Selasa, Mei 7, 2024

Perbedaan Ngulik Zaman Now dan Old, Ini Kata Musisi Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday),- Istilah Ngulik sangat fundamenal dalam kehidupan terutama bagi seorang musisi. Mendengarkan kemudian mempelajari lalu mengaplikasikanya. Hal tersebut diungkapkan Musisi Ciamis Iing Free Jack. Rabu (2/12/2020)

Bagi seorang musisi, kemampuan ngulik sedikit banyak menentukan kualitas dan bakat seseorang dalam bermusik. Meskipun tidak semua ditentukan oleh hal tersebut.

Bakat dalam bermusik bisa dilihat dari seberapa cepat seseorang menangkap aransemen musik baru. Kemudian memainkanya dengan persis baiknya, hanya dengan sekali atau tiga kali mendengarkan.

Baca Juga : Seniman Ciamis Manfaatkan Limbah Menjadi Karya Komersil

Iing mengatakan, saat ini banyak media untuk referensi belajar musik. Bahkan ngulik sebuah aransemen sampai sedetail cara memainkanya. Hampir setiap lagu ada tutorialnya di internet, musisi ciamis harus mampu memanfaatkan itu.

” Sekarang hampir setiap lagu ada tutorialnya di Youtube, gratis cuma pake kuota. Apalagi lagu-lagu zaman dulu yang abadi, sampai sekarang masih dimainkan oleh musisi generasi sekarang,” kata Iing.

Iing menjelaskan, zaman dulu, mempelajari satu lagu saja harus beli dulu kasetnya, itu zaman kaset pita. Harus punya Radiotapenya dulu, didengarkan berulangkali.

” Untuk bisa memainkan sebuah lagu, zaman saya dulu butuh usaha keras. Ga ada Internet Youtube zaman saya, jadi usahanya juga beda. Selain itu, membli alat musiknya juga sulit dan harga mahal,” ungkap Iing.

Iing menerangkan, sebagai musisi, yang memainkan alat musik gitar. Dia harus pergi ke Solo untuk menonton penampilan Gitaris Idolanya Yngwie Malmsteen. Untuk bisa tahu bagaimana caranya bermain gitar dengan melihat langsung.

” Sekarang tinggal buka internet, di Youtube Video tutorialnya sudah ada semua,” ungkap Iing.

Dengan demikian, Iing berpesan kepda generasi muda musisi Ciamis untuk benar-benar menekuni musik. Tidak ada alasan yang sulit, sekarang semua sudah dipermudah, tinggal kemauanya saja. (MM/Djavatoday)

5 Manfaat Menggunakan Primer Sebelum Make Up 

Manfaat menggunakan primer mungkin sudah diketahui oleh sebagian orang, mengingat fungsinya sangat penting di bidang kecantikan. Menggunakan primer adalah salah satu rangkaian wajib sebelum...

Tarsum Pelaku Mutilasi Istri di Ciamis Jalani Pemeriksaan Kejiwaan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tarsum (41) pelaku pembunuh dan pemutilasi istri Yanti (40) kini menjalani pemeriksaan kejiwaan di Polres Ciamis, Senin (6/5/2024). Dokter kejiwaan dari RSUD...

Mengenal Sosok Pembuat Patung Wayang Gatotkaca yang Jadi Ikon Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, punya ikon unik yakni patung wayang Gatotkaca. Patung itu berada di tengah simpang tiga jalan...

Peringkat 10 Besar Jadi Target Ciamis di O2SN Tingkat Jabar 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis menargetkan peringkat 10 besar dalam event O2SN atau Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (02SN) tingkat Jabar tahun 2024. O2SN tingkat Jabar...

Terpopuler

Lainnya