Senin, April 29, 2024

Bupati Ciamis Ajak Pendidik Tanamkan Jiwa Nasionalisme Sejak Dini kepada Siswa

Berita Ciamis (Djavatoday.com) – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengaku prihatin akan generasi muda saat ini, pasalnya Ia menilai jiwa nasionalismenya mulai luntur.

“Saya kemarin nonton acara di TV Nasional, ada anak muda dan si pembawa acara bertanya kepada anak-anak muda tersebut kapan hari pahlawan nasional,” katanya.

“Mereka (anak muda) itu tidak bisa menjawab pertanyaan yang memprihatinkan itu mereka malah cengengesan saja, itu memalukan sekali,” ujarnya.

Hal tersebut Herdiat ungkapkan saat sambutan pada kegiatan Hari Kebangkitan Nasional di Tingkat Kabupaten Ciamis, Senin (22/5/2023) di Halaman Pendopo Bupati Ciamis.

Menurutnya, pada zaman dulu itu anak-anak sekolah ketika akan pulang selalu ada pertanyaan dari ibu atau bapak gurunya paling tidak menyanyikan lagu-lagu nasional.

“Zaman kita dulu ketika sekolah SD sebelum pulang kita nyanyi lagu-lagu nasional, selain itu guru juga memberikan pertanyaan,” tuturnya.

Herdiat berpesan kepada para dewan pendidik untuk kembali menanamkan jiwa nasionalisme sejak dini baik di tingkat SD, SLTP maupun SLTA.

“Kepada para tenaga pendidik saya titipkan tolong jiwa nasionalisme ini tanamkan kembali kepada anak-anak kita dari sejak dini,” pesannya.

Herdiat menuturkan, hal ini merupakan satu kewajiban dan tanggung jawab bersama agar jiwa nasionalisme para generasi penerus tidak luntur.

“Tentu kita ingin mempunyai generasi penerus yang baik dengan tetap mengikuti perkembangan jaman dan digitalisasi,” tuturnya.

“Namun tetap tidak melupakan nasionalisme dan hal-hal yang sakral dari bangsa kita,” tambahnya.

Herdiat mengajak agar mengenang kembali tujuan, cita-cita dan semangat Budi Utomo serta mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Mari kita tingkatkan kebersamaan, sinergitas dan upaya kerja keras dalam melanjutkan perjuangan mengisi kemerdekaan bangsa,” pungkasnya. (Ayu/AA/Djavatoday.com)

Dampak Gempa M 6,5 Garut, 2 Rumah di Mekarjaya Ciamis Ambruk dan Rusak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dampak gempa berkekuatan 6,5 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Garut, dua rumah di Desa Mekarjaya, Kabupaten Ciamis ikut terdampak, Sabtu (27/4/2024). Berdasarkan data,...

Cocok untuk Kulit Sawo Matang, Rekomendasi Warna Kebaya Ini Bikin Kamu Tampak Cerah!

Rekomendasi warna kebaya ini bisa menjadi pilihan pas untuk kamu yang memiliki kulit sawo matang. Warna kebaya menjadi poin yang mesti dilingkari karena berpengaruh...

5 Tips Membuat Artikel Bagi Pemula, Mudah Kok!

Tips membuat artikel sangatlah mudah, loh. Tips ini bahkan bisa diterapkan bagi para penulis pemula. Penasaran gimana caranya? Simak artikel ini sampai akhir, ya. Artikel...

Curug Green Stone Banyumas: Info HTM hingga Alamat

Curug Green Stone Banyumas merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang memiliki pemandangan indah. Objek wisata ini merupakan satu dari rangkaian Wisata...

Terpopuler

Lainnya