Rabu, Juli 10, 2024

8 Jenis Tepung untuk Memasak, Yuk Pahami dengan Baik!

Jenis tepung untuk memasak ada banyak loh. Sebagian besar dari Sobat Djava mungkin hanya mengenal tepung terigu saja. Namun nyatanya ada tujuh jenis tepung lainnya yang juga harus kamu pahami.

Tepung merupakan salah satu bahan makanan yang sering digunakan. Bahkan ada berbagai macam olahan makanan yang berbahan dasar tepung. Dalam memasak, jenis tepung juga sangat berpengaruh terhadap hasil masakanmu. Umumnya setiap tepung dibedakan dari bahan dasar utamanya.

Jenis Tepung untuk Memasak

Berikut jenis tepung untuk memasak yang perlu kamu ketahui. Jenis-jenis tepung berikut bisa kamu sesuaikan dengan penggunaannya, ya.

Tepung terigu

Jenis tepung untuk memasak yang pertama adalah tepung terigu. Pastinya kamu semua udah tau dong sama jenis tepung yang satu ini. Tepung terigu menjadi salah satu tepung yang sering digunakan dalam memasak.

Tepung terigu terbagi lagi menjadi tiga jenis yaitu tepung terigu protein tinggi, tepung terigu protein sedang, dan tepung terigu protein rendah. Terigu berbahan dasar gandum. Tepung ini biasanya digunakan untuk membuat mie, pangsit, kulit lumpia, kue-kuean, brownies, pasta, dan yang lainnya.

Tepung tapioka

Tapioka dikenal juga dengan sebutan tepung kanji, yaitu tepung yang terbuat dari sari pati ketela pohon atau singkong. Tapioka dapat membantu mengentalkan masakan dan memberikan tekstur renyah pada adonan gorengan. Tepung yang satu ini biasanya digunakan untuk membuat bakso aci, cireng, cimol, dan aneka gorengan lainnya.

Tepung beras

Jenis tepung untuk memasak yang berikutnya yaitu tepung beras. Tepung yang berbahan dasar beras ini sering digunakan untuk membuat sajian kue-kue tradisional yang lezat. Beberapa kue yang masih terkenal sampai sekarang yaitu seperti nagasari, kue putu, dan kue mangkuk. Selain itu, tepung beras juga bisa digunakan untuk membuat kwetiau dan bihun.

Tepung jagung

Tepung jagung atau tepung maizena juga gak kalah populernya, loh. Terbuat dari biji jagung ini memiliki tekstur yang lebih lembut dan sedikit licin. Tepung jagung bisa digunakan untuk menambah tekstur renyah pada adonan gorengan. Tak hanya itu, tepung ini juga bisa mengentalkan beberapa olahan seperti saus, vla puding, ataupun kuah sup.

Tepung ketan

Tepung ketan terbuat dari beras ketan. Bahan tersebut membuat tepung yang satu ini memiliki tekstur yang kenyal dan lengket. Tepung ketan sering digunakan untuk membuat kue-kue tradisional seperti onde-onde, kue bugis, dan aneka kue lainnya.

Tepung roti

Jenis tepung untuk memasak yang selanjutnya yaitu tepung roti atau tepung panir. Tepung ini terbuat dari roti tawar yang dikeringkan kemudian dihancurkan sehingga menjadi buliran-buliran berwarna oren.

Tepung roti biasanya digunakan sebagai lapisan adonan agar lebih crispy. Contohnya yaitu chicken katsu, risoles, nugget, dan yang lainnya.

Tepung sagu

Tepung sagu memiliki ciri yang hampir sama dengan tepung tapioka. Oleh karena itulah tepung terigu sering kali digunakan sebagai penggantu tepung tapioka, begitupun sebaliknya. Tepung ini biasa digunakan untuk membuat jajanan-jajanan tradisional seperti siomay, pempek, bakso, dan sebagainya.

Tepung hunkwe

Jenis tepung untuk memasak yang terakhir yaitu tepung hunkwe. Mungkin sebagaian dari kalian masih asing dengan jenis tepung yang satu ini. Tepung ini berbahan dasar kacang hijau sehingga memiliki tekstur yang lebih kasar dengan aromanya yang harum.

Tepung ini umumnya digunakan untuk kue-kuean yang manis. Beberapa di antaranya seperti kue lapis, cendol, puding, dan yang lainnya.

Itulah jenis tepung untuk memasak berdasarkan bahan dasar dan kegunaannya. Sekarang udah gak bingung lagi, kan? (Ume/Djavatoday)

Resep Onigiri Ala Jepang, Cocok untuk Bekal Makan Siang

Resep onigiri ala Jepang bisa kamu coba di rumah untuk bekal makan ke sekolah ataupun ke kantor. Berbeda dengan sushi yang dibuat dari nasi...

Resep Coklat Truffle Hanya dengan Dua Bahan Utama

Resep coklat truffle emang cocok banget buat kamu jadiin menu camilan sehari-hari. Selain cocok buat camilan peneman santaimu, coklat truffle juga bisa dijadikan sebagai...

Toko Oleh-oleh di Solo yang Wajib Kamu Jajal!

Toko oleh-oleh di Solo bisa menjadi referensi bagi kanu yang sedang berlibur ke Solo dan ingin memberikan buah tangan. Selain memiliki banyak wisata populer...

Resep Asinan Mangga Muda, Pedas Manisnya Pas di Mulut!

Resep asinan mangga muda bisa banget nih kamu coba bikin di rumah. Asinan mangga punya cita rasa yang lezat. Asem mangga dipadukan dengan pedas...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Dirgahayu Bhayangkara
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Dirgahayu Bhayangkara

Terpopuler

Lainnya