Jumat, Mei 24, 2024

3 Resep Olahan Alpukat, Bisa untuk Takjil Buka Puasa!

Resep olahan alpukat bisa menjadi alternatif pilihan untuk Anda yang sudah bingung ingin membuat takjil buka puasa. Alpukat merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin sehingga bisa menggantikan asupan yang terhenti selama puasa. Meskipun tekstur dari buah yang satu ini cukup kental dan terkesan enek, Anda masih bisa mengolahnya agar menjadi menu berbuka puasa yang menyegarkan.

Olahan buah alpukat juga bisa menjadi solusi bagi para ibu hamil yang masih berpuasa, lho. Hal tersebut karena alpukat memiliki kandungan yang sangat baik untuk perkembangan calon bayi. Ibu bisa mengonsumsinya menjadi minuman segar agar tidak menyebabkan mual.

Resep Olahan Alpukat untuk Takjil

Nah, berikut kami berikan tiga resep olahan alpukat untuk menu takjil buka puasa. Simak selengkapnya, Sobat Djava!

Avocado Sago (by @rikhatiwi)

Resep olahan alpukat yang pertama adalah avocado sago dengan bahan-bahan sebagai berikut.

Bahan-bahan:

1,5 kilogram buah alpukat dengan cita rasa manis

1 kaleng susu evaporasi (mengganti dengan susu lain menyebabkan hasil yang berbeda) 

150 gram sago atau sagu mutiara kering

Kental manis secukupnya sesuai selera 

1/4 sendok teh garam

Kelapa muda secukupnya (kerok dagingnya)

65 mili santan instan

Bahan agar-agar:

Agar-agar instan rasa kelapa

Gula

Santan

Setelah menyiapkan bahan-bahan di atas, bersiaplah untuk membuat resep olahan alpukat yang satu ini. Pertama, rebuslah sagu mutiara hingga matang, kemudian dinginkan. Selagi menunggu dingin, masaklah agar-agar instan dan tambahkan gula serta santan sebagaimana biasanya membuat agar-agar. Setelah matang, dinginkan dan kerok atau serut memanjang.

Ambil sebagian buah alpukat yang telah Anda kerok dan blenderlah dengan susu evaporasi. Sebagian buah alpukat yang lain taruh di dalam freezer agar lebih nikmat. Jika sudah, ambil wadah dan tuangkan jus alpukat, alpukat kerok, agar-agar kelapa muda, dan sagu mutiara. Tambahkan garam, santan, dan kental manis hingga terasa lezat serta teraduk rata. 

Es Teler Alpukat

Resep olahan alpukat yang selanjutnya datang dari @wandaa_kitchen. Anda bisa menghidangkan es teler alpukat ini sebagai takjil karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Yuk, siapkan bahan-bahannya sebagai berikut.

Bahan-bahan: 

Buah alpukat secukupnya (kupas dan potong dadu)

Buah nangka (potong dadu)

Nata de coco secukupnya

Daging kelapa muda atau nutrijel kelapa muda

Biji selasih secukupnya

Bahan kuah creamy:

Air kelapa muda

Susu evaporasi sesuai selera

Susu kental manis secukupnya

Cara membuatnya sangat simpel, Sobat Djava. Anda hanya perlu menyiapkan wadah dan memasukkan semua bahannya. Aduk hingga merata dan koreksi rasa sesuai dengan selera serta tingkat kemanisan masing-masing. Tambahkan es batu agar terasa lebih segar. Anda bisa langsung menyantapnya saat adzan Maghrib berkumandang.

Creamy Avocado

Resep olahan alpukat yang terakhir adalah creamy avocado dari @fitriyas_widodo. Sebelum membuatnya, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan seperti yang tertera di bawah ini.

Bahan-bahan: 

1 buah alpukat ukuran besar

Puding kelapa (rekomendasi menggunakan merek Agaros)

Sagu mutiara

300 mili susu UHT

1/2 kaleng susu evaporasi

Kental manis secukupnya

Cara creamy avocado tak kalah simpel dari resep yang sebelumnya. Anda hanya perlu merebus sagu mutiara selama lima menit, kemudian diamkan dan tutup rapat selama 30 menit. Setelah itu, rebus lagi sagu mutiaranya selama 7 menit dan sisihkan.

Ambil buah alpukat yang telah Anda kupas dan belah menjadi dua bagian. Bagian yang pertama potong kecil-kecil seperti dadu, sedangkan bagian lainnya blender halus dengan tambahan gula pasir dan kental manis. Siapkan wadah dan masukkan potongan alpukat tadi, sagu mutiara, puding, susu UHT, susu evaporasi, dan kental manis. Jangan lupa tambahkan es batu agar segar dan aduklah hingga merata.

Siapkan gelas saji dan masukkan alpukat yang telah Anda blender tadi. Terakhir, tuang es alpukat yang telah Anda buat tadi di atasnya. Creamy avocado pun siap Anda nikmati. 

Itulah 3 resep olahan alpukat yang bisa Anda jadikan takjil berbuka puasa yang lezat, manis, dan segar. Selamat mencoba, Sobat Djava! (Rismawati/Djavatoday)

Resep Chicken Teriyaki Rice Bowl, Pilihan Menu yang Mengenyangkan

Chicken teriyaki rice bowl merupakan salah satu menu yang direkomendasikan untuk menemani aktivitasmu. Seperti namanya, menu makanan ini menjadikan daging ayam sebagai komposisi utama...

5 Kombinasi Makanan Sehat untuk Menemani Hari-harimu

Kombinasi makanan sehat ini dapat memberikan kandungan nutrisi yang lebih maksimal, sehingga direkomendasikan untuk dikonsumsi secara bersamaan. Perpaduan makanan yang menyehatkan ini bisa menjadi...

Resep Olahan Bakso untuk Lauk di Rumah, Bikin Nafsu Makan Bertambah

Resep olahan bakso ini kerap menjadi kreasi para Ibu di rumah. Kalau bicara mengenai bakso, macam-macam ide masakan seketika muncul di pikiran. Sebab bola...

5 Rekomendasi Kafe Bertema Buku, Bookworm Mari Kumpul!

Rekomendasi kafe bertema buku bisa menjadi referensi untuk kamu para pecinta buku yang ingin mencari suasana baru. Nongkrong ternyata tak harus ngopi-ngopi saja sambil...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya