Selasa, April 30, 2024

Gaya Hidup Minimalis Ala Orang Jepang yang Bisa Buat Kamu Lebih Bahagia

Gaya hidup minimalis ala orang Jepang memang sangat populer di kalangan anak muda. Bagi mereka, slogan ‘less is more’ merupakan seni untuk menjalankan hidup.

Gaya hidup minimalis ini terinspirasi oleh ajaran Buddha, yang menekankan pentingnya kesederhanaan demi pikiran yang lebih tenang dan bahagia. Berikut gaya hidup minimalis ala orang Jepang yang bisa kamu tiru, antara lain :

Baca juga : Tips Rumah Terlihat Luas dengan Desain Kekinian

Tidak memiliki tempat tidur

Gaya hidup minimalis yang pertama adalah tidak memiliki tempat tidur berupa springbed ataupun tempat tidur yang terbuat dari kerangka kayu. Orang Jepang lebih memilih tidur di atas kasur bernama futon.

Kasur futon merupakan kasur tradisional Jepang yang mudah dilipat dan dirapikan. Selain bisa melestarikan warisan budaya nenek moyang, kasur futon juga dinilai lebih murah, efisien dan baik untuk kesehatan.

Punya pakaian secukupnya

Salah satu gaya hidup minimalis orang Jepang yang patut kita contoh yaitu memiliki pakaian secukupnya. Orang Jepang biasanya hanya memiliki beberapa pakaian sesuai kebutuhannya. Jadi tidak ada pakaian yang sama sekali tidak terpakai.

Ruangan hanya berisi meja dan kursi

Rumah orang Jepang biasanya tidak memiliki banyak perabotan. Ruangannya pun terkadang hanya berisi meja dan kursi, bahkan beberapa diantaranya hanya terisi meja dengan menggunakan bantal sebagai alas duduk.

Para penganut budaya minimalis memang mempunyai tujuan untuk menciptakan ruangan yang lebih luas dengan jumlah barang yang sedikit. Kondisi ruangan seperti ini juga bisa menghemat waktu untuk bersih-bersih.

Tidak memakai banyak alat makan

Orang Jepang memang menjunjung tinggi kesederhanaan. Kondisi ini bisa dilihat dari jumlah alat makan dan minum di rumah mereka. Jika di Indonesia, orang cenderung memiliki satu lusin piring, sendok dan gelas, orang Jepang hanya memiliki peralatan makan sesuai dengan jumlah anggota keluarganya saja.

Memiliki peralatan mandi minimalis

Orang Jepang juga memiliki peralatan mandi yang sederhana. Mereka cenderung tidak memiliki tempat sikat gigi khusus atau box untuk menaruh berbagai macam peralatan mandi.

Orang Jepang hanya menggunakan keperluan mandi sesuai kebutuhannya, jadi mereka tidak membutuhkan banyak ruang untuk menaruh barang yang tidak penting (Willy/Djavatoday)

5 Rok untuk OOTD, Bikin Tampilanmu Makin Anggun!

Rok untuk OOTD ini ada banyak macamnya loh. Kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan atau bentuk tubuhmu. Yang pasti look nya bikin kamu tampil lebih...

Cara Melakukan Double Cleansing untuk Menjaga Kulit Wajah dari Kerusakan

Melakukan double cleansing dengan benar dapat memastikan wajah bersih optimal usai beraktivitas seharian di luar ruangan. Setelah menjalani rutinitas yang padat, kamu bisa melakukan...

4 Tips Memakai Liptint agar Terlihat Natural dan Tahan Lama

Tips memakai liptint pada artikel kali ini akan membantumu tampil cantik seharian tanpa touch up berkali-kali. Liptint adalah salah satu jenis perias bibir yang...

Tips Mencukur Bulu Ketiak Agar Tak Mudah Iritasi

Tips mencukur bulu ketiak pada artikel kali ini akan sangat membantu menjaga kesehatan kulit ketiakmu. Banyak orang menyepelekan hal ini sehingga ketiak mudah iritasi....

Terpopuler

Lainnya