Kamis, Juli 18, 2024

Perbedaan Ngulik Zaman Now dan Old, Ini Kata Musisi Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday),- Istilah Ngulik sangat fundamenal dalam kehidupan terutama bagi seorang musisi. Mendengarkan kemudian mempelajari lalu mengaplikasikanya. Hal tersebut diungkapkan Musisi Ciamis Iing Free Jack. Rabu (2/12/2020)

Bagi seorang musisi, kemampuan ngulik sedikit banyak menentukan kualitas dan bakat seseorang dalam bermusik. Meskipun tidak semua ditentukan oleh hal tersebut.

Bakat dalam bermusik bisa dilihat dari seberapa cepat seseorang menangkap aransemen musik baru. Kemudian memainkanya dengan persis baiknya, hanya dengan sekali atau tiga kali mendengarkan.

Baca Juga : Seniman Ciamis Manfaatkan Limbah Menjadi Karya Komersil

Iing mengatakan, saat ini banyak media untuk referensi belajar musik. Bahkan ngulik sebuah aransemen sampai sedetail cara memainkanya. Hampir setiap lagu ada tutorialnya di internet, musisi ciamis harus mampu memanfaatkan itu.

” Sekarang hampir setiap lagu ada tutorialnya di Youtube, gratis cuma pake kuota. Apalagi lagu-lagu zaman dulu yang abadi, sampai sekarang masih dimainkan oleh musisi generasi sekarang,” kata Iing.

Iing menjelaskan, zaman dulu, mempelajari satu lagu saja harus beli dulu kasetnya, itu zaman kaset pita. Harus punya Radiotapenya dulu, didengarkan berulangkali.

” Untuk bisa memainkan sebuah lagu, zaman saya dulu butuh usaha keras. Ga ada Internet Youtube zaman saya, jadi usahanya juga beda. Selain itu, membli alat musiknya juga sulit dan harga mahal,” ungkap Iing.

Iing menerangkan, sebagai musisi, yang memainkan alat musik gitar. Dia harus pergi ke Solo untuk menonton penampilan Gitaris Idolanya Yngwie Malmsteen. Untuk bisa tahu bagaimana caranya bermain gitar dengan melihat langsung.

” Sekarang tinggal buka internet, di Youtube Video tutorialnya sudah ada semua,” ungkap Iing.

Dengan demikian, Iing berpesan kepda generasi muda musisi Ciamis untuk benar-benar menekuni musik. Tidak ada alasan yang sulit, sekarang semua sudah dipermudah, tinggal kemauanya saja. (MM/Djavatoday)

Calon Pengantin Diwajibkan Setor Tunas Kelapa, Begini Penjelasan Pemda Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pasangan calon pengantin di Kabupaten Ciamis, harus menyetorkan atau menanam tunas kelapa atau kitri saat akan melangsungkan pernikahan. Wacana itu dikeluarkan...

Rumah di Purwadadi Ciamis Terbakar Diduga Akibat Korsleting Listrik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah milik Supangat lansia berusia 60 tahun di Dusun Sukamulya, Desa Purwadadi, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, hangus terbakar. Peristiwa itu terjadi...

7 Jenis Aksesoris Wanita yang Bisa Bikin Kamu Curi Perhatian Banyak Orang

Jenis aksesoris wanita di bawah ini cocok banget buat menunjang penampilan kamu karena mampu mempercantik dengan menyelaraskan busana yang kamu kenakan. Dari ujung kaki...

Masih Sakit, Satu Jemaah Haji Ciamis Tidak Pulang ke Tanah Air

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Satu orang jemaah haji asal Kabupaten Ciamis dari kloter 53 JKS tidak pulang ke tanah air. Hal itu karena sakit dan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya