Selasa, Mei 28, 2024

Dampak Gempa M 6,5 Garut, 2 Rumah di Mekarjaya Ciamis Ambruk dan Rusak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dampak gempa berkekuatan 6,5 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Garut, dua rumah di Desa Mekarjaya, Kabupaten Ciamis ikut terdampak, Sabtu (27/4/2024).

Berdasarkan data, rumah milik Kirman, warga RT 04 RW 01 ambruk, dan rumah milik Erni mengalami kerusakan di bagian atapnya.

Pemilik rumah ambruk, Kirman mengaku sedang tidur pulas ketika gempa mengguncang rumahnya.

“Saya sedang tidur pulas ketika ada gempa. Tetapi saat guncangan gempa berikutnya keras, kemudian terdengar suara cukup.keras juga depan rumah akhirnya saya bangun dan melihat ke depan. Begitu keluar atap rumah bagian depan sudah ambruk,” ujarnya.

Dikatakan Kirman, kondisi rumahnya sudah lapuk. Sehingga ketika guncangan gempa cukup besar akhirnya ambruk. Bagian atap rumah rusak parah sampai gentingnya berjatuhan.

Kirman mengaku takut dan cemas setelah kejadian tersebut. Bahkan tidak berani masuk rumah kembali, khawatir terjadi gempa susulan.

“ Saya terus berdoa semiga tidak terjadi gempa susulan. Jujur, saya trauma,”katanya.

Kepala Desa Mekarjaya, Elan Kuswaya, membenarkan adanya rumah warga yang ambruk dampak guncangan gempa Garut 6,5 magnitudo. Dirinya pun langsung menuju lokasi untuk mengecek kondisinya.

“Benar, ada rumah warga yang ambruk ketika terjadi gempa. Namun Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Dan saya sarankan untuk tetap waspada, khawatir terjadi gempa susulan,” ucap Elan.

Elan mengatakan, kondisi rumah warganya sebagian besar sudah rusak. Namun masih ditempati karena sang pemilik belum bisa memperbaikinya. Dampak dari gempa Garut, kondisinya semakin parah.

“Terkait penanggulangannya Alhamdulillah di desa ini sudah terbentuk tim Penanggulangan Bencana, sehingga langsung beraksi dan cepat tanggap. Bersama warga langsung membereskan material dan menurunkan genteng,” jelasnya.

Dengan kejadian tersebut, Elan menghimbau warganya untuk selalu waspada saat terjadi hujan deras apalagi kalau disertai dengan angin kencang. (Andra/CN/Djavatoday.com)

Lomba Merpati Tingkat Nasional di Ciamis Berdampak Baik untuk Ekonomi Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Lomba burung merpati tingkat nasional seri 3 kembali digelar di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kegiatan itu digelar Penggemar Merpati Tinggi Indonesia...

Pedas Nampol Seblak Bangsat Seuhah yang Viral di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seblak adalah jajanan yang berasal dari Jawa Barat yang saat ini diminati banyak kalangan. Warung Seblak Bangsat Seuhah di Ciamis kini...

Hama Wereng Serang Sawah, Petani di Cigembor Ciamis Galau

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Puluhan hektar sawah di Kelurahan Cigembor, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, diserang hama wereng sejak beberapa pekan lalu. Para petani pun kini...

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya