Jumat, April 26, 2024

Pemerintah Daerah di Jabar Didorong Gunakan Manajemen Talenta ASN

Berita Jawa Barat (Djavatoday.com),- Pemprov Jabar mendorong agar Pemerintah daerah kota/kabupaten supaya menggunakan Manajemen Talenta ASN dalam birokrasi. Tujuannya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja menuturkan Manajemen Talenta ASN adalah bagian sistem merit yang diatur pada PermenPANRB 3/2020.

“Pemrov Jabar telah menerapkan manajemen tersebut dengan menggunakan aplikasi SIM Jawara atau Sistem Informasi Manajemen Talenta Jabar Juara. Dengan aplikasi ini kinerja ASN dan potensinya bisa dinilai,” ujar Setiawan dalam Forum BKD se Jabar di Hotel Patra, Cirebon, Selasa (9/3/2021).

Dalam aplikasi ini ada 92 fitur informasi individu dan institusi untuk pemetaan talenta. Fitur informasi individu mencakup kompetensi, kualifikasi, potensi, kinerja dan perilaku. Sehingga proses rotasi, mutasi dan penempatan hingga promosi ASN lebih transparan.

“Ketidaktransparanan dapat kita hindari, seperti pada seleksi CPNS saat ini,” ungkapnya.

Menurut Permenpan RB, manajemen talenta ASN penilaiannya menurut kotak Manajemen Talenta berdasarkan 9 kotak. Kemudian akan menghasilkan rekomendasi berdasarkan kategori seorang pegawai. Apabila memiliki skor tinggi maka direkomendasikan promosi hingga diberikan penghargaan.

Apabila skor pegawai menengah atau rendah maka akan diberikan konseling kerja, bimbingan kinerja, tugas belajar hingga pengembangan kompetensi. Untuk itu, diharapkan seluruh pemerintah daerah di Jabar bisa mengimplementasikan sistem manajemen talenta tersebut.

Melalui manajemen talenta ASN, penempatan, rekrutmen, rotasi dan mutasi, serta pengangkatan jabatan bisa objektif, terencana, akuntabel, transparan dan bebas intervensi politik juga KKN. (Ayu/CN/Djavatoday)

Temuan Kerangka Manusia Tak Utuh Gegerkan Warga Tasikmalaya

Berita Tasikmalaya (Djavatoday.com),- Kerangka manusia tak utuh ditemukan di Desa Pakemitan, Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (19/4/2024). Penemuan tersebut gegerkan warga setempat. "Benar ada...

Sakit Ketika Diperjalanan Arus Balik, Seorang Pemudik Dievakuasi Polisi Tasikmalaya

Berita Tasikmalaya (Djavatoday.com),- Arus Balik Lebaran 2024 mulai nampak di jalur selatan Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (13/4/2024). Di tengah kepadatan arus balik, pemudik...

5 Warga Ciamis Korban Kecelakaan Maut di Tol Cikampek KM 58

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- 5 warga Ciamis dikabarkan Korban Kecelakaan maut di tol Jakarta - Cikampek KM 58. Diketahui 4 orang warga Dusun Karanganyar, Desa...

Polisi Tasikmalaya Sidak SPBU Jelang Mudik Lebaran 2024

Berita Tasikmalaya (Djavatoday.com),- Satreskrim Polres Tasikmalaya bersama Pertamina Perwakilan Tasikmalaya melakukan sidak ke SPBU di Jalur Mudik Garut-Tasikmalaya, Senin (1/4/2024). Ada tiga SPBU di jalur...

Terpopuler

Lainnya