid Agung Ciamis memastikan gelar Salat Idul Adha di halaman masjid atau kawasan Alun-alun Ciamis. Mengingat saat ini kondisi pandemi Covid-19 sudah mereda. Namun para jemaah yang hadir harus tetap menjaga protokol kesehatan.

“Ya, salat Idul Adha bisa kita laksanakan seperti biasanya. Kita laksanakan depan halaman masjid atau kawasan Alun-alun,” ujar Wawan S Arifien, Ketua DKM Masjid Agung Ciamis, Jumat (8/7/2022).

Wawan pun menyiapkan bagian dalam masjid untuk antisipasi saat turun hujan. Mengingat saat ini cuaca sedang tidak menentu.

“Jadi kalau hujan langsung pindah ke dalam masjid,” ungkapnya.

Untuk itu, Wawan meminta kepada para jemaah yang akan melaksanakan salat Idul Adha supaya tetap memakai masker. Pandemi Covid-19 sampai saat ini masih belum berakhir.

“Jemaah yang hadir biasanya sampai ribuan. Jadi meski outdoor kami harapkan agar tetap memakai masker,” ungkapnya.

Terkait dengan kurban, Masjid Agung Ciamis sampai saat ini DKM baru mendapat 2 sapi. Setiap tahun Masjid Agung Ciamis hanya menyembelih 2 sampai 3 ekor hewan kurban.

“Paling banyak biasanya setiap tahun 2 sampai 3 ekor saja,” katanya.

Untuk tata cara pelaksanaannya pada wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) saat ini, DKM akan mengikuti sesuai anjuran dari pemerintah. Salah satunya dari Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis.

“Kalau Masjid Agung Ciamis memang sudah punya tim penyembelih. Tapi untuk masjid daerah kami imbau oleh Juleha (juru penyembelih halal). Jadi yang belum koordinasi supaya secepatnya berkoordinasi ke Pemkab Ciamis, masih ada waktu,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Hasil Pemeriksaan Kejiwaan Pelaku Mutilasi Istri di Ciamis Dirujuk ke RS Jiwa Cisarua

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polisi telah melakukan pemeriksaan kejiwaan terhadap Tarsum (41), pelaku pembunuhan dan pemutilasi istrinya. Periksaan kejiwaan dilakukan oleh dokter Andi Fatimah spesialis...

Warga Gunungcupu Ciamis Geger Temukan Mayat Lansia Mengambang di Kolam Ikan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga Gunungcupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, geger dengan penemuan mayat lansia perempuan tanpa identitas. Warga menemukan mayat lansia itu mengambang di...

Hebat! 95 Lulusan SMA Negeri 1 Ciamis Diterima di Perguruan Tinggi Negeri

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 95 Siswa SMA Negeri 1 Ciamis tahun 2024 berhasil masuk perguruan tinggi negeri favorit. Mereka masuk melalui jalur Seleksi Nasional...

Festival Literasi dan Numerasi Sukses Digelar Kampus Mengajar di SDN 2 Imbanagara

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Festival Literasi dan Numerasi Sukses digelar Kampus Mengajar di SDN 2 Imbanagara Ciamis, pada Selasa, 7 Mei 2024. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL),...

Terpopuler

Lainnya