Senin, Mei 20, 2024

Tilang Manual Segera Diberlakukan Lagi di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Satlantas Polres Ciamis bakal segera memberlakukan kembali tilang manual di tempat tapi oleh anggota polisi bersertifikasi. Meski demikian, tilang elektronik atau ETLE pun masih tetap berjalan.

Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Asep Iman Hermawan mengatakan pihaknya baru akan mengirimkan 6 anggotanya untuk mengikuti sertifikasi di Polda Jabar. Sehingga dalam beberapa Minggu ke depan, tilang manual bakal segera kembali berlaku di Ciamis.

“Penerapan tilang manual di Ciamis insya Alloh dalam beberapa Minggu ke depan sudah bisa kami. Laksanakan. Menunggu hasil dari Polda, anggota yang sudah sertifikasi,” ujar AKP Asep Iman Hermawan, Senin (22/5/2023).

Kasat menjelaskan, sertifikasi anggota Satlantas Polres Ciamis masih bertahap. Namun ke depan, semua anggota bakal mengikuti sertifikasi.

“Intinya polisi lalu lintas wajib menilang. Namun yang belum sertifikasi hanya menindak tilang secara ETLE,” jelasnya.

Sama seperti sebelumnya, proses tilang manual, polisi menghentikan pelanggar. Kemudian langsung menerapkan pasal yang dilanggar dan menuliskannya ke bukit tilang. Selanjutnya pelanggar harus mengikuti proses sidang. Sehingga pelanggar akan membayarkan denda tilang setelah proses sidang.

“Bedanya, dulu bisa titip sidang ke polisi. Tapi sekarang ketentuannya tidak bisa seperti itu, pelanggar harus mengikuti sidang,” katanya.

Kasat pun mengimbau dengan pemberlakuan kembali tilang manual, masyarakat harus tetap menjaga kedisiplinan dalam berlaku lintas. Ada pun polisi yang ada di lapangan sebagai bentuk hadirnya negara di tengah masyarakat. (Ayu/CN/Djavatoday)

Warga Cihaurbeuti Ciamis Dirawat di Rumah Sakit Usai Digigit Ular Hijau Berbisa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Elis Supriatin (34) warga Dusun Cidangiang, Desa Sukahurip, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, harus dirawat di rumah sakit. Ia digigit oleh ular...

Jelang Pilkada 2024, Aktivis Ciamis Dorong Bawaslu Pilih Anggota Panwascam yang Berkualitas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Aktivis Peduli Ciamis Eka Muntaha mendorong Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ciamis memilih anggota Panwascam yang berkualitas. Tidak boleh ada peserta yang...

Bangunan Laboratorium IPA SMP di Pamarican Ciamis Ambruk

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Atap bangunan laboratorium IPA SMP Negeri 1 Pamarican, Kabupaten Ciamis, ambruk. Peristiwa itu terjadi ketika siswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar, Jumat...

Ini Lawan PSGC Ciamis di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSSI telah melakukan drawing atau pembagian grup babak 16 besar Liga 3 Nasional. PSGC Ciamis masuk dalam grup 2 bersama Persiku...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya