Selasa, April 30, 2024

Permohonan AK1 di Ciamis Meningkat Pasca Idul Fitri

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sekretaris Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Ciamis Dase Fadlil Yusdi Mubarak mengatakan Pasca hari raya Idul Fitri 1443 permohonan pembuatan Kartu Kuning (AK1) di Kabupaten Ciamis meningkat drastis.

“Ada peningkatan pemohon AK1 dari masyarakatCiamis pasca lebaran, untuk hari pertama hari Senin kemarin saja 109 pemohon,” kata Dase, Selasa (10/5/2022)

Dase menjelaskan, memang pasca hari raya Idul Fitri perusahaan banyak yang membuka penerimaan pekerja. Karena, ada beberapa tenaga kerja yang tidak kemabali lagi ke perusahaan pasca libur hari raya.

Seiring meredanya Covid19 perusahaan-perusahaan pun membuka kembali penerimaan tenaga kerja. Dase menuturkan pihaknya telah melakukan langkah komunikasi dengan beberapa perusahaan.

“Kita sudah berkomunikasi dengan sejumlah perusahaan, seperti salahsatunya PT Chang Sin di wilayah Garut. Kemudian perusahaan yang ada di Ciamis seperti PT KBN dan Alba. Perusahaan-perusahaan tersebut tengah membuka lowongan kerja,” kata Dase.

Dase menuturkan, untuk para pencari kerja, di Wilayah Ciamis pun banyak perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Hanya masalahnya pada nominal upah.

Upah Minimum Regional (UMR) Ciamis sendiri saat ini masih di angka RP 1.897.867. Kendati demikian Dase menjelaskan jika melihat dari nominal memang masih jauh dari wilayah industri besar lainnya.

“Jika mengukur nominal, kita juga harus mengukur perbedaan kebutuhan hidup kota besar dan kota kecil, kondisinya berbeda. Memang UMR Kota-kota besar terkesan menjanjikan namun kebutuhan pengeluarannya juga besar. Sedangkan Kota kecil dengan UMR lebih kecil kebutuhan hidupnya tidak terlalu besar. Jika mengacu pada nominal UMR Ciamis saat ini seharusnya cukup untuk biaya hidup,” papar Dase.

Dase mengatakan, pelayanan permohonan AK1 untuk masyarakat Ciamis akan terus ditingkatkan. Seiring meredanya Covid19 perusahaan-perusahaan harusnya dapat kembali membuka lowongan-lowongan pekerjaan seluas-luasnya. (RMI/Djavatoday)

Rowo Jombor Klaten, Nikmati Kuliner di Warung Apung

Rowo Jombor Klaten merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau dengan konsep wisata kuliner. Setiap wisatawan bisa menikmati keindahan danau atau rawa...

Curug Pinang Baturraden, Nyaman untuk Piknik dan Barbekuan!

Curug Pinang Baturraden merupakan salah satu objek wisata yang meramaikan khazanah pariwisata Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan air terjun dengan...

PSGC Ciamis Raih Tiga Poin Pertama Usai Kandaskan Persitara 3-1

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis menang atas Persitara Jakarta Utara dengan skor meyakinkan 3-1 dalam pertandingan pertama grup G Liga 3 Nasional. Pertandingan digelar...

Upaya Pemkab Ciamis Dorong Sektor Pariwisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna meninjau dua lokasi wisata unggulan di Kabupaten Ciamis yakni Situ Wangi dan Situ Lengkong Panjalu. Hal...

Terpopuler

Lainnya