Jumat, Mei 17, 2024

Tradisi Nyuguh Kampung Adat Kuta Ciamis yang Terus Dilestarikan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat Kampung Adat Kuta, Desa Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kembali menggelar Tradisi Nyuguh, Minggu (10/9/2023).

Tradisi ini merupakan warisan leluhur yang terus dilestarikan hingga saat ini. Digelar setiap setahun sekali menjelang bulan Maulud atau Rabiul Awal. Kegiatan ini dihadiri juga unsur Pemkab Ciamis terutama Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Ciamis.

Tujuan Tradisi Nyuguh ini sebagai bentuk rasa syukur kepada sang pencipta atas rezeki hasil bumi yang telah didapat selama setahun ini.

Tradisi dipusatkan Alun-alun Kampung Adat Kuta. Kegiatannya cukup meriah dengan berbagai tampilan kesenian tradisional. Yakni Gondang Buhun, Ronggeng Kaler yang merupakan kesenian khas asli Kampung Kuta.

Puncak dari tradisi ini masyarakat mengarak dongdang atau tandu yang berisi makanan hasil bumi umbi-umbian dan lainnya menuju pinggir dengan iringan kesenian dog-dog. Selanjutnya masyarakat melaksanakan tawasul dan doa bersama.

“Alhamdulillah kami bisa melangsungkan Tradisi Nyuguh setiap tahun dari dulu sampai sekarang,” ujar Warja, sesepuh Kampung Adat Kuta.

Warja mengatakan Tradisi Nyuguh ini adalah ngawilujeungkeun atau mengantarkan pasukan yang akan bertugas menjaga hutan dan alam di Pajajaran.

“Intinya sekaligus syukuran dan terimakasih atas kenikmatan yang diberikan selama setahun ini,” ungkap Warja.

Tradisi Nyuguh ini juga sarana silaturahmi antar warga dan tolak bala. Menjaga tradisi saling berbagi makanan antar sesama warga, yang maknanya harus saling tenggang rasa.

“Warga membawa makanan dari rumah masing-masing. Saat makan bersama tradisi semua duduk lesehan tidak membeda-bedakan. Saling mencoba makanan sebagai salah satu kearifan lokal,” pungkasnya. (Andra/CN/Djavatoday)

Dadan Khoerul Ma, Siswa SDN 3 Selacai Wakili Ciamis di O2SN Provinsi

Berita Ciamis (Djavatoday.com), Dadan Khoerul Ma, Siswa SDN 3 Selacai, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis menjadi juara 1 O2SN (olimpiade olahraga siswa nasional) cabang bulutangkis...

Herdiat Sunarya Kembali Jadi Ketua PBVSI Ciamis, Prioritaskan Pembinaan Atlet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Herdiat Sunarya terpilih kembali sebagai Ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Ciamis masa bakti 2024-2028. Herdiat terpilih secara aklamasi melalui...

11 Desa di Kecamatan Panawangan Ciamis Berstatus Mandiri

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2024 Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, meningkat. Dari 18 desa, sebanyak 11 desa sudah berstatus mandiri. Sedangkan...

Raih Hasil Imbang Atas Persip Pekalongan 3-3, PSGC Ciamis Lolos ke 16 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com), - PSGC Ciamis lolos ke babak 16 besar Liga 3 Nasional. Dalam laga terakhir di grup 3, PSGC Ciamis berhasil mengimbangi...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya