Minggu, Oktober 17, 2021

Chicken Katsu Curry Jepang dengan Resep Simpel untuk Keluarga

Chicken katsu curry merupakan salah satu hidangan khas Negeri Sakura Jepang yang berbahan dasar ayam dan tepung. Kata “Katsu” berasal dari bahasa Jepang yang berarti potongan. Biasanya, chicken katsu disebut juga dengan torikatsu atau tori panko.

Tak hanya di Jepang, chicken katsu juga populer diberbagai dunia, seperti Hawaii, Inggris, Amerika, dan negara Asia termasuk di Indonesia. Di Indonesia, chicken katsu biasanya dihidangkan dengan berbagai saus. Seperti mayonaise, saus original katsu Jepang, curry, dan lainnya. Namun, terkenal adalah chicken katsu curry.

Baca juga:

Penasaran seperti apa resep chicken katsu ala Jepang? Yuk, simak resepnya berikut ini.

Bahan-bahan Chicken Katsu Curry

Bahan chicken katsu:

Fillet dada ayam, lalu belah tipis (untuk 2 porsi)

Bahan marinasi:

Garam

Kaldu bubuk

 Lada bubuk secukupnya

Bahan pelapis:

2 sendok makan tepung maizena

1 butir telur, lalu kocok lepas

Tepung panir atau tepung roti

Bahan curry:

1 bawang putih cincang 

1/2 bawang bombay cincang kasar

1 kentang ukuran sedang, potong dadu 

1 wortel ukuran sedang, potong dadu

3 sendok makan bubuk kari atau 1 bungkus pasta kari

1 sendok makan maizena campur dengan sedikit air

Air secukupnya

Cara Membuat Chicken Katsu Curry

Setelah menyiapkan bahan-bahannya, ikutilah langkah-langkah berikut untuk membuat chicken katsunya. Yang pertama adalah marinasi potongan ayam dengan bumbu marinasi. Pastikan bumbu merata ke semua permukaan daging. Agar lebih meresap, masukkan ke dalam kulkas sekitar 10 menit.

Kemudian, balur ayam menggunakan tepung maizena, lalu  celupkan ayam ke kocokan telur. Ulang lagi dengan balurkan ayam menggunakan maizena, lalu celupkan lagi  ke kocokan telur. Terakhir, balurkan ayam ke tepung panir sambil ditekan-tekan agar tepung panir menempel.

 bisa langsung menggorengnya atau simpan dikulkas terlebih dahulu agar tepung panir menempel sempurna. Goreng chicken katsu dengan api sedang, hingga berwarna coklat keemasan. Selanjutnya, tiriskan chicken katsu lalu potong-potong.

Selanjutnya, Anda harus membuat saus kari jepang atau japanese curry. Pertama, tumis bawang putih dan bawang bombay yang telah dicincang tadi hingga harum. Kedua, masukkan kentang, wortel, lalu masak sebentar. Ketiga, tambahkan air dan pasta/bubuk kari, lalu aduk rata dan masak hingga sayuran empuk. 

Keempat, masukkan larutan mizena, lalu masak hingga mengental. Terakhir, sajikan curry dengan katsu selagi hangat. Anda bisa menyiramkan curry-nya di atas chicken katsu atau dibuat cocolan saja. Anda juga bisa menambahkan salad lain, seperti irisan wortel atau kol sesuai selera.

Nah, itulah chicken katsu curry dengan resep simpel dan cocok disantap bersama keluarga. Apalagi disantap hangat saat makan siang. Selamat mencoba, Sobat Djava! (Rismawati/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU