Kamis, Februari 29, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Perbedaan Ngulik Zaman Now dan Old, Ini Kata Musisi Ciamis

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday),- Istilah Ngulik sangat fundamenal dalam kehidupan terutama bagi seorang musisi. Mendengarkan kemudian mempelajari lalu mengaplikasikanya. Hal tersebut diungkapkan Musisi Ciamis Iing Free Jack. Rabu (2/12/2020)

Bagi seorang musisi, kemampuan ngulik sedikit banyak menentukan kualitas dan bakat seseorang dalam bermusik. Meskipun tidak semua ditentukan oleh hal tersebut.

Bakat dalam bermusik bisa dilihat dari seberapa cepat seseorang menangkap aransemen musik baru. Kemudian memainkanya dengan persis baiknya, hanya dengan sekali atau tiga kali mendengarkan.

Baca Juga : Seniman Ciamis Manfaatkan Limbah Menjadi Karya Komersil

Iing mengatakan, saat ini banyak media untuk referensi belajar musik. Bahkan ngulik sebuah aransemen sampai sedetail cara memainkanya. Hampir setiap lagu ada tutorialnya di internet, musisi ciamis harus mampu memanfaatkan itu.

” Sekarang hampir setiap lagu ada tutorialnya di Youtube, gratis cuma pake kuota. Apalagi lagu-lagu zaman dulu yang abadi, sampai sekarang masih dimainkan oleh musisi generasi sekarang,” kata Iing.

Iing menjelaskan, zaman dulu, mempelajari satu lagu saja harus beli dulu kasetnya, itu zaman kaset pita. Harus punya Radiotapenya dulu, didengarkan berulangkali.

” Untuk bisa memainkan sebuah lagu, zaman saya dulu butuh usaha keras. Ga ada Internet Youtube zaman saya, jadi usahanya juga beda. Selain itu, membli alat musiknya juga sulit dan harga mahal,” ungkap Iing.

Iing menerangkan, sebagai musisi, yang memainkan alat musik gitar. Dia harus pergi ke Solo untuk menonton penampilan Gitaris Idolanya Yngwie Malmsteen. Untuk bisa tahu bagaimana caranya bermain gitar dengan melihat langsung.

” Sekarang tinggal buka internet, di Youtube Video tutorialnya sudah ada semua,” ungkap Iing.

Dengan demikian, Iing berpesan kepda generasi muda musisi Ciamis untuk benar-benar menekuni musik. Tidak ada alasan yang sulit, sekarang semua sudah dipermudah, tinggal kemauanya saja. (MM/Djavatoday)

Pemilihan Duta Baca Ciamis 2024, Upaya Tingkatkan Literasi Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis bekerja sama dengan Paguyuban Duta Baca Ciamis menggelar Pemilihan Duta Baca Ciamis tahun 2024. Kegiatan digelar...

6 Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan agar Ibadah Lebih Maksimal

Bulan suci Ramadhan menjadi momentum yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya oleh umat muslim. Menjalani puasa di bulan Ramadhan ialah ibadah yang memiliki keistimewaan yang besar....

Resmikan Masjid Al Marjani Cisaga, Wabup Ciamis Ajak Warga Memakmurkan Masjid

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra meresmikan Masjid Al Marjani di Desa Cisaga, Kecamatan Cisaga, Selasa (27/2/2024) malam. Dalam kesempatan itu,...

Kisah Inspiratif Daryaman, Pedagang Gorengan di Ciamis Raih Gelar Doktor

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Cerita inspiratif datang dari Daryaman (40), seorang pedagang gorengan di Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang menempuh pendidikan tinggi hingga meraih...
spot_img

Terpopuler

Lainnya