Rabu, Juni 19, 2024

5 Jenis Genre Musik yang Paling Sering Orang Indonesia Dengarkan

Jenis genre musik sebenarnya ada banyak sekali, loh. Setiap negara biasanya memiliki ciri khas dalam bermusik termasuk jenis genrenya. Nah pada artikel kali ini kita akan khusus membahas genre-genre musik yang populer di kalangan orang Indonesia.

Kata genre berasal dari bahasa Perancis yang memiliki arti tipe. Sementara itu, genre musik adalah perbedaan gaya dan bentuk musik dalam berbagai kategori. Kamu pasti pernah bertemu dengan orang yang memiliki selera musik yang sama denganmu atau juga yang sangat berbeda jauh denganmu.

Jadi sebenarnya ada apa saja sih genre musik yang sering kita dengarkan? Untuk memahami genre musik di Indonesia, mari kita simak artikel berikut.

Jenis Genre Musik di Indonesia

Berikut jenis genre musik yang populer di Indonesia.

Dangdut

Jenis genre musik yang pertama yaitu dangdut. Dangdut menjadi salah satu genre musik paling populer di Indonesia. Tak hanya itu, genre ini juga berasal langsung dari negeri kita tercinta, loh. Keunikan musik dangdut bisa membuat pendengarnya enjoy dan bergoyang dengan gembira. Bahkan, orang luar negeri pun menyukai genre dangdut.

Dangdut merupakan perpaduan antara musik dari film India dan Malaysia dan musik rock dari Barat. Perpaduan ini menghasilkan musik yang begitu apik dan sedap didengar. 

Reggae

Reggae merupakan aliran musik yang banyak penggemarnya. Musik bergenre reggae terkenal dengan alunannya yang pelan dan santai. Salah satu musisi aliran reggae yang terkenal yaitu Bob Marley.

Pada awalnya reggae berasal dari lagu ciptaan Toots and Maytals di Jamaika. Mereka memberi judul “Do the Reggae”. Hingga saat ini reggae semakin berkembang dan beberapa juga sudah tercampur genre lain seperti jazz, blues, dan genre lainnya.

Jazz

Jenis genre musik yang berikutnya yaitu jazz. Jenis musik ini paling kompleks dan butuh teknik yang tinggi dalam membawakannya. Seorang musisi jazz harus memiliki pengetahuan yang baik dalam harmoni musik, keterampilan komposisi, menciptakan lirik, dan lainnya.

Musik jazz biasanya memiliki ciri khas berupa suara bass, drum, atau saxophone yang mendominasi. Tak jarang, orang yang menyanyi dengan aliran jazz melakukan improvisasi terhadap lagu yang dibawakannya.

Pop

Sampai saat ini musik pop masih menjadi genre yang paling sering muncul. Musik pop lebih dipilih karena gayanya yang easy listening. Musik pop biasanya menceritakan tentang kisah cinta atau hubungan antar manusia. Musisi Indonesia dari aliran musik pop yang terkenal salah satunya adalah Tulus.

Rock

Jenis genre musik yang terakhir yaitu rock. Musik rock berasal dari Amerika Serikat dengan ciri khasnya yaitu ketukan yang keras dan kuat pada lagunya. Biasanya penggemar musik ini berasal dari kalangan muda-mudi.

Itulah beberapa jenis genre musik yang paling sering diputar atau didengarkan orang Indonesia. Kalau kamu paling suka genre yang mana, nih, Sob? (Ume/Djavatoday)

5 Tips Belajar Gitar Secara Otodidak, Mudah dan Cepat Bisa

Tips belajar gitar sendiri akan sangat membantu buat kamu yang sedang belajar memainkan alat musik ini secara otodidak. Memainkan gitar memang memerlukan keterampilan khusus,...

Tips Memilih Lipstik yang Aman dan Sesuai Kebutuhan

Sobat Djava, Lipstik adalah salah satu produk kecantikan yang paling populer dan digunakan oleh banyak orang untuk memberikan warna dan definisi pada bibir. Namun,...

5 Tips Berkebun di Rumah, Cocok untuk Pemula

Tips berkebun di rumah pada artikel kali ini cocok banget buat jadi patokan bagi kalian yang baru mau mulai berkebun. Kegiatan berkebun memiliki banyak...

Keunikan Alat Musik Kolotik Khas Ciamis yang Mendunia

Indonesia merupakan negara yang memiliki keragaman. Termasuk alat musik tradisonal khas daerahnya yang mendunia. Salah satunya adalah alat musik kolotik dari Ciamis yang begitu...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya