Jumat, Mei 17, 2024

Wakil Ketua DPRD Ciamis Sosialisasikan Produk Hukum Program Parkir Berlangganan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Ketua DPRD Ciamis Sopwan Ismail melaksanakan sosialsisi produk hukum program parkir berlangganan kepada masyarakat Desa Purwaraja, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Kegiatan itu dilaksanakan di Aula Desa Purwaraja, Senin (24/7/2023). Masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Dari undangan 75 orang, namun yang hadir membludak hingga 90 orang.

Dalam kegiatan itu hadir juga Dinas Perhubungan Ciamis untuk mensosialisasikan peraturan daerah parkir berlangganan. Kemudian memfasilitasi masyarakat untuk ikut dalam program parkir berlangganan.

“Kami memberikan sosialisasi produk hukum parkir berlangganan. Supaya masyarakat lebih memahami mengenai program ini,” ungkap Sopwan.

Sopwan menjelaskan, program parkir berlangganan ini sebagai penerapan Perda Ciamis nomor 7 tahun 2020 tentang retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum. Juga Peraturan Bupati Ciamis nomor 55 tahun 2022 tentang petunjuk pelaksanaan tentang parkir berlangganan. Tujuannya untuk menambah pendapatan daerah (PAD) dari retribusi parkir.

Parkir Berlangganan ini mulai diluncurkan pada Januari 2023. Ada pun tarif parkir berlangganan tersebut dibayar per tahun. Untuk sepeda motor Rp 20 ribu, kendaraan mobil penumpang sedan/mini bus Rp 40 ribu, dan bus atau truk Rp 60 ribu.

Parkir berlangganan ini berlaku di tempat parkir tepi jalan umum yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Ciamis. Namun tidak berlaku di tempat parkir khusus seperti mall, toserba atau sejenisnya.

“Setelah sosialsisi ini ada 80 persen peserta masyarakat Purwaraja langsung daftar baik roda dua maupun roda empat,” kata Sopwan.

Diharapkan ke depan lebih banyak masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam program parkir berlangganan tersebut. Selain mendapat kemudahan juga dapat membantu meningkatkan pendapatan asli daerah. (Ayu/CN/Djavatoday)

Dadan Khoerul Ma, Siswa SDN 3 Selacai Wakili Ciamis di O2SN Provinsi

Berita Ciamis (Djavatoday.com), Dadan Khoerul Ma, Siswa SDN 3 Selacai, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis menjadi juara 1 O2SN (olimpiade olahraga siswa nasional) cabang bulutangkis...

Herdiat Sunarya Kembali Jadi Ketua PBVSI Ciamis, Prioritaskan Pembinaan Atlet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Herdiat Sunarya terpilih kembali sebagai Ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Ciamis masa bakti 2024-2028. Herdiat terpilih secara aklamasi melalui...

11 Desa di Kecamatan Panawangan Ciamis Berstatus Mandiri

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2024 Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, meningkat. Dari 18 desa, sebanyak 11 desa sudah berstatus mandiri. Sedangkan...

Raih Hasil Imbang Atas Persip Pekalongan 3-3, PSGC Ciamis Lolos ke 16 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com), - PSGC Ciamis lolos ke babak 16 besar Liga 3 Nasional. Dalam laga terakhir di grup 3, PSGC Ciamis berhasil mengimbangi...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya