Kamis, Juli 11, 2024

5 Tips Berkebun di Rumah, Cocok untuk Pemula

Tips berkebun di rumah pada artikel kali ini cocok banget buat jadi patokan bagi kalian yang baru mau mulai berkebun. Kegiatan berkebun memiliki banyak manfaat kesehatan, baik itu kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Nah jika rumahmu memiliki lahan yang menganggur maka jadikanlah sebagai tempat untuk kamu berkebun.

Rumah yang memiliki kebun pribadi biasanya lebih adem dan sejuk karena dikelilingi oleh banyak tanaman. Kamu juga bisa menjadikan kegiatan ini sebagai hobi untuk mengisi waktu luang, lho. Nggak perlu bingung mau mulai dari mana, karena kami akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat hendak berkebun di rumah.

5 Tips Berkebun di Rumah

Berikut beberapa tips berkebun di rumah yang bisa kamu perhatikan untuk memulai hobi ini.

Pilih jenis tanaman

Tips berkebun di rumah yang pertama yaitu pilihlah jenis tanaman yang akan kamu rawat. Sebagai pemula, kamu bisa memilih jenis tanaman yang mudah dirawat seperti tomat, cabai, atau selada. Jika kamu termasuk orang yang menyukai bunga, kamu bisa mencoba memilih tanaman hias seperti bunga mawar, bunga matahari, calendula, dan sebagainya. Sebagai pertimbangan tambahan, kamu bisa menyesuaikannya dengan budget dan luas lahan yang kamu punya.

Siapkan lahan

Hal yang tak kalah penting dalam berkebun adalah lahan. Sebaiknya pilihlah lokasi lahan yang sesuai agar tanamanmu dapat bertumbuh dengan baik. Pastikan nantinya tanamanmu mendapatkan sinar matahari yang cukup dan tidak kekurangan air dalam tanah.

Jika halamanmu tidak begitu luas, kamu bisa mencoba tanaman hidroponik. Buatlah dirimu bebas menkreasikannya agar terlihat lebih menarik.

Siapkan alat berkebun

Tips berkebun di rumah yang berikutnya yaitu dengan mempersiapkan alat-alat yang kamu butuhkan untuk berkebun. Semakin lengkap alat yang kamu punya maka akan semakin baik. Beberapa alat yang dibutuhkan untuk berkebun di antaranya sekop atau cangkul, sarung tangan, selang atau penyiram tanaman, pot tanaman, bibit tanaman, dan barang lain yang dirasa perlu. Kamu bisa membelinya langsung di toko atau membelinya secara online

Pastikan tanamanmu mendapat air yang cukup

Selain paparan sinar matahari, air juga menjadi kebutuhan dasar bagi tanaman. Maka dari itu pastikan kamu menyiram tanaman sesuai dengan kebutuhan. Meski begitu, menyiram tanaman juga tidak boleh terlalu sering. Sebab, hal tersebut akan membuat tanaman manjadi layu.

Kamu juga bisa membuat sistem irigasi untuk tanamanmu. Hal ini dilakukan agar tidak ada genangan yang dapat mengakibatkan akar membusuk.

Kontrol hama dan gulma

Tips berkebun di rumah yang terakhir adalah dengan menjaga tanaman dari hama dan gulma yang mungkin bisa menjadi perusak tanamanmu. Di mana pun kamu menanam, hama dan gulma pasti akan selalu ada. Yang harus kamu lakukan yaitu dengan rajin mengontrolnya.

Usahakan periksa tanamanmu setiap pagi agar dapat mengetahui tanda-tanda kerusakan akibat hama dan gulma secara cepat. Jika sudah diketahui adanya tanda tersebut maka segeralah mengatasinya. Kamu juga bisa menggunakan obat anti hama untuk menjaga tanamanmu.

Demikianlah tips berkebun di rumah yang bisa kamu perhatikan sebelum mulai berkebun. Semoga artikel di atas dapat membantumu, ya. (Ume/Djavatoday)

Rekomendasi Lagu untuk Confess, Ungkapkan Perasaan dengan Cara yang Manis

Rekomendasi lagu untuk confess pada artikel kali ini akan membantumu untuk mengungkapkan perasaan kepada orang yang kamu sukai. Terkadang memang kita kebingungan tentang bagaimana...

5 Tips Belajar Gitar Secara Otodidak, Mudah dan Cepat Bisa

Tips belajar gitar sendiri akan sangat membantu buat kamu yang sedang belajar memainkan alat musik ini secara otodidak. Memainkan gitar memang memerlukan keterampilan khusus,...

5 Jenis Genre Musik yang Paling Sering Orang Indonesia Dengarkan

Jenis genre musik sebenarnya ada banyak sekali, loh. Setiap negara biasanya memiliki ciri khas dalam bermusik termasuk jenis genrenya. Nah pada artikel kali ini...

Tips Memilih Lipstik yang Aman dan Sesuai Kebutuhan

Sobat Djava, Lipstik adalah salah satu produk kecantikan yang paling populer dan digunakan oleh banyak orang untuk memberikan warna dan definisi pada bibir. Namun,...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Dirgahayu Bhayangkara
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Dirgahayu Bhayangkara

Terpopuler

Lainnya